Kalau dulu kita familiar dengan SMS untuk mengirim pesan, sekarang kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk memilih berbagai provider pengirim layanan pesan instan. Kirim pesan tidak lagi susah dan mahal. Asal punya smartphone, kita sudah bisa chat dengan keluarga, teman, rekan bisnis, dan orang-orang terdekat. Mulai dari mau memilih dari segi fitur, jangkauan, kuota, sampai aksesoris lucu, semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Siapa sih yang tidak menggunakan Whatsapp (WA) di jaman sekarang? Tampilannya yang sederhana serta fiturnya yang ngena banget membuat banyak orang lebih nyaman dan akhirnya memilih Whatsapp dibandingkan aplikasi chat lainnya. BTW, kamu sudah menggunakan Whatsapp dengan maksimal belum? Jangan bilang sudah kalau belum tahu 10 rahasia penggunaan Whatsapp ini!

1. Mau memiringkan atau menebalkan teks? Sekarang di Whatsapp bisa! Bisa strikethrough juga lho!

Udah kayak Microsoft Word aja ya via androidauthority.com

Untuk memiringkan teks kamu bisa menulisnya seperti ini:

_teks_

Advertisement

Untuk menebalkan tulis seperti ini:

*teks*

Sementara untuk strikethrough atau tulisan yang dicoret kamu bisa menuliskannya dengan cara seperti ini:

~teks~

Duh pasti ini langsung pada nyoba ya? Bisa dikombinasikan juga lho:

*_teks_*

2. Sembunyikan fakta kalau kamu menghindari seseorang dengan mengubah pengaturan tanda centang biru

Si dia nggak bakal tahu lagi kalau pesannya sudah kamu baca via webgranth.com

Biasanya saat pesan kita sudah dibaca akan muncul 2 centang berwarna biru. Nah biar nggak ketahuan kalau kamu sebenarnya sudah baca kamu bisa menyembunyikan tanda biru itu. Caranya buka settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > read receipt (laporan dibaca). Atau kamu juga bisa menghidupkan airplane mode sebelum membuka chat dan keluar dari chat sebelum mematikan airplane mode.

3. Jangan biarkan orang-orang kepo tahu dengan mudah kapan kamu melihat WA dengan menyembunyikan”last seen“-mu

Nggak akan ada yang tahu kapan terakhir kali kamu ngebuka WA via thehackernews.com

Seperti centang dua warna biru, last seen juga sering membuatmu merasa terganggu privasinya. Tapi kini kamu tak perlu khawatir karena kamu cukup masuk ke settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > last seen (terakhir dilihat).

4. Menyulap pesan-pesan yang sudah terhapus kembali lagi ke layar percakapan WA-mu

Nggak bakal takut lagi kalau nggak sengaja kehapus via gizmod.com

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus pesan yang sebenarnya ingin kamu simpan pasti kamu akan merasa sangat menyesal. Kalau kamu sudah mengatur backup harian untuk percakapan di WA-mu dan menyinkronkannya dengan Google Drive, maka kamu tak perlu khawatir. Dengan mudah kamu dapat mengembalikan pesan-pesan yang sudah terhapus dengan cara menginstall ulang aplikasi WA yang sudah kamu pasang.

5. Tak perlu lagi scrolling untuk menemukan pesan-pesan penting, kini kamu cukup memberikan tanda bintang saja

Tinggal di-touch aja bintang di bagian kiri bawah pesan via digitalspy.com

Ini paling sering kejadian di grup teman sekantor atau grup angkatan di kampus. Karena terlalu banyak candaan, pesan-pesan penting jadi sulit dicari karena harus scrolling panjang sekali. Kini dengan cukup memberi tanda bintang saja, semua pesan-pesan itu akan dengan mudah ketahuan rimbanya dimana. Pesan berbintang ini bisa kamu sortir di menu starred messages yang terdapat di settings (pengaturan).

6. Sudah punya Whatsapp di desktop komputermu belum? Coba yuk!

Nggak ada alasan lagi buka smartphone pas jam kerja dong ya via freelook.info

Buka web.whatsapp.com dari browser komputermu. Kemudian dari HPmu, pilih settings (pengaturan) > Whatsapp Web. Setelah itu kamu akan diminta untuk men-scan QR code dari Whatsapp Web yang ada di desktop komputermu. Semudah itu, tapi manfaatnya kamu tetap bisa mendapatkan notifikasi dengan mudah tanpa harus melihat ke smartphone.

7. Kini Whatsapp bisa mem-broadcast pesan pribadi juga lho, sudah pernah coba?

Nggak perlu bikin grup chat lagi via digitalspy

Kamu ingin mengirim pesan yang sama ke sejumlah orang tidak berarti kamu harus membuat grup chat baru, cukup gunakan fitur broadcast saja. Untuk pengguna android, caranya pilih menu lalu pilih new broadcast (siaran baru).

Sementara untuk pengguna iPhone, temukan tombol broadcast list (daftar siaran) di kiri atas layar chatmu, pilih dan buatlah new list (daftar baru). Dalam waktu seketika, pesanmu akan dikirim ke sejumlah orang sebagai pesan pribadi

8. Mengirim file dalam bentuk PDF kini tak harus lewat email, Whatsapp pun bisa!

Enak juga nggak usah buka email via thetruthspy.com

Tak perlu repot-repot menutup jendela Whatsapp kemudian membuka aplikasi emailmu. Kini kamu bisa mengirim file dalam bentuk PDF secara langsung melalui chat Whatsapp.

9. Cari tahu siapa yang sudah membaca dan kapan membaca pesan yang kamu kirim di grup

Ketahuan siapa yang udah baca via ioshacker

Caranya sangat mudah, tekan cukup lama pada pesan yang kamu kirim dan tekan info. Maka kamu akan mengetahui siapa saja teman-temanmu yang sudah membaca pesan dan kapan mereka membacanya.

10. Gunakan visual reminder untuk menjawab pesan yang belum sempat kamu balas karena sibuk

Swiping dulu aja, balesnya ntar via thesun.co.uk

Ketika kamu sedang disibukkan dengan berbagai macam tugas kantor dan hanya sempat membaca pesan tanpa membalasnya. Cukup swiping atau geser pesan tersebut dari kiri ke kanan, maka secara otomatis pesan itu akan ditandai sebagai pesan yang belum dibaca.

Masih ada banyak cara lainnya untuk memaksimal penggunaan Whatsapp yang sudah cukup populer seperti mute pemberitahuan grup, mengatur foto agar tidak langsung ter-download, mengatur message preview, dan mem-backup chat. Udah pernah nyoba semua?