Kebanyakan orang menghindari sekali mandi dengan air dingin. Alasannya mulai dari nggak kuat dingin, sampai ke pendapat yang asal-asalan seperti mandi air dingin itu bikin pusing. Apalagi kalau sedang nggak enak badan, jangankan mandi air hangat kadang tak mandi sama sekali jadi pilihan terbaik.

Intinya, mandi air dingin nggak bahaya seperti kabar burung yang sering kali kamu dengar, kok! Bahkan mandi air dingin di malam hari juga boleh-boleh aja. Sebab, kali ini kamu harus percaya kalau mandi dengan air dingin itu punya manfaat. Penasaran apa saja yang bisa kamu rasakan dari sekadar dingin, yuk langsung simak dan jangan lupa buat dilakuin!

1. Nggak perlu diet-diet ketat demi menurunkan berat badan, kebiasaan mandi pakai air dingin juga bisa bantu bakar lemak pelan-pelan

kesel nggak turun berat badannya via watchfit.com

Segala macam diet sudah kamu coba, tapi berat badan tak kunjung turun dengan pasti juga. Baru turun dua kilo, lupa diet langsung naik nggak tanggung-tanggung. Alih-alih masih terus setia dengan diet ini-itu, kamu perlu tahu kalau mandi air dingin aja udah bisa bantu menurunkan berat badanmu.

Jadi di badan kamu ini ada dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak cokelat. Si lemak putih ini bakal terakumulasi ketika kamu menggunakan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan fungsi tubuhmu. Sedangkan si lemak cokelat merupakan lemak baik yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kamu tetap hangat. Dengan kata lain si lemak cokelat bakal aktif saat tubuh kamu terkena suhu dingin, seperti halnya saat mandi air dingin.

Studi yang dilakukan Harvard Medical School sendiri mendapatkan hasil, bahwa paparan suhu dingin yang ekstrim pada tubuhmu meningkatkan aktivitas lemak cokelat sampai dengan 15 kali. Kebayangkan dalam setahun, andai aja kamu konsisten mandi dengan air dingin berat badan kamu bisa rontok hampir 9 pon! Pelan-pelan asal pasti ini mah…

2. Mulai dari mengecilkan pori-pori wajah sampai menyehatkan kutikula kulit kepala, inilah manfaat ajaib mandi pakai air dingin

Advertisement

hmmm wajah sama rambutnya jadi kerasa lebih gimana gitu via www.shutterstock.com

Buat cewek-cewek yang selalu ngerasa kok mukanya cepat kusam karena berminyak, atau kok rambutnya gampang banget lepek. Kali-kali aja kamu lupa, kalau selama ini seringnya takut mandi pakai air dingin.

Seorang dokter kulit bernama Jessica Krant, pernah mengatakan di The Huffington Post, bahwa air dingin bisa mengencangkan pori-pori dan kutikula di kepala, karena mengkonstriksi aliran darah. Makanya kulit wajah atau kepala kamu pun bisa terbebas dari penyumbatan atau penumpukan kotoran.

Wajah pun otomatis lebih cerah dan mengurangi timbulnya jerawat. Sedangkan rambut pastinya tampak lebih bersinar, kuat, sehat dengan folikel rambut yang rata akan mencegah kerontokan rambut.

3. Bukan cuma mood saja yang kembali membaik, air dingin membantumu menstabilkan denyut jantung

bahagianya mandi pakai air dingin via womenshealthmag.com

Supaya harimu bisa terus lancar dengan keriangan sekaligus kewaspadaan, kamu perlu melangkan kaki setiap pagi ke kamar mandi. Basuh seluruh tubuh kamu bisa dari kepala sampai ke ujung kaki dengan air dingin. Menggigil sampai gigi gemertukan sih pasti di awal, tapi percaya setelah itu pernapasan kamu bisa lebih dalam karena adanya shock dingin tadi. Ditambah denyut jantungmu yang lebih cepat pun meningkatkan aliran darah ke tubuhmu, sehingga otomatis menambah energi seharian.

4. Mandi air dingin nggak bikin masuk angin, kok. Justru bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darahmu

nggak bakal masuk angin via highfiveblogs.tumblr.com

“Keseringan mandi pakai air dingin itu nggak baik, bikin masuk angin!”

Udah sering kamu dengar orang bilang seperti itu? Tapi kali ini perlu diluruskan, mandi air dingin itu tak akan berdampak buruk terhadap tubuh atau kesehatanmu. Justru menurut Dr Joseph Mercola seorang ahli kesehatan alami, air dingin tak hanya meningkatkan sirkulasi darah untuk mengelilingi organ kita dan bantu memerangi masalah kuit atau hati.

Tapi, mandi air dingin juga meningkatkan sirkulasi darah kamu secara keseluruhan, yang artinya dapat membantumu menghindari hipertensi, pengerasan arteri, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

5. Buat yang biasa olahraga, mandi pakai air dingin ampuh mempercepat pemulihan atau mengurangi nyeri otot, plus pasti bakal segar juga!

baik buat otot juga via localsyr.com

Mandi pakai air dingin setelah lari atau melakukan olah raga yang lain nggak cuma bikin badan segar, tapi juga bermanfaat buat mempercepat pemulihan atau mengurangi nyeri otot.

Jadi di tahun 2009 lalu, ada sebuah studi yang melakukan 17 percobaan dengan melibatkan lebih dari 360 orang yang hanya beristirahat saja, dengan yang menenggelamkan diri dalam air dingin setelah melakukan olahraga. Lalu dari sana ditemukan, bahwa 24 menit mandi air dingin bersuhu 10 sampai 15 derajat Celcius efektif mengurangi sakit otot satu sampai empat hari setelah latihan.

6. Kalau buat cowok, rutin mandi air dingin juga dapat meningkatkan kesuburan, lho

subur…. via www.imend.com

Buat kamu yang cowok, perlu banget nih membiasakan diri mandi pakai air dingin.

Sebab dari studi yang dilakukan USCF menunjukkan, bahwa laki-laki yang berhenti mandi dengan air hangat menunjukkan kalau jumlah spermanya meningkat sampai 491 % lho. Jadi, semakin sering kamu mandi menggunakan air dingin kuantitas dan kualitas sperma pun akan meningkat.

Hihihi, tuh bisa dicoba dari sekarang, ya.

7. Setelah seharian beraktivitas, hilangin penat bahkan stres dengan mandi air dingin saja. Dijamin tidur malammu pun nyenyak!

bobok nyenyak via examinedexistence.com

Ada alasan kenapa setelah seharian beraktivitas akan terasa lebih baik saat kamu memutuskan untuk mandi dengan air dingin. Sebuah studi tahun 1994 menemukan penurunan drastis kadar asam urat selama dan sampai setelah adanya stimulus suhu dingin. Di sisi lain ada juga peningkatan Gluthathione sebuah antioksidan yang membuat antioksidan lainya terus bekerja optimal. Hal-hal itulah yang akhirnya meningkatkan toleransi terhadap stres serta penyakit.

Mandi dengan air dingin di malam hari juga kebalikan dari pagi hari. Seperti yang dikatakan Tim Ferris di The Four Hour Body kalau terapi dingin di malam hari justru bisa membuatmu tertidur dengan nyenyak.

Nah, setelah tahu 7 kentungan itu, yakin kamu masih takut mandi pakai air dingin? Yakin masih nggak sanggup melawan gigil?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!