Mengembangkan diri tentu nggak boleh berhenti hanya karena masalah usia. Entah kamu yang masih sekolah, udah kuliah, atau bahkan udah bekerja punya kesempatan yang sama.

Sebenarnya gampang kok kuncinya biar kamu nggak stuck di kemampuan yang itu-itu aja. Asal kamu tahu 7 hal esensial ini, pengembangan diri bakal lebih gampang kamu jalani.

1. Belajar Bahasa Inggris itu gampang. Nonton film dan dengar lagu bisa melancarkan pelafalan

Nonton film dan dengar lagu aja udah bisa membantu via www.shutterstock.com

Salah satu tantangan paling dasar dari belajar Bahasa Inggris sebenarnya nggak jauh-jauh dari masalah pelafalan. Kamu takut bicara, takut orang nggak paham kalau ngomong dengan Bahasa Inggris biasa.

Kalau udah begini sebenarnya nonton film dan dengar lagu bisa menyelamatkan kamu. Dengan sering nonton film dan dengar lagu kemampuan Bahasa Inggrismu bakal ter-upgrade dengan sendirinya. Tanpa harus belajar kamu bisa lebih luwes ngomong dan menambah perbendaharaan kata.

2. Soal grammar baca banyak buku bisa membantu. Grammar yang benar bisa kamu tahu tanpa harus menghapal lagi

Baca banyak buku bisa membantu via www.shutterstock.com

Kesulitan menggunakan grammar yang benar juga sering menghantui. Kamu bingung harus pakai was atau were. Pakai past tense atau perfect tense.

Untuk mengatasi masalahmu sebenarnya kamu nggak perlu membenamkan kepala buat menghapal grammar Bahasa Inggris. Sering-sering baca aja. Mulai dari chicklit, novel klasik, sampai puisi. Dengan begini tanpa kamu sadari kamu akan punya kepekaan soal memilih grammar yang benar. Setelah tahu mana yang pas digunakan, jadi lebih gampang juga buat mempraktekkan.

3. Sistem SKS bikin materi cepat hilang dari kepalamu. Mencatat ulang dengan rapi jauh lebih membantu

Mencatat ulang dengan rapi bisa membantu via www.shutterstock.com

Menjelang ujian akhir sistem SKS sering jadi andalan buat menyelesaikan tanggung jawab. Memelototi dan menghapal materi semalaman bikin kamu merasa lebih tenang. Padahal percaya atau enggak cara belajar yang satu ini bikin materi lebih cepat menguap. Udah begadang semalaman, habis ujian lupa.

Daripada menganut sistem SKS, lebih baik catat ulang materimu dengan lebih rapi setelah kelas selesai. Ini akan membantu otakmu mencerna dan menyimpan materi dengan lebih rapi. Menjelang ujian nanti kamu hanya perlu recall memori aja. Nggak usah pakai begadang segala.

4. Daripada pusing compile tugas kelompok, manfaatin Google Docs aja!

Manfaatin Google Docs aja! via www.shutterstock.com

Pernahkah kamu ribet mengumpulkan dan menyatukan tugas kelompok dari beberapa orang yang berbeda? Compiler-nya yang pusing biasanya. Karena harus menyatukan benang merah dari semua kerjaan teman yang punya pendapat berbeda.

Daripada pusing harus compile tugas seperti ini manfaatkan Google Docs untuk mengerjakan tugas secara kolaboratif. Unggah brief tugas ke Google Docs, lalu kerjakan di situ secara bersamaan. Semua bisa langsung dikoreksi saat itu juga. Jadi kalian nggak harus kebingungan di akhir waktu harus bikin kesimpulan.

5. Move on lah ke Prezi buat presentasimu. Tampilan atraktifnya lebih seru

Tampilan atraktifnya lebih seru via tumblr.com

Selama ini terbiasa pakai Microsoft Power Point? Coba deh move on ke Prezi demi membuat tampilan presentasi yang lebih menyenangkan dipandang mata. Nggak susah dan lebih meyakinkan waktu dilihat nantinya.

6. Pilih jurusan itu bukan cuma soal minat, tapi strategi. Cek dulu passing grade nya biar diterima

Cek dulu passing gradenya biar bisa diterima via www.shutterstock.com

Oke kamu boleh punya keinginan masuk jurusan A. Nggak ada salahnya dicoba. Tapi pilihan jurusan selanjutnya sangat ditentukan oleh strategimu.

Jangan sekali-kali memilih jurusan yang passing grade nya seluruhnya tinggi. Cek dulu passing grade masing-masing jurusan, lalu tentukan urutan yang aman. Jangan takut mencoba jurusan yang kedengarannya kurang menjanjikan. Siapa tahu malah peluang kerjanya bersinar di masa depan?

7. Sekarang usaha buat masuk ke jurusan idaman lebih gampang. Ada Quipper yang memudahkan

Sekarang udah ada Quipper yang memudahkan via www.shutterstock.com

SBMPTN sebagai salah satu syarat masuk universitas sekarang sudah tidak harus jadi momok lagi. Ada cara-cara praktis yang bisa jadi andalan untuk mempersiapkan diri. Salah satunya pakai Quipper Video yang bisa memberimu soal-soal latihan dan tutorial online dari tutor berpengalaman.

Quipper Video bisa kamu nikmati kapan saja. Penjelasan yang mudah dan menyenangkan juga bisa membantumu nantinya. Soal kualitasnya kamu nggak perlu bertanya lagi. Semua materi di Quipper Video diajarkan oleh tutor profesional dan berpengalaman. Semua yang mereka berikan tentu bakal bermanfaat banget buat persiapanmu menuju ke jurusan impian.

7 hal esensial ini bisa memudahkan hidupmu. Setelah tahu, bisa dipraktekkan segera kan?