Proses penulisan skripsi yang nggak bisa dibilang mudah, bikin kita yang mengerjakannya cepat lelah. Selesai satu bab, langsung pengen liburan. Kadang-kadang, selesai nulis 3 halaman aja kita udah pengen tidur-tiduran.

Tapi kalau lagi ngerjain skripsi, kamu harus cerdik memilih aktivitas yang kamu lakukan selama break. Salah-salah, kamu nggak cuma break sebentar, tapi berbulan-bulan dan skripsi pun jadi terlantar.

Nah, buat kamu yang lagi suntuk sama skripsi, coba deh ambil waktu istirahat. Tapi hati-hati, jangan sampai break-mu lebih dari sehari. Loh, break satu hari bisa buat ngapain aja tuh? Banyak! Sontek aja daftar di bawah ini!

1. Coba nonton drama Korea atau acara yang memelihara kepekaan hati. Selain terhibur, otak pun nggak suntuk lagi

Saking kita fokus dalam mengerjakan skripsi, kita sampai lupa bahwa ada kehidupan lain yang juga butuh untuk kita kejar. Ya, asmara. Kita melupakan dunia percintaan demi memfokuskan diri pada skripsi. Bisa jadi, hati kita menjadi beku dan tak lagi peka dengan dunia asmara. Memang bisa? Sangat bisa. Karena hati kalian terlalu lama tak membicarakan tentang asmara. Jadi, rawatlah kepekaan hati kalian dengan menonton drama yang mendayu-dayu.

2. Datanglah ke bioskop, dan masuk ke ruangan yang gelap untuk menikmati film

Karena kita fokus dengan tugas yang membuat sebagian mahasiswa mau muntah hanya dengan mendengarnya saja, kita tidak update dengan film-film baru yang keluar. Misalnya saja film Star Wars yang gaungnya tak kencang karena kalah kencang dari pemecatan Mourinho dari Chelsea. Tetaplah up to date dengan sesekali datang ke bioskop dan merasakan dinginnya ruangan bioskop. Tenang, dinginnya bioskop tak sebanding dengan dinginnya sikap dia padamu, kok.

3. Memanjakan lidah = memelihara kewarasan diri. Cobalah makanan yang belum pernah kamu cicipi

Advertisement

Makaaan via id.wikipedia.org

Memperbaiki mood bisa dilakukan dengan makan. Semoga ada penelitian yang bisa memastikan itu. Kalau pun tak ada penelitian yang ilmiah, makan tetaplah menjadi hal yang paling indah. Bukankah untuk merasa lebih baik, tak perlu penelitian. Tak jarang, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, nutrisi yang masuk ke dalam perut cuma itu-itu saja. Mentok mereka makan biskuit sebagai teman mengerjakan skripsi. Duh. Sesekali keluarlah. Cari makanan yang belum pernah kalian cicipi sebelumnya. Dijamin, perut kalian terisi penuh, dan otak kalian menjadi lebih plong

.

4. Kalau ada uang lebih, gak ada salahnya juga buat belanja. Apalagi kalau diskonan. Hehe

Belanja aah via tumblr.com

Siapa sih manusia di kolong langit yang tidak suka dengan belanja. Apalagi cewek yang matanya suka hijau ketika lihat barang murah di mall atau pasar. Dan siapa bilang cowok tak suka belanja. Cowok pun suka belanja. Apalagi kalau lagi ada diskon. Yang cowok tak suka adalah belanja sama pacarnya. Mentok, mereka hanya disuruh jadi juri fashion plus tukang bawa barang belanjaan. Tapi percaya deh, siapapun pasti suka belanja. Kalau sudah masuk ke dalam mall, mata kita akan merasakan warna yang berbeda. Ketika biasanya melihat layar laptop, saat ini mata kita akan melihat baju, celana, dan sebagainya.

5. Coba juga semalam menjadi kalongers, dan nongkrong di warung kopi atau cafe

Nong to the krong via intisari-online.com

Kalau biasanya kalian ketika malam cuma duduk di depan laptop sambil tangan utak-atik laptop, sisipkan satu malam khusus untuk melupakan kegiatan membosankan itu. Siapkan satu waktu untuk pergi ke cafe atau warung kopi dengan teman-teman kalian sambil menikmati panasnya kopi. Tak ada yang perlu diragukan lagi mengenai khasiat kopi. Yang perlu kita lakukan hanya menikmati malam sambil memandangi langit. Siapa tahu ada bintang jatuh dan bisa make a wish untuk wisuda tanpa skripsi.

6. Atau kamu juga bisa olahraga. Setelah capek fisik, hati bisa kembali segar

Hal yang wajib dilakukan ketika bosan dengan skripsi adalah olahraga. Selain untuk mengobati kebosanan, olahraga punya khasiat lain. Biasanya, teman mengerjakan skripsi adalah camilan. Efeknya, perut kita membuncit dan lemak kita menumpuk. Sama sekali tak sehat, Bung. Makanya, kita sesekali butuh olahraga.

Ada banyak macam olahraga yang bisa dilakukan. Kalau cowok, biasanya adalah futsal atau basket. Kalau cewek, pilihan olahraga bisa jatuh ke yoga atau pilates. Tapi mau cowok atau cewek, terserah kalian sih memilih olahraga apa. Karena sejatinya semua olahraga itu juga demi kesehatan.

Fokus sih boleh. Asal jangan lupa untuk menghibur diri. Lulus sih harus, tapi ya jangan mengorbankan diri sendiri. Kadang, kita terlalu fokus dalam pekerjaan, dan kita lupa dengan kesehatan otak, mata, dan hati kita. Jadi, bagaimana kabar skripsimu hari ini? 🙂