Fecbook memang nggak pernah kehilangan tajinya. Platform media sosial yang satu ini tiap hari makin besar saja. Mulai dari update foto, sampai berkirim pesan semua bisa kamu lakukan di sana.

Yang belum banyak orang tahu, Messenger bukan hanya sekedar aplikasi pesan untuk chat saja lho, ada banyak manfaat lainnya yang mungkin belum kamu tahu sekarang.

Selama satu tahun ke belakang, Messenger menunjukkan dirinya ingin menjadi one-stop shop untuk semua kebutuhan mobile masa kini.

Kamu yang ngaku kekinian harus sudah memanfaatkannya dengan maksimal melalui update-update fitur baru messenger. Ini beberapa trik tersembunyi dari facebook messenger yang bisa kamu coba.

1. Messenger punya website sendiri yang terpisah dari facebook.com, sudah tau belum?

Coba buka websitenya ya di messenger.com via technewstoday.com

Advertisement

Mungkin dulu kamu sempat kesal saat chat di aplikasi facebook harus dilakukan lewat aplikasi baru bernama messenger. Kamu kesal karena artinya ruang penyimpananmu akan kembali berkurang akibat space yang digunakan oleh aplikasi baru ini. Berbeda dengan pembedaan aplikasinya, pembedaan website justru akan membuatmu merasa nyaman. Karena saat kamu sedang bekerja misalnya, kamu tetap bisa chatting tanpa harus terganggu dengan update news feed di facebook. Website ini juga dilengkapi dengan fitur mute notification dan juga call maupun video call. Coba deh guys!

2. Kini kamu tidak perlu menginstall aplikasi facebook untuk menggunakan messenger

Nggak perlu kayak gini lagi via phonearena.com

Kamu cukup memiliki nomor telepon saja maka kamu sudah bisa mengakses messenger dan segenap fitur-fiturnya. Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah karena kamu cukup hanya dengan mendownload aplikasinya saja di play store kemudian memilih “Not on Facebook?” setelah itu kamu langsung dapat sign-up menggunakan nomor teleponmu. Wah gampang banget kan? sekarangkamu bisa hapus aplikasi facebook-mu tuh yang bikin baterai smartphone cepat habis. Buka facebooknya via browser aja lebih hemat!

3. Para pengguna Uber juga bisa memesan jasa transportasi via messenger, kece abis!

nambah gojek sekalian seru ya! via idownloadblog.com

Nggak perlu lagi menginstall aplikasi uber kalau hanya ingin memanggil jasa transportasi itu. Cukup gunakan percakapan dalam messenger dengan memilih ikon “more” berupa titik tiga lalu pilih “transportation”. Kamu dapat log in dan request Uber dari sana serta mendapatkan update seperti yang biasanya kamu dapatkan dari aplikasi uber seperti misalnya status driver, pemberitahuan teman, tracking perjalanan, hingga membayar ongkos Uber tersebut. Mudah banget kan?

4. Nggak perlu scrolling lagi buat nyari percakapan penting, sekarang sudah bisa di-pin

Bisa di pin maupaun unpin via dailydot.com

Kalau kamu sering banget chat dengan sebuah grup kamu dapat menge-pin grup tersebut agar tak harus scrolling saat mencarinya karena tertumpuk dengan percakapan yang lain. Caranya klik “grup” di bagian bawah aplikasi, lalu pilih “pin” di bagian pojok kiri atas. Kamu bisa memilih percakapan mana yang ingin kamu tambah dan menamai percakapan itu. Kamu juga bisa menambahkan foto sebagai avatar grup dengan mengeklik gambar kamera di sana.

5. Hari gini masih ngirim gambar JPG, JPEG atau PNG, kirim GIF dong yang bisa gerak-gerak lucu

Asyik kan geraaaak! via idownloadblog.com

Pilih “more” di layar percakapan dan kamu dapat melihat beberapa aplikasi berbeda yang bisa kamu install. Pilih GIPHY lalu klik INSTALL yang kemudian akan membawamu ke app store. Lalu download dan isntall seperti biasa, setelah selesai kamu sudah mulai dapat memilih ikon GIF di bagian bawah percakapan untuk mencari dan mengirim GIF langsung dari messenger. Kalau cuma ngirim JPG, JPEG, dan PNG sih kayaknya semua aplikasi pesan bisa ya, kalau GIF kayaknya kamu harus benar-benar setia ke Messenger deh!

6. Sedang tidak ingin diganggu oleh chat-chat tertentu, matikan aja pemberitahuannya kalo gitu

Di-mute aja via webmania.co

Kamu bisa mematikan notifikasi untuk percakapan-percakapan tertentu dengan menekan nama di bagian atas pesan. Di layar drop-down akan terlihat beberapa pilihan, pilihlah “notifications dan pilih berapa lama kamu ingin mematikan notifikasi ini, apakah 15 menit, 1 jam, 8 jam, 24 jam atau bahkan hingga kamu menghidupkan kembali notifikasinya. Kamu juga bisa mematikan notifikasi pesan itu selamanya, wah cocok banget nih buat SANG MANTAN! *eh keceplosan*

7. Share foto instan paling canggih dengan detektor muka yang magic banget kayaknya cuma di messenger!

Terdeteksi dari wajahnya lho! via theverge.com

Fitur Photo Magic yang dimiliki Messenger bisa membuatmu lebih mudah mengirim foto ke teman-temanmu. Ketika fitur ini on, aplikais messenger akan memberikan pemberitahuan agar kamu menge-share foto tiap terdeteksi foto baru dengan wajah temanmu di dalamnya. Untuk menghubungkannya, cukup klik “Settings” di bagian kanan bawah, pilih “Photos & Media” lalu pilih “Photo Magic”. Buat kamu yang hobi selfie dan wefie terus berkirim-kirim foto, aplikasi ini cocok banget buat kamu.

8. Nggak mau kalah dari Whatsapp dan menjadikan fiturnya makin lengkap, Messenger juga bisa send location

Send location via wersm.com

Tak hanya Whatsapp yang bisa mengirim lokasi, Messenger pun bisa. Kamu bisa mengirim lokasimu maupun lokasi apapun sebagai pesan, caranya pilih “conversation” -> “More” -> “location”, lalu kamu langsung dapat mencari dan mengirim sebuah lokasi. Saat kamu janjian makan di tempat baru dan temanmu yang masih dalam perjalanan tidak tahu lokasinya, fitur ini akan sangat berguna. Duh, lengkap banget kan fiturnya messenger ini, apa coba yang masih kurang?

9. Thread percakapan untuk tiap orang bisa dibuat beda-beda lho warnanya, udah pernah nyoba?

Si cinta baiknya pakai warna apa ya via phonearena.com

Biar lucu aja sih, tiap percakapan bisa tampak berbeda karena kamu memilih warna yang berbeda. Tekan nama temanmu di bagian atas layar yang berada dalam percakapan yang kamu pilih, akan ada bebearpa pilihan yaitu: nicknames, color, dan emoji. Warna akan mengubah outline ikon dan juga chat bubbles yang biasanya muncul di smartphonemu. Lucu dan seru kan? Yakin, pasti habis ini kamu langsung nyoba-nyoba trik nomor 9 ini, selamat mencoba deh ya!

Di USA sudah berkembang fitur payment yang akan memudahkanmu melakukan pembayaran apapun via messenger, untuk Indonesia kayaknya masih harus nunggu ya! Wah, kalau udah semua gini ngapa-ngapain tinggal pakai messenger aja dong ya? Lama-lama smartphone-mu cuma berisi satu aplikasi milik Mark Zuckerberg ini aja bisa-bisa, kita lihat saja ya beberapa tahun ke depan!