Cuaca lagi gak enak banget, nih! Kadang panas, kadang tiba-tiba hujan. Kalau sudah panas, matahari bisa terasa luar biasa terik. Tanpa segan-segan, matahari tega membuat kita berkeringat, hilang konsentrasi, sampai bad mood. Mau kuliah juga malas saking panasnya. Mending ngadem di dalam kamar atau berendam di bak mandi.

Tapi masak iya sih tiap hari bakal terus malas-malasan gini cuma gara-gara matahari? Bukannya matahari di Indonesia selalu bersinar sepanjang tahun? Daripada galau, mending kamu cobain deh bikin resep-resep penghilang dahaga ini dari kosmu. Selain murah dan mudah, segernya gak ketulungan!

1. Tak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk menikmatinya. Di siang hari yang terik, kamu bisa membuat teh tarik dari kamar kos.

Teh tarik populer sebagai minuman khas Aceh. Minuman ini dibuat dari campuran teh dan susu, lalu berulang-ulang di tarik dari gelas satu ke gelas lain. Asyiknya, kamu juga bisa mengolahnya dengan es batu cukup dari kamar sarangmu. Berikut ini langkah simpelnya.

Teh dan susu dicampur es, segarnya bukan main via myfunfoodiary.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Advertisement
  • 1 bungkus teh beraroma melati
  • 100 ml air panas
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 2 buah gelas stainless steel yang bergagang.

Cara membuatnya adalah:

  • Seduh teh dalam gelas stainless steel dengan air panas.
  • Tuangkan susu kental manis ke dalam teh yang diseduh tadi. Aduk hingga rata.
  • Siapkan segelas stainless steel yang kosong. Tuangkan teh tadi ke dalam gelas stainless steel yang masih kosong, sambil ditarik. Lakukan ini berulang kali sampai teh tarikmu mengeluarkan buih.
  • Sajikan teh tarikmu dalam gelas dan tambahkan es batu.

Gampang, kan? Bila kamu kesulitan menggunakan cara tarik, silahkan menggantinya dengan mengocok dalam botol shaker atau botol kedap udara. Kamu pun bisa langsung menambahkan potongan es batu langsung di dalam botol shaker. Resep ini terinspirasi dari sini.

2. Minuman cappuccino cincau lagi booming di mana-mana. Asyiknya, tidak mesti punya blender kalau mau membuatnya.

Capcin bikinan kamu gak bakalan kalah sama yang dijual di tenant via habibialisyahbana.files.wordpress.com

Nama cappuccino cincau belakangan ini sangat marak di kalangan anak muda. Di setiap sudut mall atau tepi jalan, dengan mudah kamu menemukan tenant atau kafe yang menjajakan minuman segar ini. Cincau pun jadi naik kelas karena tak melulu dijajakan sebagai minuman tradisional yang dipikul bapak tua.

Bahan untuk membuat capuccino cincau adalah:

  • 1 sachet bubuk cappuccino, bisa diambil dari merk minuman instan favoritmu
  • susu kental manis rasa coklat secukupnya
  • 2 sendok makan gula pasir
  • potongan dadu cincau hitam secukupnya
  • air putih matang secukupnya
  • es batu
  • blender jika ada, atau ganti dengan botol shaker yang kedap udara

Cara membuatnya cukup mudah, seperti berikut ini:

  • Masukkan bubuk cappuccino, gula pasir, air, dan es batu sesuai keinginanmu ke dalam botol shaker
  • Kocok semua bahan-bahan tersebut berulang kali
  • Siapkan gelas yang sudah diberi potongan cincau dan diolesi secara melingkar dengan susu kental manis
  • Tuangkan campuran cappuccino tadi ke dalam gelas.
  • Es cappucino cincau sudah siap menyegarkanmu kala udara panas

Resep asli es cappuccino cincau ini bisa kamu liat di sini.

3. Kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati segelas lemon squash di restoran atau bar. Daripada boros, mending bikin sendiri aja.

Lemon squash, kuning dan segar via best-posts.com

Lemon squash adalah minuman segar yang sering masuk di daftar menu restoran-restoran, hotel, atau bar kenamaan. Rasa segar yang diciptakannya berasal dari campuran soda dan perasan lemon. Karena bahan dasarnya tidak sulit dicari di pasaran, yuk coba bikin sendiri dari rumah!

Sebelumnya kamu harus memastikan bahan-bahan ini tersedia di kosmu:

  • Sebuah jeruk nipis atau bisa juga lemon
  • Soda bening biasa berukuran sedang, bisa diambil juga dari merk minuman bersoda favoritmu
  • Es batu secukupnya
  • Gula pasir yang sudah dicairkan sekitar 2-3 sendok makan
Cara membuat :
  • Ambil perasan lemon atau jeruk nipis dan taruh dalam gelas
  • Tuangkan gula cair dalam gelas berisi perasan lemon atau jeruk nipis tadi
  • Masukkan es batu yang banyak ke dalam gelas
  • Tuangkan soda hingga gelas hampir penuh
  • Aduk-aduk soda tersebut agar gula, es batu, dan perasan jeruk rata dan dingin
  • Lemon squashmu sudah jadi!
Singkat dan mudah, bukan? Kamu bahkan tidak memerlukan air matang dalam pembuatannya. Resep selengkapnya bisa kamu lihat di link ini.

4. Mau pakai sirup frambozen atau gula merah, tinggal pilih! Es kelapa muda enak kok dipadu sama itu semua.

Es kelapa muda yang segar nan manis via 1.bp.blogspot.com

Kalau jalan-jalan, sering kali kamu melihat pedagang kelapa muda di pinggir jalan. Dengan gerobak hijau dan kotak transparan di atasnya, mereka menjajakan es berisi parutan kelapa dan gula merah yang memanjakan tenggorokan kala udara panas. Lain lagi kalau kamu ke warung atau restoran, es kelapa muda yang tersaji biasanya menggunakan sirup frambozen berwarna merah. Yuk, intip cara membuatnya!
Bahan yang perlu kamu persiapkan adalah:
  • 200 gram kelapa muda yang sudah diserut memanjang
  • 100 gram rumput laut. Bila kamu tidak suka, boleh juga dihilangkan.
  • 400 ml air kelapa muda
  • 500 gr es serut
  • 100 gr gula merah, serut, larutkan dengan air hangat hingga gula cair sempurna
Cara membuatnya sebagai berikut:
  1. Siapkan 5 buah gelas saji, susun kelapa muda, rumput laut dalam gelas.
  2. Tuangkan air kelapa muda, es serut dan larutan gula merah ke dalam gelas.
  3. Sajikan segera.

Untuk kamu yang lebih suka sirup frambozen, dipersilahkan mengganti gula merah dengan sirup. Lakukan tahap yang sama seperti ketika kamu menuang larutan gula jawa. Biar seger lagi, bisa diberi perasan jeruk sedikit. Dijamin panas hilang!

Kelapa muda dengan sirup frambozen via ajikotapurwokerto.or.id

Resep di atas dapat kamu lihat selengkapnya di sini.

5. Gak cuma seger, es cocktail juga kaya vitamin. Macam-macam buah bisa kamu temukan di dalamnya. Cara bikinnya juga gak susah-susah amat!

Warna-warni cantik es cocktail via 3.bp.blogspot.com

Sesekali, jangan ragu menggerakkan tubuhmu ke pasar tradisional. Untuk membuat es koktail, kamu memerlukan beberapa jenis buah. Gak perlu banyak-banyak sih, tapi asyik juga kalau kamu ngajak temenmu ikut serta. Soalnya resep di bawah ini bisa kamu bagi untuk lima orang.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat es koktail adalah:
  • 200 gram melon, dipotong bulat
  • 200 gram semangka, dipotong bulat
  • 100 gram nanas, dipotong-potong kotak 1 cm100 gram pepaya, dipotong bulat
  • 375 gram es batu
  • agar-agar rasa buah, potong dadu. Supaya mudah, bisa kamu beli yang sudah jadi di toko terdekat

Persiapkan pula bahan-bahan untuk sirupnya sebagai berikut:

  • 1.000 ml air
  • 2 lembar daun pandan, diikat
  • 300 gram gula pasir
  • 15 tetes pewarna merah cabai
  • 2 buah jeruk nipis, diambil airnya

Setelah semuanya siap, segera lakukan tahap-tahap berikut:

  1. Buatlah sirup dengan mencampur air, daun pandan, dan gula pasir. Masak sambil diaduk hingga larut. Tambahkan pewarna merah dan air jeruk nipis. Aduk rata. Dinginkan.
  2. Campur buah yang dibentuk tadi, bersama sirup, potongan agar-agar, dan es batu.
  3. Cocktail nan segar sudah siap diminum bersama teman-teman.

Bila kamu tertarik membuat resep di atas dengan agar-agar bikinan sendiri, silahkan cek link lengkapnya dengan klik sumber berikut ini.

6. Soda gembira memang mudah ditemukan di warung Aa’ Burjo langganan. Tapi kalau bisa bikin sendiri, kocekmu pasti lebih awet sampai akhir bulan.

Es soda gembira yang berwarna pink menggoda via upload.wikimedia.org

Yang namanya anak kos, sudah pasti akrab sama Aa’ Burjo. Kalau uang sedang mepet, kesetiaan Aa’ Burjo bisa melebihi pacarmu sendiri (kalau punya). Salah satu minuman yang paling ngehits di warungnya saat panas adalah es soda gembira. Mau coba bikin sendiri di kos biar irit? Yuk!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Susu kental manis secukupnya. Belilah yang kemasan sachet saja supaya tidak mubasir
  • Es batu secukupnya
  • Sirup berwarna merah, bisa sirup frambozen atau coco pandan
  • Soda bening
Cara membuatnya :
  • Tuangkan susu kental manis ke dalam gelas hingga seperempat gelas
  • Tuangkan 2-3 sendok sirup frambozen atau coco panda, lalu es batu
  • Tuangkan soda bening sampai gelas penuh, lalu aduk-aduk hingga susu dan sirup rasanya merata dengan sodanya
  • Es soda gembira siap menghilangkan rasa panasmu seharian
Resep ini dapat kamu lihat di sini.
Gimana? Kamu lebih suka dengan resep yang mana? Dengan mempraktekkannya, niscaya rasa panas hilang, otakmu segar, dan mood yang baik tetap terpelihara. Uang pun lebih irit dibandingkan kamu membelinya di kafe.
Tidak susah, kan untuk mendapatkan bahan-bahannya di sekitarmu? Cara mengolahnya juga tidak menuntutmu untuk menggunakan banyak alat elektronik milik mama, bukan? Selamat mencoba, ya!