Menjalani aktivitas pagi bisa jadi hal yang berat. Perlu niat kuat untuk sekadar bangun dan beranjak dari tempat tidur. Meninggalkan kasur nan empuk demi menjalani tugas atau kewajiban pekerjaan. Kondisi ini seringkali membuat kita lupa pada salah satu kebutuhan tubuh kita. Yup, Olahraga!

Tidak semua orang punya kemauan dan waktu luang untuk berolahraga di pagi hari. Kesibukan atau rasa lelah biasanya jadi alasan utamanya. Namun, bukan berarti kita harus melupakan aktivitas yang penting bagi tubuh kita ini ‘kan? Nah, 9 cara dalam artikel ini bisa jadi alternatif ketika kamu malas atau tak sempat olahraga di pagi hari.

1. Ganti Olahraga Pagimu dengan Sejenak Berjalan-jalan Membawa Binatang Peliharaan Kesayangan

Ajak binatangmu jalan-jalan via dogstalking.com

Tidak punya waktu untuk berolahraga di pagi hari bukan berarti tidak bisa fit, dong? Jika niat, selalu ada jalan bagi kita untuk berkeringat dan menjaga stamina. Salah satu cara mudah untuk menggantikan aktivitas olahraga adalah dengan menggabungkannya dengan kegiatan bersama hewan kesayangan.

Jangan ragu mengajak anjingmu berjalan-jalan, kapanpun kamu punya waktu. Kegiatan berjalan bersama hewan kesayangan ini bisa membawa 3 dampak baik sekaligus, baik untuk kesehatanmu pun untuk kebersihan dan kebahagiaan si peliharaan.

2. Sesekali Ajak Juga Keponakan Atau Anakmu Berjalan-jalan ke Taman

Advertisement

Bawalah keponakan atau anakmu berjalan-jalan setiap kamu punya waktu. Tidak perlu jauh dan melelahkan, kamu cukup mengajak mereka berjalan di taman atau di sekitar komplek rumah. Kalori yang kamu bakar dari berjalan kaki akan menjadi substitusi yang baik bagi kealpaanmu berolahraga.

Selain itu, waktu bersama dengan keponakan dan anak tentu akan jadi quality time yang mahal harganya. Bergurau dan melihat tawa dari wajah kecil mereka yang polos bisa membangkitkan mood dan membuatmu bahagia, lho.

3. Masih Ngaku Belum Punya Waktu Juga? Kenapa Kamu Nggak Jalan-Jalan di Mall Aja? 😀

Widow shopping bisa jadi pengganti olahraga via stellalunardy.blogspot.com

Cara terampuh dan paling menyenangkan bagi kamu yang gemar belanja. Berjalan-jalan di mall bisa kamu jadikan alternatif sebagai pengganti olahraga pagi harimu. Walau kalori yang dibakar tidak sebanyak saat jogging atau fitness, tapi paling tidak kamu sudah menggerakkan tubuh.

Dengan cara ini, secara tidak sadar kamu sudah berolahraga sembari melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Bisa sambil belanja, window shopping dan janjian bertemu dengan teman.

4. Malas Kalau Olahraga Sendirian? Gabung Aja ke Klub Olahraga yang Kamu Suka

Ikut klub olahraga via www.theguidon.com

Terkadang rasa malas berolahraga bisa timbul karena keengganan beraktivitas sendirian. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mencari rekan dalam berolah raga. Ikutilah tim atau klub olahraga yang menarik hatimu, bergabunglah dengan aktivitas mereka.

Bergabung ke tim atau klub olahraga bisa membangkitkan semangatmu untuk konsisten melakukan aktivitas fisik demi menjaga kebugaran. Kebersamaan dan pertemanan yang terjalin bisa jadi hal yang membuatmu semangat berangkat ke tempat olahraga dan tidak lagi bermalas-malasan.

5. Olahraga Bisa Dilakukan dengan Cara-Cara yang Sederhana, Termasuk Menelepon Sambil Berjalan-jalan Misalnya

Telepon sambil berjalan via www.vs-world.net

Aktivitas di kantor atau di kampus pun bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti olahraga. Intinya, jangan biarkan dirimu terlalu lama duduk dan tidak melakukan apa-apa. Setiap ada kesempatan yang memungkinkanmu untuk berdiri, bangunlah. Lakukan sesuatu.

Contohnya saja, saat kamu sedang menerima telepon. Manfaatkan waktu ini untuk berjalan-jalan di sekitar tempat aktivitasmu. Jangan biarkan dirimu tertanam di kursi sepanjang waktu. Berjalanlah, keluar dari kubikel dan kursimu. Gerakan tubuh sederhana macam ini juga bisa membangkitkan produktivitasmu disaat yang bersamaan, lho.

6. Punya Treadmill Atau Alat Olahraga Lain di Rumah? Taruh Aja di Depan TV!

Tauh alat olahraga di depan TV via worldofelfi.wordpress.com

Ubah kegiatan di waktu santaimu menonton televisi. Jika biasanya kamu hanya duduk malas di atas sofa, kenapa kini tidak bergerak dan melakukan sesuatu agar badanmu lebih segar? Tidak sulit kok, kamu bisa mulai dengan melakukan kegiatan fisik ringan seperti jalan di treadmill atau angkat barbel.

Melakukan kegiatan olahraga sembari menonton televisi tentu akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Kamu tinggal setel acara atau TV series kegemaran dan voila! Waktu akan berjalan tanpa terasa saat kamu menonton TV plus berolahraga.

7. Parkir Kendaraanmu di Tempat yang Lebih Jauh Supaya Kamu Punya Lebih Banyak Waktu untuk Berjalan

Jangan malas jalan kaki via hardyssanur.wordpress.com

Kebanyakan orang menganggap parkir di tempat jauh itu merepotkan dan bikin lelah. Sedikit yang sadar bahwa parkir di tempat yang jaraknya jauh dari tempat beraktivitas bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai olahraga ringan. Berjalan dari tempat parkir ke tempat beraktivitas bisa membakar lemak dan mengurangi risiko osteoporosis, lho!

Jadi gimana, kamu masih mau mengeluh kalau kehabisan tempat parkir pagi ini? Jangan ya, disyukuri saja!

8. Demi Tubuh yang Tetap Fit, Mulai Sekarang Abaikan Lift dan Pilihlah Tangga

Pilih tangga dibanding lift via endudeshakri.ucoz.org

Lift memang menggoda dengan berbagai kemudahannya. Namun, naik lift setiap saat akan membuat badanmu malas untuk beraktivitas. Jika tidak sedang terburu-buru, ada baiknya kamu mulai beralih ke tangga sebagai moda yang bisa membawamu berpindah dari satu lantai ke lantai yang lain.

Memang sih, kamu akan sedikit ngos-ngosan dan berkeringat. Terlebih jika jarak lantainya cukup jauh. Namun kelak, tubuhmu akan berterima kasih telah diajak bekerja sedikit lebih keras sehingga tetap sehat.

9. Saat Tak Sempat Lari Pagi, Membakar Lemak dan Kalori Juga Bisa Dilakoni dengan Menari

Menarilah via audioroc.tumblr.com

Menarilah, gerakkan badanmu mengikuti irama musik sembari membakar lemak dan kalori. Kamu bisa ambil kelas menari, berdansa bersama teman atau bisa juga lewat permainan DDR di rumah. Lewat kegiatan menyenangkan ini, badanmu pun akan terasa lebih fit dan siap untuk diajak beraktivitas.

Bagaimana? Sederhana ‘kan? Berolahraga tidak harus dilakukan dengan cara-cara rumit. Badan fit dan segar bisa kamu dapatkan dari aktivitas rutin yang kamu kerjakan setiap hari.

Selamat pagi dan selamat beraktivitas!