Dari artikel Hipwee terdahulu, kamu udah belajar skill-skill cowok seperti berjabat tangan ala laki, men-jump start mobil dan memanggul orang yang cedera layaknya pemadam kebakaran. Hipwee juga udah beberin 12 keahlian yang bisa bikin kamu bertahan hidup di alam liar. Nah, di bawah ini masih ada beberapa keahlian yang belum tentu dikuasai oleh cowok-cowok Indonesia. Merasa tertantang? Ayo, pelajari dan praktekin 20 skill di bawah ini:

1. Menguliti Hewan

Menguliti hewan via www.esquire.com

Selain harus kuat lihat darah, kamu juga musti bisa menguliti hewan. Bisa aja kamu ditunjuk pak RT buat jadi panitia penyembelihan hewan qurban. Nah, lho, bisa gak? Gini langkah-langkahnya:

1) Pastikan hewannya udah mati dan kepalanya udah terpisah dari badan.

2) Gantungkan kaki belakang hewan dengan tali maupun kait.

Advertisement

3) Sayat tipis kulit kaki-kaki belakang mulai dari selangkangan, menuju ujung kaki, lalu menuju selangkangan lagi. Jangan sampai mengenai daging. Setelah selesai, buka kulit layaknya kamu membuka kaus kaki.

4) Sayat kulit badan mulai dari ujung perut ke ujung leher. Sayat kulit kaki depan seperti langkah (3).

Setelahnya, lepaskan kulit perlahan-lahan.

2. Memesan Minum Dengan Kilat

Menarik perhatian bartender itu membutuhkan skill via life.time.com

Nggak mau ‘kan kelihatan kayak anak ilang di bar? Biar bisa cepat menarik perhatian bartender, kamu mesti duduk di dekat tempat bartender meracik minum dan berusaha membuat kontak mata dengan bartendernya. Jangan melambaikan uang karena itu bar, bukan pasar. Beri tip yang cukup supaya dia ingat sama kamu dan menyiapkan minumanmu dengan cepat.

3. Berkuda

Setidaknya bisa berkuda via berita.plasa.msn.com

Menunggang kuda adalah soal menjinakkan hewan dengan ketenangan dan kepercayaan diri. Memang butuh pelatihan yang khusus, tapi apa salahnya untuk belajar? Kamu gak akan pernah tahu kapan skill berkuda itu nantinya akan berguna bagi kamu. Sekarang, kampus-kampus di Indonesia juga sudah punya klub berkuda, kok.

4. Memijat Yang Enak

Pijet yang benar via www.theshoulderguy.com

Jangan asal-asalan dalam hal memberikan pijatan. Masak baru mijet dua menit kamu udah kecapekan sendiri? Orang tua atau pacar kamu pantas mendapatkan pijatan yang bisa merelaksasikan otot-otot leher yang tegang, tangan yang kaku, dan punggung yang letih. Pelajari teknik-tekniknya di sini.

5. Menebang Pohon

Timber!!! via www.esquire.com

Hipwee tahu kamu penyayang alam, tapi kalau pohon di halaman rumahmu udah tumbuh terlalu lebat dan mengganggu tetangga — atau udah lapuk dan berbahaya, saatnya kamu menebangnya. Begini caranya:

1) Tentukan arah jatuh pohonmu dan arah ke mana kamu akan berlari supaya nantinya nggak kejatuhan pohon sendiri. Dengan gergaji mesin, buat belahan lurus sepanjang 1/3 diameter pohon.

2) Sekarang, gergaji pohonmu dengan arah serong — 60 derajat di atas belahan yang sudah kamu buat tadi (lihat gambar). Segera hentikan mesin saat belahan baru ini bertemu dengan belahan yang lama. Buang bongkahan kayu yang dihasilkan.

3) Berpindahlah ke bagian pohon yang sebaliknya. Dari situ, gergaji batang pohon secara mendatar, beberapa sentimeter di atas sudut 60 derajat yang telah kamu buat sebelumnya. Pastikan kedua belahan ini tidak saling bertemu.

4) Matikan mesin. Larilah ke tempat yang aman. Setelah terdengar suara pohon jatuh, tengokkan kepala ke belakang dan lihat hasil karyamu.

6. Belanja Pakaian Untuk Pacar

Kejutan untuk pasangan via suturi.com

Kunci dari mengamankan hati pacar adalah hadiah tak terduga di saat tak terduga. Jadi, beri pacarmu kejutan dengan menunjukkan sedikit inisiatif pergi belanja sendirian. Gak sulit kok, selama kamu tahu ukuran baju dia apa. Jangan lupa bawa duit, ya.

7. Memotong fillet ikan

Jangan sampai merusak daging via natashaskitchen.com

Kamu butuh pisau fillet, sarung tangan, dan ikan mati.

1) Bersihkan ikan dengan air segar. Rontokkan sisik-sisiknya.

2) Letakkan ikanmu di permukaan yang datar. Sayat dagingnya, mulai dari bagian atas kepala. Tusukkan pisaumu hingga menyentuh tulang tengkorak ikan, lalu sayat hingga ke ekor dengan mengikuti arah sirip. Balik ikanmu. Ulangi hal yang sama di sisi yang satunya.

3) Sekarang sayat dari bagian bawah kepala ikan. Prosedurnya sama seperti (2), namun kali ini kamu juga harus mengangkat lembut daging yang kamu sayat. Ketika sudah sampai ekor, lipat dagingnya secara memanjang ke belakang.

4) Pisahkan potongan fillet-mu dari tubuh ikan, lalu pisahkan kulit dengan dagingnya. Hati-hati, jangan sampai merusak daging.

8. Memasak Telur

Telur orak-arik via www.cookingclassy.com

Bukan sekedar menggoreng telur mata sapi. Kamu juga harus tahu cara cepat merebus telur, membuat telur dadar, memanggangnya, dan mengorak-ariknya. Sarapan kamu gak akan pernah lagi membosankan.

9. Googling Secara Efisien

Mesin pencari google via www.sassyjanegenealogy.com

Google bikin orang yang gak tahu jadi tahu, dan yang udah banyak tahu jadi ahli. Tapi, gimana caranya banyak tahu dengan sekejap? Kamu harus pake Google dengan tepat dan efisien.

Gimana caranya? Kalau mau nge-search satu kalimat utuh, tuliskan kalimat itu dalam tanda kutip (” “).

Kalau kamu mau cari jenis dokumen tertentu, ketik aja “.doc” atau “.pdf”.

Kalau kamu mau cari kurs dolar ke rupiah hari itu, ketik aja “USD to IDR”.

Kalau kamu kasih tanda sambung (-) di depan sebuah kata kunci, Google nggak akan menampilkan laman web yang mengandung kata kunci itu dalam hasil pencariannya. Contoh: kalau kamu memasukkan kata kunci “Susilo Bambang Yudhoyono -presiden”, Google akan memberimu laman web tentang SBY yang tidak mengandung kata “presiden”.

Sisanya cari sendiri ya. Jangan manja.

10. Menjahit Kancing Yang Lepas

Benang dan jarum via essaseoutras.xpg.uol.com.br

Malas banget kan kalau pergi ke tukang jahit buat masang satu kancing doang? Belajar cara menjahit kancing yang baik di sini.

11. Menghibur Cewek Yang Lagi Nangis

Menghibur cewek yang nangis via www.wikihow.com

Melipur lara cewek yang sedang sedih itu adalah skill!

1) Bawa sapu tangan bersih ke mana-mana.

2) Ketika teman, kenalan perempuan, atau bahkan cewek yang nggak kamu kenal nangis atau breakdown di sampingmu, hampiri dia dengan hati-hati. Keluarkan sapu tanganmu.

3) Bilang (dengan cara yang nggak menyeramkan): “Maaf Mbak…mungkin ada yang bisa saya bantu?”

4) Tawarkan sapu tangan dalam keadaan masih terlipat. Nyatakan kalau itu masih bersih.

5) Kalau dia minta kamu pergi, segeralah menjauh. Tapi kalau dia belum mengusirmu, tanya lagi dengan sopan apa yang bisa kamu bantu: menemaninya untuk sementara, memanggil polisi, atau mungkin joget-joget biar dia terhibur.

6) Berikan pertolongan yang dia butuhkan. Berpisahlah dengan ucapan “simpan saja sapu tangannya”.

12. Terlihat Oke Di Foto

Cari sudut terbaikmu via wahyuditan.com

Kamu pasti pernah tampil ganteng di sebuah foto, setidaknya satu kali. Tantangan yang sebenarnya adalah tetap terlihat oke di foto-fotomu yang lainnya juga. Temukan satu foto yang menampilkan tampang terbaikmu. Perhatikan posisi kepala dan badanmu di foto itu. Nah, itu adalah sudut paling fotogenikmu.

13. Menenangkan Bayi Yang Nangis

Dia butuh ketenangan dari kamu via www.mykidsite.com

Pertama-tama, kamu dulu yang harus tenang. Nangis itu wajar buat seorang bayi. Gendong si bayi dan biarkan dia menyerap ketenangan dari kamu. Hangat tubuhmu akan membantu dia merasa nyaman. Bicara dengan suara yang rendah dan tatap wajahnya dengan ramah. Jika bisa nyanyikan atau ceritakan sesuatu.

Yah, asal jangan lupa minta ijin ibunya dulu sebelum kamu gendong dia.

14. Parkir Paralel

Parking like a boss via www.esquire.com

Kamu harus bisa parkir paralel like a man. Dalam satu kali tarikan, mundur, belok, maju dan luruskan kendaraanmu. Gak ada cerita buat maju-mundur, maju-mundur, senggol mobil depan dan serempet mobil belakang.

15. Memperbaiki Toilet

Toilet bersih tanpa kebocoran via hiiloaded.com

Toilet kamu pada suatu saat akan mengeluarkan air dengan sendirinya sebelum kamu memencet tombol apapun. Kebocoran ini akan terjadi seiring waktu, kalau bola pemberat di dalam penampung air udah gak berfungsi dengan baik. Kamu gak perlu manggil tukang ledeng buat betulinnya. Beli bola baru dan pasang sendiri di toilet kamu.

16. Bikin Pancake

Favorit untuk sarapan via berriesandbees.com

Idenya sama seperti membuat aneka panganan dari telur untuk sarapan. Dengan membuat pancake kamu bisa mencuri hati sepupu kecil atau keponakan kesayangan kamu. Bukan itu saja, cowok yang bisa bikin sarapan itu juga bakal lebih disayangin pasangannya. Gak percaya? Coba aja masak pancake pertama kamu. Coba resepnya disini.

17. Menyembelih Ayam

Ready to cook via sofrehkhune.com

Kegiatan ini cocok kamu latih hari gini, saat Lebaran akan membuat hampir seluruh keluarga Indonesia menghidangkan menu olahan ayam. Hitung-hitung meringankan beban ibu atau pasangan kamu. Coba keahlian kamu untuk menyembelih, membersihkan dan memotong ayam ke dalam beberapa bagian.

18. Memasang Dasi

Teknik Half Windsor via www.artofmanliness.com

Sebagian besar cowok Indonesia gak tahu caranya memasang dasi. Kebanyakan memilih untuk mengenakan dasi instan yang tinggal mereka kalungkan. Jadilah lebih maju daripada cowok-cowok Indonesia yang lain dengan belajar cara memasang dasi yang rapi.

Teknik Four-in-Hand adalah cara termudah bagi pemula yang ingin measang dasinya sendiri. Sementara Half Windsor bisa jadi pilihan untuk dasi yang lebih simetris dan formal.

19. Menyemir Sepatu

Menyemir sepatu via sofrehkhune.com

Kali ini, jangan cuma poles sepatumu pakai semir biasa. Gunakan produk semir berbahan dasar lilin untuk hasil yang mengkilap maksimal. Bersihkan juga sol sepatumu dengan sikat gigi.

20. Meracik Minuman Untuk Pasangan

Ini buat kalian yang memang minum minuman beralkohol. Beberapa cewek tahu apa yang mau dia minum, tapi sebagian besar akan mengapresiasi saran-saran yang kamu tawarkan. Mereka butuh sedikit kejutan dan kamu harus tahu apa yang bisa kamu siapkan. Racik sesuatu yang ringan dan benar-benar enak untuk dia. Kalau tertarik, kamu bisa coba resep Rose Cocktail ini.

21. Menangkap Ular Yang Nyasar Ke Rumah

Tutup pandangannya via www.wikihow.com

Sebagai manusia yang tinggal di Indonesia, bisa jadi kamu mendapati rumah kamu (atau tetanggamu) kedatangan ular. Harap diingat dulu, ular itu masuk ke rumah bukan buat menggigit manusia. Bisa aja dia tersesat dan gak tahu arah jalan pulang, mengejar tikus sampai rumahmu, atau dikejar predator yang lebih besar. Jadi jangan langsung kamu bunuh, ya.

Pertama-tama, kamu harus tetap tenang dan diam. Ular bisa merasakan getaran kalau kamu jumpalitan atau teriak-teriak gak jelas. Ular juga bisa mengendus dengan lidahnya, jadi kemungkinan besar dia udah bisa merasakan kehadiranmu jauh sebelum kamu melihat dia.

Ada baiknya jika kamu mengenali kekuatan dan ukuran ular ini. Kalau ularnya cukup kecil:

1) Dengan sapu ijuk atau apapun yang bergagang panjang, pojokkan ular ini ke sudut ruangan. Ingat, tetap jaga jarak dan berhati-hati. Jika ular merasa terancam dan bersiap menyerang kamu, segera mundur dan langsung lanjut ke langkah (4). Tapi kalau nggak…

2) Tutup pandangan ular dengan melemparkan kain ke kepalanya. Pastikan dia gak bisa melihat apa-apa.

3) Setelah menghalangi pandangan si ular, genggam kepalanya — tapi bukan mulutnya, ya. Cara paling aman adalah menggenggamnya sedikit di belakang kepala supaya dia gak bisa menoleh. Segera setelah mengamankan kepalanya, genggam juga badan ular agar kamu gak terlilit.

4) Masukkan ular ke ember atau karung, lalu tutup rapat. Kembalikan dia ke tempat yang jauh dari pemukiman. Jika ular kamu nilai terlalu berbahaya dan besar untuk kamu hadapi, minta bantuan dari tetangga sekitar.

Kamu juga bisa menghubungi bonbin lokal. Siapa tahu mereka sedang kehilangan salah satu koleksi satwa…

22. Menangkap Biawak

Bocah Biawak via data.tribunnews.com

Mungkin kamu akan bertanya, apa gunanya nangkap biawak? Sama seperti kejadian di atas, kamu gak akan pernah tahu kapan biawak akan nyasar ke pemukimanmu. Biawak juga bisa jadi santapan kamu saat tersesat di hutan. Bahkan bagi empat bocah dari Kolaka, Sulawesi Tenggara, menangkap biawak adalah pekerjaan mereka. Jangan mau kalah sama mereka, lah.

Kalau biawak masuk ke rumah, tangani dengan cara yang kurang lebih sama dengan menangkap ular: sudutkan, butakan, tangkap. Nah, kalau mau menangkap biawak dari sarangnya, mari kita pelajari teknik empat bocah di atas.

1) Pancing biawak dengan mata kali ukuran besar yang dibaluri dengan isi perut ayam (bisa diminta gratis dari penjual ayam). Masukkan kail yang sudah bertali ke lubang biawak.

2) Setelah umpan dimakan dan biawak kira-kira tersangkut, tarik kali kamu hingga hewan itu keluar.

3) Segera pegang ekor dan kaki-kakinya agar gak berontak atau melepaskan diri.

4) Lepaskan kali dari mulut biawak. Simpan di karung. Terserah hasilnya mau kamu jual, santap, atau pelihara.

Gak sulit kok untuk menguasai kemampuan-kemampuan ini. Dengan sedikit belajar dan banyak latihan, kamu pasti bisa. Selamat mencoba!