Menjahit adalah salah satu hobi menyenangkan yang bisa digeluiti siapa saja. Selain itu, kemampuan menjahit juga bisa bermuara jadi pekerjaan yang menghasilkan uang di masa depan. Bahkan kamu yang ingin menjadi ibu rumah tangga tulen, ketrampilan ini bisa menjadi andalan saat waktu luang.

Nah jika kamu tak mau rugi, gak ada salahnya kamu belajar menggelutih hobi ini dari sekarang. Cara dan triknya juga gampang kok. Sebagai pemula, kamu bisa coba praktekan pola-pola sederhana ini. Simak baik-baik ya.

1. Tak perlu menunggu lihai menjahit untuk membuat tote bag, karena langkahnya yang singkat itu mudah diaplikasikan.

Cara membuat tote bag

Cara membuat tote bag untuk penjahit pemula via haberdasheryfun.com

Sebagian besar orang menyangka kalau membuat tote bag itu susah, padahal item ini justru bisa menjadi project awal sebagai latihan menjahit lho. Langkahnya tak susah kok. Siapkan kain bercorak berbentuk persegi panjang kira-kira 60 x 30 cm. Lalu balik dan lipat menjadi dua.

Setelah itu jahit bagian pinggirnya. Kemudian lipat bagian ujungnya, gunting 2 cm dan jahit lagi. Balik jahitan agar corak berada di bagian luar. Lalu pasang tali tas (bisa dibuat dari kasa yang diselimuti kain) dengan mesin jahit. Jadi deh. Simple ‘kan? Kamu berani mencobanya?

2. Agar tidurmu makin nyenyak, buat saja sarung bantal dengan corak satu-satunya dengan tanganmu sendiri.

Advertisement
pola menjahit bagi pemula, membuat sarung bantal

pola menjahit bagi pemula, membuat sarung bantal via acuriouslychiclife.wordpress.com

Kamu ingin belajar menjahit agar bisa menjadi ibu yang asyik? Sekarang kamu bisa belajar membuat sarung bantal untuk awalan. Pola sarung bantal cukup mudah kok. Pertam-tama, sediakan kain berukuran 15 x 34 inci atau sesuai dengan ukuran bantalmu sendiri. Setelah itu lipat bagian pinggirannya (terutama bagain sisi pendek), setrika agar rapi, dan jahit. Lalu lipat kain seukuran bantal. Dan jangan lupa lipat dengan bertumpuk ya. Barulah jahit bagian pinggirnya. Jadi deh. Lalu balik, dan bantal empuk siap dimasukkan. Sekarang kamu bisa tidur nyenyak dengannya.

3. Selain bisa buat latihan, bikin softcase sendiri juga bikin laptop kesayanganmu tetap aman.

Cara membuat softcase laptop bagi penjahit pemula

Cara membuat softcase laptop bagi penjahit pemula via ohsolovelyvintage.blogspot.com

Laptop adalah benda berharga bagi siapa saja. Nah agar barang ini tetap aman, pastikan kamu simpan di dalam softcase ya. Tak melulu kudu beli kok, kamu juga bisa menjahitnya sendiri.

Caranya, pertama kamu buat pola seperti persegi panjang dengan ukuran 35 cm x 42 cm untuk laptop berukuran 14 inci. Lalu buatlah pola bergelombang di salah satu sisinya sebagai tutup soft case. Kemudian lipat sesuai ukuran laptop dan jahit rapi bagian pinggirnya. Nah, agar tutup tidak mudah lepas, kamu bisa pasang dua kancing pada bagian penutup dan badan soft case – dan gunakan benang wool sebagai pengikatnya. Simsalabim, soft case yang tiada duanya bisa kamu buat sendiri.

4. Barang-barangmu tak lagi berantakan kalau kamu gunakan drawstring bag seperti ini. Traveling juga lebih menyenangkan.

Pola menjahit kantong serbaguna bagi penjahit pemula

Pola menjahit kantong serbaguna bagi penjahit pemula via sewoverit.co.uk

Kamu suka traveling? Mungkin kamu butuh drawstring bag agar barang-barangmu lebih terorganisir. Namun, tas jenis ini terkadang susah didapat dan harganya mahal. Tenang, kamu bisa bikin sendiri kok dengan cara gampang.

Bahan yang diperlukan adalah kain bermotif unik berbentuk persegi panjang sesuai ukuran tas yang kamu butuhkan, misalnya 60 x 25 cm. Lalu lipat sisi lebar sepanjang 2 cm dan jahit sebagai tempat tali. Setelah itu, lipat kain sama besar dan jahit 2 pinggirannya. Jangan lupa baliklah kain (sisi dalam di bagian luar) saat menjahitnya ya. Lalu setrikan semua bekas jahita. Barulah masukkan pita sebagai tali di bagian atas. Jadi deh. Drawstring bag bikinanmu sendiri siap menyimpan make up atau mukena atau peralatan lainnya.

5. Kabel yang terlilit seringkali bikin cepat rusak. Tapi tenang, kamu bisa menjaganya dengan cara gampang.

Cara membuat tempat kabel untuk penjahit pemula

Cara membuat tempat kabel untuk penjahit pemula via leafytreetopspot.blogspot.com

Kabel menjadi mudah rusak karena seringnya terlilit sembarangan di tas. Agar semua itu tak akan terulang jika kamu coba mengemasnya menggunakan cord keeper. Mungkin kamu bingung mau beli dimana karena barang ini memang jarang ditemukan di toko-toko elektronik. Tapi tenang, kamu bisa coba bikin sendiri.

Kamu hanya perlu siapkan kain perca dan perekat. Pertama-tama buat pola berbentuk elips dua. Lalu satukan dan jahit bagian pinggirannya. Setelah itu pasang perekat pada kedua ujungnya. Pastikan jangan terbalik ya. Dengan kreasi gampang ini, kabel gadgetmu pasti lebih awet lagi.

Belajar menjahit itu gak harus langsung bikin baju atau rok. Dengan mencoba bikin 5 kreasi gampang ini, keahlianmu dalam menjahit bisa lebih terampil lagi.

Selamat mencoba.