Hobi masak atau bikin cake sendiri? Kenapa nggak coba bikin resep-resep deep fried cake? Kalau belum tahu deep fried cake atau belum pernah mendengarnya, sebenarnya ini adalah kue-kue yang adonannya digoreng dalam minyak banyak. Tenang, gak perlu takut repot! Selain enak, resepnya juga gampang diikuti kok.

Dari cookies, apel, kismis, hingga permen gummy bears pun bisa dijadikan bahan baku utamanya lho! Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk, intip 7 resep deep fried cake yang begitu menggoda!

1. Cookies yang dilumuri tepung terigu kemudian digoreng ke dalam minyak panas gak bisa dipandang sebelah mata. Camilan lezat ini bisa bikin kamu lupa segalanya.

Cookies fried via div.bg

Camilan ini udah mulai ngehits dari tahun lalu. Cookies Goreng bisa kamu temukan di cafe sampai di pinggir jalan. Cookies yang membolu lembut berpadu dengan adonan tepung yang sedikit renyah. Kamu bisa loh buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga simple banget.

Bahan yang perlu disiapkan:

Advertisement
  • 125 gram tepung terigu
  • 1 bungkus biskuit berkrim
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan gula halus
  • 1 butir telur ayam
  • 250 ml susu cair
  • Minyak goreng secukupnya

Caranya hampir sama dengan kamu bikin adonan dasar biasa (mulai dari kocok telur dan gula, baking powder lalu masukkan tepung terigu, dan mentega cair). Kalau adonan sudah jadi tinggal celup biskuit ke dalamnya dan goreng dengan minyak yang banyak (deep frying).

Bisa ditambahkan juga topping favoritmu. Mulai dari gula halus, susu cokelat, dan ceres. Tadaaa… cookies goreng pun siap dinikmati!

2. Stop beli Churros di cafe yang harganya menguras kantong! Mulai sekarang kamu bisa bikin sendiri dengan bahan rumahan.

Churros via greathdgallery.com

Churros bentuknya panjang dan berbintang. Ini adalah camilan khas Spanyol yang udah bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Churros bisa dicocol dengan saus cokelat atau ditaburi dengan gula halus. Bahan yang harus disiapkan juga sederhana,

  • 125 g mentega tawar
  • 250 g tepung terigu serbaguna, ayak
  • 3 butir telur ayam, kocok
  • 250 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 L minyak untuk menggoreng

Untuk bahan taburannya :

  • 50 g gula bubuk
  • 2 sdt kulit kayu manis bubuk (aduk rata keduanya)

Cara membuatnya mudah saja, pertama panaskan mentega lalu masukkan garam dan air hingga tercampur rata. Kemudian masukkan tepung terigu sambil diaduk. Setelah tercampur, sisihkan. Kemudian masukkan telur ke dalam adonan dan kocok hingga tercampur semuanya. Lalu kamu bisa masukkan adonan churros yang sudah jadi ke dalam plastik segitiga. Baru deh semprotkan adonan dengan spuit bentuk bintang ke atas loyang. Goreng dengan minyak banyak hingga berwarna kecokelatan.

Kudapan nikmat siap disantap!

3. Resep fried Gummy candies patut dicoba. Bahkan, camilan unik ini cuma butuh 3 bahan saja!

fried gummy candies via www.37cooks.com

Buat kamu penggemar variety show korea Running Man, pasti gak asing lagi dengan camilan unik ini. Yup, camilan ini berbahan dasar permen jelly berbentuk cacing yang digoreng dengan balutan tepung. Sensasi rasanya sungguh unik. Bayangin deh, manis dengan sedikit asamnya jelly berpadu dengan renyahnya tepung. Kalau kamu penasaran, bisa coba bikin sendiri di rumah.

Bahkan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan unik ini hanya 3. Permen jelly, tepung serbaguna (bisa menggunakan tepung pisang goreng), dan minyak panas. Celupkan permen jelly ke dalam adonan tepung lalu goreng ke dalam minyak panas. Voila! Camilan unik siap menemani harimu.

4. Pingin mencicipi roti goreng khas Belanda? Kamu bisa bikin sendiri kok di rumah atau kosan!

Camilan negeri Kincir angin via wijnjewoude.net

Oliebollen ini merupakan panganan khas Belanda yang juga digoreng dengan minyak banyak. Adonannya mirip dengan donat, bahkan bisa dibilang donatnya Belanda. Biasanya kue ini berisi kismis atau potongan buah apel, dan ditaburi gula halus di atasnya. Kalau di Belanda harganya gak lebih dari 10 euro. Kepingin coba? Kamu juga bisa kok bikin olliebollen di rumah.

Bahan yang wajib disiapkan :

  • 1/4 kg tepung terigu
  • 11 gram ragi instan
  • 200 ml susu cair
  • 1 telur ayam, kocok
  • 2 sdm gula pasir
  • Sedikit garam
  • Kismis hitam
  • Apel, potong dadu (optional)
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

  • Masukkan tepung, ragi, gula pasir, garam ke dalam wadah dan kocok hingga tercampur rata
  • Kemudian masukkan kismis dan apel lalu tuangkan susu sedikit demi sedikit, aduk rata hingga kalis
  • Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam supaya mengembang
  • Bentuk bulat-bulat lalu goreng dengan api sedang hingga warnanya kecokelatan
  • Angkat, tiriskan, dan sajikan dengan diberi taburan gula halus
  • Selamat menikmati!

5. Kudapan Amerika ini gak cuma bisa dilihat di layar kaca saja. Kamu bisa membuatnya berbekal bahan-bahan sederhana.

camilan khas amerika via www.cbc.ca

Kue goreng atau yang biasa disebut dengan Fritters ini berasal dari Amerika. Semacam donat yang ada isian di dalamnya. Isinya menggunakan buah-buahan (biasanya apel). Tapi kadang bentuknya ada juga yang mirip dengan pisang goreng. Jadi gak melulu persis donat. Namun, cara membuatnya gak beda jauh dengan donat lho.

Bahan :

  • 90 g tepung terigu
  • 1/8 sdt baking powder
  • 1/2 butir telur, kocok
  • 90 ml susu cair
  • 1 sdm gula pasir
  • 40 g nanas, potong dadu
  • 40 g apel, potong dadu
  • 50 g tape singkong, buang seratnya, potong dadu
  • 40 g kismis, cincang kasar
  • garam secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  • Campur tepung, baking powder, gula, dan garam. Aduk hingga merata sempurna.
  • Masukkan telur dan susu sedikit demi sedikit sambil aduk adonan
  • Kemudian masukkan kismis, tape, apel, dan nanas, lalu aduk
  • Ambil adonan dengan sendok makanan, buat dengan bentuk bulat lalu goreng dengan minyak goreng panas hingga berwarna kecokelatan
  • Angkat, tiriskan, dan beri taburan gula halus. Sajikan!

6. Frittelle – Kue goreng asal Italia yang dijamin sukses menggoyang lidah orang Indonesia.

Di Italia juga ada kue yang digoreng dengan minyak banyak, Frittelle namanya. Masih sebangsa donat yang di atasnya ditaburi dengan gula halus. Kadang diberi variasi dengan menambah kismis di dalamnya. Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan :

Bahan :

  • 120 gram tepung terigu
  • 400 gram telur
  • 200 gram mentega
  • 600 gram keju ricotta
  • garam secukupnya
  • 210 gram gula pasir
  • 42 gram mentega
  • 350 gram kismis
  • 200 ml air
  • Minyak goreng

Langkah membuatnya :

  • Ayak tepung di dalam wadah
  • Rebus air bersama mentega dan garam hingga meleleh. Lalu masukkan ke dalam ayakan tepung sedikit demi sedikit dan aduk dengan kecepatan penuh
  • Kemudian masukkan telur satu persatu kemudian disusul dengan keju ricotta dan kimis lalu aduk
  • Sendok adonan dan buat dengan bentuk bulat lalu masukkan ke dalam minyak panas hingga matang

Resep lengkapnya bisa kamu intip di sini.

7. Deep Fried Cake Batter ampuh memeriahkan suasana. Bahkan, kamu bisa membuatnya berbahan tepung siap pakai.

Deep Fried Cake via www.ohbiteit.com

Kalau ini lebih mirip dengan roti goreng ya. Cuma mungkin teksturnya gak semulus roti goreng. Adonannya pun mirip adonan dasar lainnya, seperti tepung terigu, tepung cupcake instan yang bisa dibeli di supermarket. Sementara untuk topping kamu bisa menggunakan messes atau whipped cream.

Cara membuatnya tinggal campurkan tepung cupcake instan dengan tepung terigu dan aduk rata. Lalu buat dengan cetakan membulat dan goreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat.

Yuk, lihat resep lengkapnya di sini.

Nah, itu tadi 8 macam deep fried cake yang bisa jadi referensi kamu untuk bikin camilan di akhir pekan. Happy cooking!