Rasanya nggak ada orang yang nggak tahu buah pisang. Yup! Buah berwarna kuning yang menjadi makanan dari para Minion dalam film Despicable Me ini memang nggak kenal musim, selalu tumbuh kapan saja. Jadi, bukan hal yang sulit untuk menemukan buah satu ini di dalam keseharian.

Apalagi kalau kamu anak kost yang suka masak dan sering berkreasi dengan olahan-olahan unik setiap harinya. Kabar baiknya lagi, kamu pun bisa membuat olahan murah, praktis dan pastinya unik walau hanya bermodal buah pisang dan cokelat saja! Penasaran seperi apa kreasinya? Nih, Hipwee Tips sajikan khusus untukmu…

1. Pisang Coklat Lumer ini tak hanya gampang dibuat, tapi juga ampuh manjain lidah

piscok enak! via imgrum.net

Kamu pasti nggak asing lagi dengan pisang coklat yang kriuk dan manis ini ‘kan? Kalau selama ini kamu selalu membelinya di luar, mulai sekarang coba deh untuk membuatnya sendiri. Caranya gampang banget, lho! Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan ini:

Advertisement
  • 10 lembar kulit lumpia
  • 4 bh pisang (sesuai selera)
  • 1 bungkus meises coklat
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • gula pasir
  • sedikit tepung terigu yang dicampur air (untuk perekat)
  • minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Kamu jelas harus memotong-motong pisang terlebih dahulu menjadi beberapa bagian yang bisa disesuaikan dengan selera.
  2. Kemudian tata pisang, meises coklat, susu kental manis putih, dan gula di atas kulit lumpia yang sudah kamu siapkan.
  3. Lalu, gulunglah kulit lumpia yang sudah berisi pisang sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk merekatkannya dengan tepung terigu yang sudah dicampur air.
  4. Terakhir, masukkan adonan pisang coklat ke dalam minyak goreng panas. Gorenglah sampai berubah warna coklat keemasan. Tiriskan dan pisang coklat pun siap disajikan.

2. Kalau kamu mau memanjakan lidahmu dengan kelembutan, coba buat Puding Pisang Krim deh. Nyam~

puding pisang via eat-drink-love.com

banana pudding via grandbaby-cakes.com

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau puding pisang krim ini ampuh banget buat manjain lidahmu dengan kelembutan yang ditawarkan. Kamu pun nggak harus mencarinya ke mana-mana, cukup buat sendiri dengan bahan yang mudah kamu temukan di rumah. Ini, lho, bahan yang kamu butuhkan:

  • 500 ml susu cair rendah lemak
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 100 gr whipped cream
  • 30 bh biskuit (vanilla wafer atau opsional)
  • 3 bh pisang dengan ukuran sedang yang sudah kamu potong tipis melintang dan rendam di dalam perasan air jeruk

Begini cara membuatnya:

  1. Campurlah susu dan agar-agar bubuk di dalam panci, serta tambahkan pula whipped cream. Panaskan sambil diaduk rata hingga mendidih.
  2. Kamu juga perlu menyiapkan wadah yang sudah berisikan susunan biskuit dan juga sebagian pisang yang telah dipotong tipis.
  3. Kemudian, tuangkan agar-agar ke dalam wadah. Jangan lupa masukkan sisa pisang di bagian atas, ya. Diamkan hingga dingin dan masukkan kulkas.
  4. Puding pisang krim pun siap disajikan. Yang dingin akan lebih nikmat.

3. Buat kamu pecinta rasa manis, Pisang Karamel akan jadi pelengkap kebahagianmu!

banana caramel via taste.com.au

pisang karamel via foodiewithfamily.com

Buat para pecinta manis, pisang karamel akan menjawab semua gundah dan mengubahnya jadi bahagia yang tiada tara. Bagaimana tidak, selain rasanya yang nggak perlu diragukan lagi, membuatnya pun begitu mudah. Yuk, langsung siapin bahan sederhana ini:

  • 800 gr pisang raja (opsional)
  • 500 gr gula pasir
  • 200 gr margarine

Cara membuatnya:

  1. Potong pisang sesuai dengan selera kamu untuk kemudian tata di atas loyang yang sudah dialasi dengan aluminium foil.
  2. Siapkan wajan atau panci yang anti lengket di atas api yang kecil. Kemudian, secara bertahap masukkan gula pasir hingga kelihatan karamelnya. (Ingat, ya, tambahkan gulanya sedikit demi sedikit, supaya proses karamelnya cepat dan nggak mudah gosong)
  3. Lalu, tambahkan margarin ke dalam karamel yang masih mendidih, aduklah hingga tercampur rata. Kemudian, tuang ke atas pisang hingga semuanya terendam dengan baik.
  4. Setelah itu, panggang dalam oven selama 45 menit atau bisa juga kamu kukus, lho.
  5. Pisang karamel pun siap disajikan sebagai cemilan atau bahkan jadi isian rotimu.

4. Supaya ada sensasi kriuk di pisangmu, bikin Pisang Cokelat Crunchy aja!

crunchy banget! via lihatresep.com

Kalau kamu mau menyajikan pisang dengan sedikit berbeda, coba deh buat pisang gulung crunchy ini. Untuk membuat pisang yang agak kriuk ini, kamu hanya perlu menyiapkan:

  • pisang yang sudah matang
  • roti tawar
  • keju
  • meisis
  • telur
  • tepung roti

Cara membuatnya:

  1. Sebelumnya kamu perlu memipihkan roti tawar terlebih dahulu dan potonglah roti jadi 2 bagian. (Kamu bisa pipihkan roti dengan menggilasnya pakai gelas).
  2. Kemudian masukkan pisang yang sudah kamu potong kecil ke atas roti, tambahkan pula keju serta meisis.
  3. Lalu, gulung roti tawar dan masukkan ke dalam adonan telur yang sudah kamu kocok sebelumnya.
  4. Setelah itu, gulingkan roti di atas tepung roti hingga semua bagiannya tertutup.
  5. Terakhir, gorenglah hingga berubah warna menjadi coklat keemasan. 🙂

5. Puding Roti Tawar Pisang Coklat pun menjawab keinginanmu menjadikan pisang sebagai camilan yang berbeda

nom nom :3 via www.senangmasak.com

Nggak hanya untuk menjawab keinginanmu menyantap pisang dengan rasa yang berbeda. Tapi, dengan puding roti tawar pisang coklat ini perutmu juga bisa dimanjakan untuk urusan kenyang. Yuk, langsung siapkan saja dulu bahan-bahan di bawah ini:

  • 4 lembar roti tawar tanpa pinggiran yang sudah kamu potong kotak-kotak
  • 1 bh pisang ambon (opsional) yang sudah kamu potong dadu kecil
  • meisis coklat secukupnya
  • 2 sdm penuh margarin yang sudah dilelehkan dan didinginkan
  • gula pasir sesuai dengan seleramu
  • 250 ml susu cari plain
  • 2 butir telur

Cara membuatnya:

  1. Masukkan gula ke dalam lelehan margarin dan aduk sampai rata. Kemudian, tambahkan telur dan juga susu cair, aduk rata.
  2. Lalu, kamu bisa masukkan roti tawar, pisang, serta meisis, dan aduklah sampai merata.
  3. Kemudian, masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukuslah dalam waktu 20-30 menit.
  4. Terakhir, angkat puding dari kukusan. Biarkan dingin dulu sebelum kamu keluarkan dari cetakan. Puding roti tawar pisang coklat pun siap disantap. Akan lebih nikmat kalau kamu menyantapnya saat dingin! 🙂

6. Olahan pisang juga bisa lho tampil kekinian. Yup! Banana Pancake~

banana pancake! via www.recipeshubs.com

banana pancake via recipes.lactaid.com

Nggak melulu olahan pisang tampil dengan biasa saja. Kamu bisa banget membuatnya lebih kekinian dengan membuat banana pancake. Cukup dengan membongkar isi dapurmu dan siapkan bahan-bahan simpel di bawah ini:

  • 4 bh pisang
  • 2 butir telur
  • 250 gr tepung terigu
  • 125 ml susu cair
  • garam sedikit saja
  • susu kental manis
  • meisis coklat

Cara membuatnya:

  1. Hancurkan pisang dan campur dengan tepung, telur, gula pasir, garam, dan susu. Kemudian aduk sampai cukup kental, sesuai dengan selera kamu.
  2. Setelah tercampur rata, ambil adonan satu sendok sayur dan panggang dengan margarin di wajan yang anti lengket. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  3. Setelah matang, angkat dan sajikan di atas piring dengan tambahan siraman susu kental manis serta meisis coklat.

7. Pisangmu akan lebih nyammm lagi ketika diolah menjadi Banana Nutella Ball alias bola-bola pisang isi nutella. Yuk, eksekusi!

nutella ball~ yuhu~ via www.ironstef.com

Untuk lebih membuat pisangmu jadi begitu istimewa, nggak usah ragu untuk coba membuat banana nutella ball atau bola-bola pisang yang berisikan nutella. Kebayang dong enaknya kayak apa? Yuhu~ Daripada cuma bayangin, mending langsung siapin bahan ini:

  • 4 bh pisang kepok yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 100 gr tepung sagu
  • sedikit garam
  • secukupnya tepung roti
  • secukupnya tepung pisang kemasan
  • secukupnya selai nutella (sebenarnya bisa kamu ganti dengan selai lain, sesuai selera)
  • secukupnya keju yang sudah diparut

Cara membuatnya:

  1. Campurlah pisang dengan sedikit garam dan tepung sagu untuk kemudian kamu aduk sampai rata.
  2. Ambil sedikit adonan dan pipihkan, kemudian masukkan isi selai nutella dan bentuklah jadi bulatan. Lakukan hingga semua adonanmu habis.
  3. Lalu, ambil tepung pisang serbaguna dan campurkan dengan air secukupnya, lalu aduk sampai rata.
  4. Kamu juga perlu menyiapkan tepung roti di tempat yang berbeda.
  5. Kemudian, masukkan adonan bola ke tepung pisang yang basah, dilanjutkan dengan menggulingkan adonan bola ke atas tepung roti.
  6. Setelah itu, taruh bola-bola yang sudah berlumuran tepung roti ke dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  7. Usai 30 menit dibekukan, kamu pun bisa menggorengnya dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan.
  8. Banana nuttela ball-mu pun lebih asyik disantap dengan taburan keju parut.

Nah, itulah beberapa olahan resep pisang sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Buat kamu anak kost dan banana lovers, jangan lewatkan untuk segera membuatnya, ya. Kalau berhasil, boleh kok kasih cicip gebetan supaya dia makin sayang. Hihihi. Selamat mencoba! 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!