“Bosan sama rak-rak buku yang di pasaran, pengen ganti model rak. Tapi model apa ya?”

“Rak-rak di mall mahal, bisa nggak ya kalau bikin sendiri dari bahan bekas?”

Tentu bisa, dong! Rak-rak cantik dan praktis ternyata nggak cuma ada di mall, lho. Dengan kardus dan bahan bekas lainnnya ini, kamu bisa membuat tatanan rumahmu makin unik dan rapi tentunya. Yuk simak!

1. Nggak usah ribet beli rak sepatu di supermarket. Kini, kardusmu bisa menjadi rak sepatu yang apik nan praktis.

rak sepatu dari kardus? BISA KOK! via ohrumahminimalis.com

Untuk rak sepatu dari kardus ini, usahakan kamu menggunakan kardus yang kuat seperti kardus TV, Kulkas atau lainnya yang tidak mudah sobek atau “loyo”. Jangan lupa siapkan lem alteco, lakban, penggaris, gunting serta penyangga (bisa pakai besi atau kaleng susu bekas yang diisi kerikil). Potong saja kardus tadi sesuai dengan kebutuhanmu, tentunya dengan mempertimbangkan jumlah dan berat sepatumu juga, ya.

2. Selain dari kardus, pipa bekas tak terpakai juga bisa, kok.

Advertisement

pipa bekas bisa jadi rak sepatu cantik via kesekolah.com

Kalau kamu nggak punya kardus yang cukup kuat, pipa bekas berukuran 35cm dengan diameter 15-17cm pun bisa kamu gunakan. Untuk jumlah pipanya sesuai selera tergantung jumlah sepatu yang kamu punya ya. Tumpuk dan lekatkan dengan lem saja pipa-pipa tadi dengan tumpukan atas (4 buah) bawah (6 buah) dan seterusnya. Jangan lupa rapatkan pada dinding dan rekatkan kembali pipa bagian bawah dengan lantai. Voila! Rak sepatu pipa siap kamu gunakan 🙂

3. Majalah serta file-filemu takkan lagi berantakan dengan laci tarik dari kardus bekas ini.

rak buatan sendiri yang praktis via carageek.com

Laci tarik untuk tempat majalah dan file-file ini cukup mudah untuk kamu buat sendiri di waktu senggang. Idealnya, gunakan kardus bekas botol yang berbahan dasar beling (pecah belah). Pelajari step by step mudahnya di sini ya.

4. Pensil warna nggak cuma buat menggambar, manfaatkan itu dengan bantuan tali untuk membuat rak buku favoritmu.

rak buku super unik via karapaslaydesign.com

Selain memanfaatkan bahan-bahan sederhana, rak buku homemade kali ini juga nggak begitu susah jika kamu telaten membuatnya. Nggak cuma bikin buku-bukumu rapi, rak yang satu ini bisa memperindah tampilan kamar atau ruang bacamu. Coba deh praktekan langkah-langkah mudah ini saat weekendmu.

5. Jangan biarkan make upmu berceceran. Membuat rak kosmetik dari kardus dan kertas kado ini akan membantumu.

jangan biarkan make up mu tercecer via zataligouw.com

Bahan-bahan yang akan kamu butuhkan untuk membuat kotak kosmetik ini antara lain :

  • Kardus bekas sepatu
  • Potongan kardus-kardus bekas untuk partisi (pembatas)
  • Kertas kado aneka warna
  • Lem kertas
  • Gunting

Nah, pelajari step mudahnya di sini yuk!

6. Kembali memanfaatkan kardus sepatu bekas, yuk buat lemari kecil serbaguna ini.

rak praktis dan serbaguna via youtube.com

Nggak cuma buku atau sepatu, lemari kardus serbaguna ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai tempat pakaian atau barang-barang yang terlihat berserakan agar lebih rapi. Manfaatkan kembali kardus sepatumu sebanyak 4 buah atau sesuai kebutuhan, jangan lupakan lem atau lakban sebagai perekatnya ya. Nah, tonton ini video untuk lebih jelasnya, yuk!

Cukup mudah kan? Dan jika kamu cukup telaten serta mau belajar, kamu juga bisa menjual rak-rak serbaguna tadi ke teman-teman atau tetanggamu, lho. Seru kan? Good luck!