Cewek Korea dikenal dengan wajahnya yang mulus dan putih bersinar. Nggak heran, karena ternyata bagi mereka kecantikan adalah segalanya. Dari penampilan kulitnya yang seakan tak pernah ada noda, kita jadi bertanya-tanya mengenai apa saja sih perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan kulit seperti mereka?

Hipwee kini punya jawabannya. Usut punya usut, ada 10 langkah skin-care yang cewek Korea lakukan dalam kesehariannya. Tenang, ini nggak seribet yang dibayangkan, kok. Yuk, kita simak satu per satu.

1. Langkah awal adalah membersihkan wajah dengan teknik double cleansing

Langkah awal via www.getthegloss.com

Jika banyak merek pembersih muka berlomba-lomba mengeluarkan produk instan yang hanya sekali pakai, cewek-cewek Korea justru masih tetap dengan teknik double cleansing-nya. Diawali dengan makeup removal yang berguna untuk membersihkan wajah dari polesan makeup, kemudian dilanjutkan dengan oil cleansing untuk menghilangkan  kotoran yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian.

2. Menghapus sisa cleanser di tahap awal, jangan lupa untuk mencuci wajah dengan facial foam

Sabun muka via thinkoily.com

Advertisement

Jangan kira wajah sudah cukup bersih setelah dilakukan double cleansing. Kamu masih harus menggunakan facial foam untuk menghapus sisa cleanser pada tahap awal. Selain itu juga agar kulit wajah tetap lembap sekaligus dewy sehingga wajah menjadi tidak kering dan kusam.

3. Langkah ketiga adalah ekfoliasi guna mengelupaskan sel kulit mati

Tidak harus dilakukan sehari-hari via www.all4women.co.za

Tahap ini sangat diperlukan untukmu yang kerap menggunakan makeup tebal dalam keseharian serta memiliki kesempatan terkena paparan sinar matahari lebih sering. Ekfoliasi tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari, namun cukup dua kali dalam seminggu. Tahap ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap halus dan bersih. Pastikan kamu memakai produk yang cocok dengan jenis kulit wajahmu ya.

4. Selanjutnya aplikasikan toner agar lebih optimal dalam menyerap perawatan wajah berikutnya

Pakai toner via allremedies.com

Cewek Korea gemar memakai toner dengan cara menuangkan produk pada telapak tangan lalu menepuk-nepuknya ke seluruh kulit wajah ataupun dengan menggunakan media kapas. Toner dipercaya mampu mengembalikan ph balance wajah serta membuat perawatan berikutnya menjadi bekerja lebih optimal.

5. Ini dia langkah terpenting dalam perawatan wajah Korea; pemberian essence!

Wajib hukumnya via sosageblog.com

Bagi cewek-cewek Korea, essence adalah wajib dan tidak boleh dilewatkan. Ini dia yang jadi kunci mengapa wajah mereka lembut, lembap dan juga kenyal. Karena sifat essence yang mudah menyerap, menyebabkan regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih maksimal.

6. Setelahnya, gunakan juga serum atau bisa juga ampoule agar kulit terawat maksimal

Pakai serum via www.thegloss.com

Fungsinya memang tidak jauh berbeda dengan essence, namun baik serum maupun ampoule memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dan konsistensi yang lebih kental. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal gunakan 1–3 tetes lalu ratakan ke seluruh wajah. Pilih serum sesuai dengan kebutuhan kulit, apakah berjerawat, untuk penuaan atau untuk mengatasi dehidrasi kulit.

7. Sheet mask untuk kelembapan ekstra pada kulit wajah

Sheet mask yang lagi hits via intothegloss.com

Produk ini sedang hits dan banyak ditemukan di pasaran. Termasuk jadi oleh-oleh bagi mereka yang bepergian ke Korea. Faktanya, baik cowok maupun cewek di sana memang rajin mengenakan face mask bahkan hampir setiap hari. Selain penggunaanya yang praktis, face mask juga berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit.

8. Supaya bebas dari kantong maka, gunakan juga eye cream

Eye cream via www.skincare.com

Mata cewek Korea selalu bebas dari yang namanya lingkar hitam. Terang saja, ternyata mereka rajin mengenakan eye cream. Selain dapat merangsang regenerasi kulit, krim mata mampu menjaga kelembapan dan membantu mengencangkan area sekita mata. Cara penggunaannya jangan digosok, melainkan ditepuk-tepuk di sekitar mata.

9. Untuk kelembapan kulit yang optimal, moisturizer jangan dilupakan

Pakai moisturizer via thelipstickmakeup.institute

Meski hampir seluruh skin-care cewek Korea ini tujuan utamanya adalah melembapkan, bukan berarti kamu boleh  melewatkan moisturizer. Produk ini tetap jadi andalan utama. Selain area wajah, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer hingga leher.

10. Terakhir adalah tabir surya untuk siang dan sleeping pack di malam hari

Pakai sun screen via allremedies.com

Terakhir, agar kulit wajah terlindung dari jahatnya sinar matahari, sunscreen atau tabir surya juga jadi jenis perawatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebagian besar cewek Korea sendiri sangat pantang untuk keluar rumah sebelum menggunakan tabir surya. Fungsi lain dari sunscreen adalah sebagai produk anti-aging alami pada wajah. Sedangkan untuk malam hari, jangan lupa untuk menggunakan sleeping pack untuk menutrisi kulit dan membantu mengunci kelembaban kulit sepanjang malam.

Jadi sadar diri ‘kan kalau kulit kita sekarang masih saja kering dan nggak glowing seperti cewek Korea ya ternyata karena kurang rajin mengikuti step by step yang mereka lakukan. Sebenarnya ini simpel kok kalau sudah jadi rutinitas harian. Selain wajah jadi makin terlihat bersinar, yang lebih utama adalah kulit yang makin sehat. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya