Menyimpan barang-barang tertentu setelah dipakai bukan hal yang mudah. Apalagi kalau kamu punya berbagai macam barang dan koleksi. Untuk menyusun satu barang saja kamu harus berpikir keras karena tak punya wadah yang besar. Alhasil kamar atau rumahmu jadi berantakan dan tak enak dipandang.

Padahal barang-barang yang tertata rapi tak hanya bisa membuat matamu enak memandangnya, tapi juga menambah nilai estetika lho! Siapa sih yang nggak mau kalau kamarnya rapi, enak dipandang, dan terasa nyaman? Nah, gimana caranya? Yuk, simak sama-sama!

1. Selalu bingung memilih pakaian saat akan bepergian? Tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam, rencanakan baju-baju yang akan dipakai sesuai tanggal!

Buat label dengan keterangan tanggal agar tak bingung mau pakai apa hari ini via homedit.com

Buat label dalam rentang tanggal tertentu di lemari pakaianmu agar kamu tak lagi bingung mau memilih baju apa tiap harinya. Lemari pakaianmu pun bisa tampak lebih cantik karena label yang kamu pasang juga bisa menjadi dekorasi yang manis.

2. Jangan letakkan kertas-kertas penting sembarangan. Supaya gampang saat memerlukannya, taruh di organizer dan berikan label biar kamu tak lupa.

Jangan langung dibuang, siap tahu butuh kan? via thebrownbagteacher.blogspot.com

Advertisement

Kertas-kertas hasil tugas kuliah, print skripsi yang salah, surat-surat undangan, dan kertas-kertas lain yang gampang tercecer sebaiknya kamu kelompokkan dan masukan dalam satu wadah khusus yang sudah dilabeli. Suatu saat saat kamu membutuhkan kamu tinggal membukanya saja.

3. Punya berbagai macam kupon dan kartu, jangan buru-buru dibuang! Kamu bisa menjadikannya koleksi yang mengingatkanmu pada setiap momen dan kenangan.

Kalau bisa jadi kenangan kenapa dibuang? via womenslife.sebts.edu

Kupon masuk tempat wisata, konser, atau kartu-kartu yang sudah expired tak perlu kamu buang lho sebenarnya. Kamu bisa menyimpannya dalam sebuah buku yang didalamnya sudah ada plastik-plastik kecil yang siap menampungnya.

4. Punya banyak sepatu dan tak punya lemari besar untuk menyimpannya? Tenang, cukup satu kotak ini saja kalau ingin koleksimu tetap rapi!

Tak harus beli organizer yang mahal kok! via heartworkorg.com

Siapkan sebuah keranjang plastik dengan ukuran cukup besar dan buat kotak-kotak didalamnya menggunakan kardus yang dipasang berseling. Hadapkan bagian atas dan bagian bawah sepatu agar bisa mengurangi banyak ruang yang dipakai.

5. Alat-alat makeup juga harus disimpan dengan rapi, supaya saat akan memakainya kamu nggak kelimpungan mencari.

Lipstik merah dimana lisptik merah? via housebeautiful.com

Kamu yang punya banyak alat makeup pasti sering pusing bagaimana harus menyimpannya agar peralatan makeup-mu tetap terjaga. Kamu perlu mengelompokkan jenis-jenis makeup-mu dan menyimpannya dalam organizer seperti yang tertera dalam gambar.

6. Jangan sepelekan peralatan mandi. Bisa juga ditata dengan rapi dan terlihat lebih artistik kok…

Peralatan mandi juga bisa ditata rapi via countryliving.com

Jangan kira peralatan mandi tak bisa tampil manis, dengan tempat penyimpan seperti ini kamu pasti akan sayang untuk membuatnya berantakan lagi.

7. Agar bentuknya tetap terjaga, begini nih cara menyimpan pakaian dalam dengan benar!

Bentuknya bakal tetap mulus, dijamin! via madamenoire.com

Bra memang paling riskan rusak atau berubah bentuknya karena cara penyimpanan yang tak benar. Dengan menyimpannya seperti ini bra-mu pasti akan tetap terjaga dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu lebih lama.

8. Daripada bola sepakmu hanya diletakkan sembarangan, bagaimana kalau menjadikannya sebagai dekorasi di salah satu sudut ruangan?

Bola sepak juga bisa jadi hiasan via gameofwife.com

Kamu yang suka bola pasti hanya menyimpannya dengan cara dilempar sembarangan di gudang atau sudut ruangan. Padahal bola milikmu bisa jadi salah satu ikon dekorasi yang mempercantik ruangan lho!

9. Suka membaca buku tapi sering berhenti di tengah-tengah dan menggantinya dengan buku yang lain? Kamu harus coba cara ini!

Buku yang belum selesai terbaca tak tercecer kemana-mana via sengerson.com

Siapkan kotak-kotak berbeda warna sebagai tanda buku mana yang sudah kamu baca, akan kamu baca, atau baru kamu baca setengahnya saja. Dengan cara ini kamu akan selalu teringat kalau kamu masih punya hutang membaca.

10. Jangan asal melempar barang-barang ke dalam laci, siapkan wadah untuk menampungnya agar saat dibutuhkan gampang dicari.

Laci juga wajib tampak rapi via organizingmadefun.blogspot.com

Isi lacimu terlebih dahulu dengan wadah-wadah kecil yang akan menampung barang-barangmu. Kalau kamu asal melempar saja, lacimu pasti akan berantakan dan saat dibutuhkan pun kamu akan sulit mencarinya lagi.

11. Garasi dan gudangmu pun bisa disulap jadi ruangan yang artistik, asalkan kamu rajin membersihkan dan menatanya.

Gudangnya udah kayak kafe ya? via onekingslane.com

Tak semua hal memang harus rapi, tapi rapi menjadi salah satu cara untuk membuat barang-barangmu lebih terorganisir dan mudah dicari. Bahkan bisa menjadi bagian dari dekorasi yang memperindah kamar atau rumahmu juga.

Nah, gimana? Sudah menemukan inspirasi untuk mengatur barang-barangmu di rumah? Eits, jangan cuma dipikirkan! Segera kerjakan supaya kamar dan rumahmu jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat mencoba, ya! 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!