Status bahasa Inggris sebagai bahasa kedua — bahkan mungkin bahasa ketiga setelah bahasa daerah — adalah kenapa sulit sekali untuk dengan baik menguasainya. Padahal sejak SD kita udah berkenalan dengan bahasa ini. Tapi, sampai sekarang tetap saja banyak halangan untuk bisa bercas-cis-cus dalam bahasa Inggris. Salah satu tantangan utama adalah listening atau mendengar pengucapan kalimat dalam bahasa Inggris.

Tapi tenang, kamu nggak perlu bingung lagi untuk meningkatkan kemampuan listening. Syaratnya mudah, kamu hanya perlu coba melakukan 8 hal yang sudah Hipwee rangkum di bawah ini. Simak ya!

1. Pastikan kamu sudah punya modal awal dengan mengusai ejaan atau pengucapan alfabet yang cukup baik

Sebelum beranjak ke sesi listening seperti mendengar lagu atau menonton film, kamu perlu memastikan kemampuan ejaan atau pengucapan alfabetmu sudah cukup baik. Mengingat cara pengejaan atau pengucapan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris banyak berbeda.

Seperti misanya huruf “A” dalam bahasa Inggris dibaca “E” sehingga kata “Apple” diucapkannya menjadi “Epple. Atau, “Hour” yang ternyata dibacanya “ou( )r” bukan “howur”.

2. Jangan berlakukan one day in English . Tapi harusnya setiap hari kamu meminta temanmu yang mahir berbahasa Inggris untuk sering mengajakmu berbicara

Dari kecil hanya terbiasa dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris pun akhinya menjadi momok yang cukup mengkhawatirkan untuk kalian dalami. Seiring berjalannya waktu, hal-hal tentang kebiasaan itu membuat peraturan “one day in English” muncul. Tapi, setelah sekian lama dijalani peraturan ini justru nggak maksimal. Satu hari dalam seminggu aja nggak cukup membentuk kebiasaan yang kuat. Lagipula, kalau sudah terbiasa ngobrol dengan bahasa Indonesia dengan temanmu, akan susah sekali untuk berganti ke bahasa Inggris hanya untuk satu hari.

Advertisement

Jadi, kamu perlu menekankan pada dirimu sendiri agar setiap hari melakukan percakapan berbahasa Inggris dengan teman yang sudah mahir. Bukan ingin sok, tapi kamu cuma sedang berusaha meningkatkan kemampuanmu.

3. Awali dengan mendengar lagu-lagu ballad mellow dan folk, kemudian lanjut ke pop, dan terakhir rap. Karena belajar pun harus “alon-alon asal kelakon”

Mendengarkan lagu berbahasa Inggris emang jadi alternatif belajar yang menyenangkan. Tapi, kamu jangan lupa untuk memperhatikan pemilihan jenis lagu yang sesuai dengan kemampuanmu menangkap penuturannya. Kalau memang belum mampu menangkap pengucapan lirik yang ritmenya cepat seperti rap. Awali saja dengan mendengarkan lagu-lagu ballad mellow atau folk. Dengan ritme yang pelan, instrumen musik yang sederhana, dijamin kamu akan lebih fokus mendengarkan liriknya. Keuntungan lain dari jenis lagu ini, pemilihan bisa lebih beragam, dan biasanya sedikit lebih puitis.

Setelah merasa kemampuanmu menangkap pengucapan lebih baik, kamu bisa lanjut mendengarkan lagu jazz, pop atau country. Ritme pengucapan liriknya sudah lebih cepat, tapi untungnya lagu-lagu jenis ini kata dan kalimatnya lebih sederhana.

Terakhir, saat merasa jenis-jenis lagu sebelumnya sudah mulai terlalu mudah untuk didengarkan. Lagu-lagu jenis elektronika, alternative rock, hip hop, hingga rap bisa kamu pilih. Bukan cuma ritme yang cepat, instrumen musiknya yang lebih bising bisa memberikan tantangan yang baru.

4. Nonton Youtube atau film, kamu bisa mendengarkan sambil mengoreksi subtitle

Jangan memaksakan diri menonton Youtube atau film tanpa subtitle. Kalau memang belum mahir, kamu bisa memilih subtitle yang juga dalam bahasa Inggris. Ini cukup membantu kamu untuk mengetahui pengejaan setiap kata dengan benar.

“Oh, righteousness itu dibacanya r CH sn s”

Nah, untuk terus meningkatkan kemampuan listening, selain mencocokkan apa yang kamu dengar dengan subtitle, kamu bisa mencari subtitle yang asal-asalan. Hal ini penting buat melatih ketelitianmu dalam mencari kesalahan pada subtitle dan mengoreksinya.

5. Karena belajar bahasa Inggris nggak harus serius melulu, kamu bisa coba menonton acara komedi bahasa Inggris

Mungkin kamu berpikir acara komedi tidak jauh berbeda dengan film. Padahal komedi justru menyajikan sesuatu yang beda dan lebih luas. Untuk bisa ngerti sebuah guyonan, kamu nggak hanya cukup mendengar apa yang disampaikan, tapi sebelumnya harus tahu latar belakang atau kultur masyarakatnya.

Misalnya acara komedi Colbert Nation dan Daily Show dari Fox New, keduanya mengemas berita dan kritikan seputar Amerika Serikat lewat lawakan. Oh iya, kalau kamu ingin komedy yang ringan Amerika juga punya acara Stand Up Comedy lho!

6. Situs-situs seperti British Council, VOA learning English dan Ello menyediakan fitur listening yang cukup baik dan lengkap

Era digital memberikan kamu kemudahan untuk belajar bahasa Inggris, Ada banyak situs di internet yang bisa kamu pilih sesuai dengan fokus pembelajarmu. Untuk listening sendiri, Hipwee memberikan beberapa rekomendasi yang bisa diandalkan, yaitu VOA learning English, British Council, dan Ello. Ketiganya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

7. Selain situs ada juga aplikasi yang menawarkan pembelajaran khusus listening seperti English podcast for learning, fluent English, listen and speak, dan learn English podcast

Kalau kamu ingin yang lebih sederhana nggak perlu repot buka situs ini itu. Aplikasi yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris pun bisa kamu pasang di HP. Misalnya saja, English podcast for learners, fluent English, listen and speak, dan learn English podcast

8. Saat mengerjakan tes listening jangan lupa untuk mencatat poin penting yang kamu dengar

Untuk tahu sejauh mana kemampuanmu berkembang, kamu perlu mengujinya. Dan hal yang perlu kamu perhatikan saat tes listening adalah mencatat apa yang kamu dengar. Kamu juga nggak perlu mencatat semuanya, cukup poin-poin yang menurutmu penting.

I go to school at 07.00 am with a bicycle and I go back home at 14.30 pm. What time does the speaker go to school everyday?
Kamu bisa mencatat beberapa poin penting seperti:

Jam berapa dia berangkat dan pulang sekolah, atau transportasi apa yang digunakan?

Selain 8 hal di atas, yang perlu ditekankan untuk mencapai tujuanmu adalah konsistensi dan semangat. Semoga hal-hal di atas bermanfaat buat kalian ya gais. Selamat mencoba!