Lima menit. Cukup itu waktu yang dibutuhkan untuk membuat pagi harimu ini lebih ceria. Ya, kamu nggak akan butuh waktu lama untuk melakukan hal-hal di bawah ini. Tapi, manfaatnya akan bisa kamu rasakan sepanjang hari!

1. Regangkan semua ototmu

Ayo, regangkan ototmu! via media.tumblr.com

Selama masing-masing 15 detik, lakukan peregangan di sekujur tubuh. Angkat lenganmu dan regangkan jari satu per satu. Teruskan dengan tangan, pergelangan tangan, lalu akhirnya lengan. Selanjutnya jari-jari kaki kamu, engkel, dan tungkai kaki.

Peredaran darahmu pun akan lebih lancar, dan aliran oksigen yang baik akan memacu semangatmu.

2. Rapikan tempat tidurmu

Rapikan tempat tidurmu via blog.planete-nextgen.com

Advertisement

Kasur yang rapi dapat menenangkan lingkungan kamar, dan dengan begitu bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak nanti malam.

3. Peluk orang terkasih

Peluk orang yang kamu kasihi via muslimvillage.com

Tunjukkan kasih sayang kamu dengan pelukan kecil ke adik, kakak, orang tua, atau suami/istri. Nggak cuma kamu — mereka pun akan dibuat bahagia. Apalagi kalau kalian akan segera berpisah ke kantor atau sekolah masing-masing dan tak akan berjumpa lagi sampai malam nanti.

4. Jangan cuma sikat gigi — sikat lidahmu juga

Sikat lidahmu juga via c2.staticflickr.com

Kebersihan lidah bisa mencegah bau mulut dan tumbuhnya jamur. Jadi, sikat lidahmu satu menit lamanya!

5. Putar satu lagu favoritmu

Putar satu lagu favoritmu via c2.staticflickr.com

Menurut beberapa penelitian, mendengarkan lagu favoritmu di pagi hari bisa membantu menormalkan tekanan darah, meredakan stres, dan memacu kreativitas.

6. Mandi air dingin

Mandi pagi dengan air dingin? Oke-oke aja! via c2.staticflickr.com

Memang, mandi dengan air hangat bisa membantu relaksasi. Tapi, kalau berlebihan tubuh juga bisa rugi. Mandi air dingin bisa lebih hemat energi, dan bisa lebih membuat kamu bangun sepenuhnya.

7. Teguk minimal dua gelas air putih

Sepanjang malam, tubuh kita “puasa” dan kita akan bangun kehausan. Teguk minimal dua gelas air putih untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, ini juga akan berguna untuk detoksifikasi tubuh, memperlancar kerja otak, mempercepat metabolisme, dan meringankan keluhan perut mulas.

8. Pastikan kamu membaca sesuatu

Bacalah sesuatu via pandasurya.files.wordpress.com

Entah itu halaman depan koran, buku, atau bahkan kutipan inspiratif, mulai harimu dengan menimba pengetahuan yang bermanfaat. Buat apa hidup kalau tiap hari nggak tambah pintar.

9. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan

Pikirkan hal menyenangkan via drastic-plastic-fantastic.blogspot.com

Bagaimanapun, kamu akan lebih tenang jika kepalamu diisi dengan pikiran dan prasangka baik. Buang jauh-jauh rasa cemas dan was-was kamu. Masih terlalu pagi untuk berhenti bahagia.

10. Lakukan satu kebaikan tanpa diminta

Memberikan pertolongan tanpa diminta via apcinstitute.wordpress.com

Melakukan kebaikan tanpa diminta adalah mood buster yang ampuh, karena kita bisa melihat sendiri bahwa diri kita ini bisa berguna dan menyenangkan hati orang-orang sekitar. Menjadi baik hati adalah kodrat manusia. Bapak Evolusi Charles Darwin sendiri bahkan mengakui bahwa sifat penolong adalah salah satu hal yang selama ini telah menghindarkan manusia dari ancaman kepunahan!

Sudah siap memulai harimu dengan lebih ceria? Jangan lupa praktekkan yang sudah kamu baca!