Facebook sekarang sudah mulai berubah jadi kebutuhan. Dari mulai anak sekolah dasar sampai orang tua gak ketinggalan ikut membuat akun di produk buatan Mark Zuckerberg ini. Update status, upload foto, sampai membagikan artikel dan tautan jadi aktivitas yang lumrah dilakoni.

Tapi kamu tahu nggak kalau sebenarnya Facebook punya banyak fitur lain yang sebenarnya belum kita manfaatkan maksimal?

Di balik default setting dan tombol menu masih banyak fitur tersembunyi yang belum banyak diketahui. Sebelumya Hipwee sudah pernah mengulasnya di sini. Sekarang gak ada salahnya dong kalau kita gali lebih dalam lagi?

1. Mulai sekarang cobalah buka menu “Other”  di inbox pesanmu. Siapa tahu ada yang mengirim pesan penting tapi belum kamu tahu. 

Tips dan trik facebook via www.buzzfeed.com

Notifikasi pesan masuk di Facebook jadi andalan untuk memastikan kita membuka kotak pesan. Padahal pesan yang masuk itu ada juga yang tidak memberikan notifikasi terlebih dulu. Biasanya pesan yang masuk diam-diam ini berasal dari orang lain yang bukan friend facebookmu . Dan semua itu terkumpul dalam other, tepat di samping tombol inbox. Caranya buka menu home, lalu klik menu message di sebelah kanan atas (kalau pake PC). Nah, siapa tahu ada kenalan atau penting yang terlewatkan, saatnya kamu cek brankas pesan tersembunyi ini.

2. Kamu ingin cari referensi tempat traveling yang lebih detail? Buka saja link location. 

Advertisement

Tips dan trik facebook via www.buzzfeed.com

Agar kamu gak merugi, saatnya kamu manfaatkan facebook untuk mencari informasi. Misalnya gambar dan informasi lengkap tentang sebuah tempat. Caranya mudah kok, kamu cukup klik lokasi yang di insert dalam sebuah status. Lalu scroll  ke bawah pada page yang terbuka. Disana kamu akan mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai sebuah tempat atau rumah makan.

3. Agar lebih atraktif, saatnya upload gambar dalam bentuk gif  yang bisa bergerak. Shares dan likes di postinganmu juga bisa lebih banyak

Tips dan trik facebook via www.facebook.com

Ternyata facebook itu gak cuma bisa dipakai untuk posting foto dalam bentuk .jpg atau video saja lho. Tapi juga bisa juga untuk posting gambar bergerak dalam format .gif. Mungkin kamu mendapatkan berita atau gambar lucu seperti dari 9gag. Nah,  jika kamu ingin membaginya pada teman-teman facebookmu, buka saja gambarnya, lalu copy url, dan paste  pada kolom status. Dengan postingan gambar yang bergerak, timeline mu pasti lebih lebih menarik, atraktif, dan tak terlalu berat.

4. Gak mau orang tertentu baca statusmu? Semua bisa kamu set di kolom costum. 

Tips dan trik facebook via www.buzzfeed.com

Untuk menghindari kesalahpahaman, gak ada salahnya mulai atur siapa saja yang akan membaca status yang kamu buat. Caranya gampang kok. Saat membuat posting-an, klik menu di samping menu post, biasanya public atau gak friends. Lalu klik costum. Pada kolom Don’t share this with, masukkan nama facebook orang-orang yang tidak kamu ijinkan melihat postinganmu. Dengan begitu kesalahpahaman bisa dihindarkan. Mudah ‘kan?

5. Jangan asal pilih ukuran untuk pemasangan gambar di cover depan. Ukuran yang pas bikin cover Facebookmu makin apik dipandang

Tips dan trik facebook

Kamu ingin facebookmu terlihat menarik? Caranya gampang kok, salah satunya menggunakan cover facebook yang pas. Sebelum kamu pasang, gak ada salahnya potong atau pilih jeretan yang pas dengan ukuran 851 pixels X 315 pixels (untuk pemasangan lewat desktop) atau 399 pixels x 150 pixels (untuk pemasangan mobile). Dengan begitu, homepagemu bisa enak dilihat dan gambarnya juga pas.

6. Ssstt…udah tahu belum kalau Facebook punya fitur “Save Link” yang memastikan informasi pentingmu gak tenggelam?

Tips dan trik facebook via www.facebook.com

Di beranda facebook seringkali ada informasi penting. Nah agar tak lupa, simpan saja di profilmu sekarang juga. Caranya gampang kok. Klik  sudut atas postingan, lalu pilih save link. Link yang tersimpan bisa dibuka di home, lalu klik menu saved di samping kanan. Sekarang informasi dan berita penting tak kan mudah tenggelam.

Tips dan trik facebook via www.facebook.com

7. Untuk menghindari drama, kamu bisa ubah setting relationship status menjadi only me saja.

Tips dan trik facebook via www.buzzfeed.com

Kamu sering putus nyambung dengan pacar? Nah agar tak terlalu terlalu “drama”, gak ada salahnya kamu ganti pengaturan relationship status menjadi only me saja. Caranya, buka profilmu, buka about, klik family and relationship, klik gambar gembok. Nah, jika hubungan kalian sudah stabil, baru deh bukan menjadi public atau bisa dilihat oleh teman-teman lain.

Agar kamu bisa menjadi pengguna facebook yang cerdas, gak ada salahnya kamu aplikasikan 7 trik ini dari sekarang.

Selamat mencoba.