Punya stok roti tawar di rumah atau di kost-an tapi bingung mau dibikin apa? Dimakan biasa dengan tambahan selai emang gampang dan sederhana tapi ngebosenin banget nggak sih? Kalau nanya teman paling kamu cuma disaranin bikin sandwich atau roti bakar dan roti goreng. Sama juga ‘kan?

Padahal roti tawar nggak cuma bisa dibikin sandwich atau toast aja lho! Masih ada banyak makanan yang bisa kamu buat dengan bahan utama roti tawar. Pokoknya bentuknya udah nggak roti lagi dan bikin air liurmu nggak bisa ditahan karena saking enaknya.

1. Sushi nggak cuma dibikin dari nasi, pakai roti tawar juga bisa nih!

Sushi roti tawar via walmartlivebetter.ca

Kalau sushi biasanya terbuat dari nasi, kini kamu juga bisa memanfaatkan roti tawar sebagai bahan utamanya lho! Tenang, rasanya nggak akan jadi aneh kok, tetap enak dan lezat di lidah. Kalau nggak percaya coba deh bikin di rumah!

Bahan:

Advertisement
  • 6 roti tawar tanpa pinggiran
  • 6 lembar nori
  • 2 alpukat (potong memanjang)
  • 150 gr ikan salmon fillet (potong memanjang)
  • 3 telur dadar (potong memanjang)
  • 100 gr selada keriting
  • 2 sdt blackpepper
  • 5 sdm mayonais
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdt tobasco
  • 1/8 gula bubuk

Cara membuat:

  1. Campurkan mayonais, saus tomat, tobasco, dan gula bubuk. Aduk rata dan kemudian sisihkan.
  2. Letakkan nori pada penggulung sushi (makisu).
  3. Letakkan roti tawar, selada, potongan ikan salmon, telur dadar, dan potongan alpukat.
  4. Oleskan campuran saus yang telah dibuat.
  5. Letakkan black pepper di atasnya.
  6. Gulung, lalu potong menjadi 2 bagian.

2. Kalau lagi pengen yang manis dan segar, bikin puding roti tawar aja…

Puding roti tawar via bettycrocker.com

Kamu pecinta puding sekaligus roti tawar bisa menjadikan resep ini jadi andalan. Dua jenis makanan dalam satu resep spesial dipadukan dengan daya imajinasi. Nggak cuma untuk dimakan sendiri, bisa juga jadi kejutan spesial untuk orang terkasih.

Bahan:

  • 1 bks agar-agar plain
  • 1/2 sdm Nutrijel plain (opsional)
  • 3 lbr roti tawar (disobek-sobek)
  • 300 ml susu cair
  • 400 ml air
  • 135 gr gula pasir
  • 1 sdt vanilla bubuk
  • 2 sdm coklat bubuk (larutkan dengan air hangat hingga kental)
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender roti tawar bersama susu cair dan air hingga lembut dan halus.
  2. Tuang ke dalam panci lalu tambahkan agar agar, nutrijel, gula pasir dan sedikit garam.
  3. Masak sambil diaduk aduk hingga meletup dan mengental, matikan apinya.
  4. Ambil kira kira 2 sendok sayur adonan puding, campurkan dengan bubuk coklat yang sudah dikentalkan, lalu aduk rata dan cepat hingga tercampur rata.
  5. Siapkan cetakan yang sudah dibasahi dengan air, tuang adonan putih kemudian dituang adonan coklat secara acak, diaduk perlahan dengan sumpit supaya terbentuk marmernya.
  6. Setelah agak dingin baru simpan dalam lemari es, nikmat saat disajikan saat dingin.

3. Pas cuaca lagi dingin, tahu zuppa soup hangat dengan roti tawar ini dijamin nikmat.

Zuppa soup roti tawar via cookpad.com

Zuppa soup makanan unik dari kota pasta Italia emang enak banget. Buat kamu yang lagi pengen banget makan zuppa soup nggak usah pergi ke restoran mahal dulu, cukup bikin aja pakai roti tawar di rumah.

Bahan cream sup :

  • 1 liter susu tawar (bisa dibuat dari susu putih bubuk yang dicairkan)
  • 5 sdm tepung terigu
  • 200 gr dada ayam tanpa tulang, dapat diganti sosis atau daging asap
  • 2 sdm bubuk oregano
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk sesuai selera
  • Garam dan gula

Bahan untuk kulit :

  • 6 lembar roti tawar
  • 2 butir telur ayam kocok lepas
  • 100 gr mentega atau butter untuk olesan roti

Cara membuat:

  1. Cincang bawang putih dan bawang bombai
  2. Tumis dengan sedikit minyak atau mentega, setelah agak layu masukan irisan dada ayam, masak hingga daging matang
  3. Masukkan terigu, aduk cepat, lalu masukan susu cair, aduk terus hingga mendidih dan tidak ada gumpalan.
  4. Beri bubuk oregano, merica, garam dan gula secukupnya. Didihkan lalu angkat.
  5. Tuang cream sup dalam mangkok kecil tahan panas.
  6. Oles roti tawar dengan mentega atau butter, kemudian beri olesan telur yang sudah dikocok diatasnya.
  7. Tutup mangkok yang berisi cream sup dengan roti, kemudian panggang dengan oven, suhu 250celcius hingga kulit kecoklatan.
  8. Sajikan dalam keadaan hangat.

4. Nggak perlu jajan melulu, coba aja bikin pizza sendiri pakai roti tawar di rumah.

Pizza roti tawar via fusioninside.blogspot.com

Nggak harus pergi ke restoran fast food cuma karena pengen makan pizza, kamu bisa kok bikin sendiri pakai roti tawar. Nggak tahu gimana caranya? Ini nih Hipwee kasih tahu resepnya!

Bahan:

  • 8-10 lbr roti tawar
  • 1/2 sdt fermipan
  • 50 ml susu cair
  • secukupnya dada ayam rebus (dicacah)
  • 1 buah tomat (diiris halus dadu)
  • 1 pcs sosis sapi
  • 4 sdm saus barbeque
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap
  • secukupnya keju cheddar parut
  • 1 sdm minyak sayur

Cara membuat:

1. Buat kulit pizza-nya dulu
– Roti tawar dihaluskan dengan dicampur susu dan minyak sayur.
– Masukkan fermipan lalu uleni.
– Biarkan 30 menit dengan ditutup kain basah.
2. Lalu siapka toppingnya (opsional
– Tumis bawang putih yang telah diiris halus
– Masukkan cacahan ayam, tomat yang di iris halus dadu, saus barbeque dan kecap.
– Tambahkan gula dan garam. Angkat.
3. Adonan kulit dicetak dalam teflon yang telah diolesi mentega dan diratakan bagian tepinya.
4. Tusuk-tusuk dengan garpu lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil.
5. Jangan lupa tutup teflon agar merata panasnya selama 5 menit.
6. Setelah itu oleskan topping di atasnya. Hiasi dengan sosis dan parutan keju.
7. Tutup kembali dan panaskan selama 5-10 menit.
8. Angkat dan sajikan selagi hangat. Bisa ditambahkan saos sambal bila suka.

5. Coba deh bikin pisang selimut roti tawar yang rasanya manis dan pas banget buat camilan!

Pisang gulung roti tawar via buonapappa.net

Orang kreatif nggak akan kehabisan ide, termasuk saat butuh cemilah. Kalau kebetulan ada pisang dan roti tawar di kost atau rumahmu, kenapa nggak coba resep ini saja?

Bahan:

  • 4 lembar roti tawar (tanpa kulit pinggir)
  • coklat meses
  • selai nutella
  • 1 buah pisang tanduk
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • 2 sdm mentega
  • tepung roti secukupnya

Caranya membuat:

1. Ambil satu lembar roti tawar dan tempatkan pada piring.
2. Olesi permukaan roti dengan mentega dan selai nutella.
3. Kupas pisang dan letakkan di bagian tengah permukaan roti.
4. Taburkan coklat meses dan gulung roti tawarnya.
5. Celupkan ke dalam telur dan celupkan pada tepung roti.
6. Goreng roti tawar gulung sampai berwarna kuning keemasan pada minyak panas.

6. Nah daripada beli gorengan, mending bikin cheese stick dari roti tawar…

White bread cheese stick via momonamission.me

Roti tawar bisa jadi makanan renyah? Yap, nggak cuma mengganjal perut tapi juga bisa memperbaiki mood! Selain harganya murah, cheese stick bisa jadi salah satu resep untuk mengobati kebosananmu terhadap roti tawar yang cara makannya biasa-biasa aja.

Bahan:

  • 5 lembar roti tawar (hilangkan pinggiranya)
  • 5 lembar keju yang berbentuk lapis tipis
  • 1 butir telur
  • sedikit minyak

Cara membuat:

1. Pipihkan roti tawar dan letakkan lembaran keju di atasnya. Kamu juga bisa gunakan keju stick.
2. Gulung lapisan roti tawar dan keju. Lalu rekatkan dengan telur.
3. Masukkan ke minyak panas dan goreng hingga sedikit keju meleleh.
4. Sajikan bersama saus mayonaise.

7. Kalau lemper roti tawar pasti bikin kamu penasaran ‘kan? Yuk, coba bikin sekarang!

Lemper via foodsweety.com

Udah pernah nyobain lemper yang terbuat dari roti tawar? Kalau belum maka kamu wajib coba karena ini enaknya kebangetan. Dijamin kamu pengen lagi dan lagi, nggak perlu beli, cukup bikin sendiri aja di rumah dengan bahan-bahan yang murah!

Bahan:
10 lbr roti tawar kupas
daun pisang untuk membungkus

Isian:
100 gr ikan tongkol (kukus, ambil dagingnya)
1 btg serai (ambil putihnya, memarkan)
2 lbr daun jeruk (buang tulangnya)
1 lbr daun salam
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
100 ml santan
1 sdm minyak
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 kemiri (sangrai)
1/2 sdt ketumbar

Cara membuat:
1. Siapkan isinya terlebih dulu:
– Panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan daun salam sampai harum.
– Tambahkan ikan tongkol, aduk rata.
2. Masukkan santan, garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak sampai meresap.
3. Ambil selembar roti tawar kupas beri isi, gulung.
4. Bungkus dengan daun pisang. Semat dengan lidi.
5. Kukus 15 menit sampai matang. Bakar sampai kecoklatan. Untuk 10 bungkus.

Wah, udah nggak sabar ‘kan pengen nyobain satu-satu? Mulai sekarang ucapkan selamat tinggal pada sandwich karena kamu sudah punya lebih banyak referensi untuk masak menggunakan roti tawar. Selamat bereksperimen ya, guys!