Bagi mahasiswa yang punya budget pas-pasan, traveling tentu bukan kegiatan yang bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Dengan uang bulanan yang terbatas, kamu harus pandai-pandai menyisihkan uang demi mengumpulkan tabungan yang akan kamu gunakan untuk memuaskan hasrat berpetualang.

Demi menunaikan keinginan menjelajah sebuah destinasi baru, tak jarang kamu pun harus memangkas kesenangan-kesenangan ekstra. Misalnya saja kebiasaan hangout bersama teman-teman, belanja fashion item paling up-to-date, sampai membeli gadget ketika HP-mu yang sekarang sudah lemot dan rusak. Semua rela kamu tunda agar uangmu cepat terkumpul.

Tapi selain harus pintar mengatur uang, sebagai mahasiswa yang punya budget terbatas kamu juga harus cerdas memilih destinasi mana yang sekiranya tak akan menguras kantungmu. Pertimbangannya meliputi ketersediaan penginapan murah, moda transpotasi yang terjangkau, makanan dengan harga bersahabat, serta objek wisata yang keren dengan harga tiket masuk yang tak mencekik leher.

Nah, untuk membantu kamu memilih destinasi mana yang sesuai dengan dana liburanmu yang terbatas, berikut ini Hipwee telah merangkum 10 tujuan wisata yang cocok dikunjungi oleh kamu, mahasiswa pecinta jalan-jalan yang uangnya pas-pasan!

1. Di Jogja, Makan Enak dan Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Hingga Puncak Tertinggi Kota Cukup 500.000 Saja

Waduk Sermo, Yogyakarta via twitter.com

Advertisement

Yogyakarta adalah salah satu tujuan pariwisata paling diincar di Indonesia. Namun, kota ini tak pernah semena-mena mematuk harga pada pendatangnya. Selain menawarkan pengalaman wisata yang beragam, Yogya juga terkenal dengan berbagai akomodasi murah yang mudah ditemui. Hotel-hotel dengan harga miring (mulai dari Rp. 50.000 per malam!) di sekitar Malioboro, makanan murah di angkringan (mulai dari Rp. 4000 sekali makan), berkeliling kota dengan Trans Yogya (Rp. 3500 sekali jalan), semuanya berkolaborasi mempertahankan citra Yogyakarta sebagai kota yang bisa dinikmati siapa saja. Kamu bisa menjamahi pesona Yogyakarta dengan dana tak lebih dari dari 500 ribu rupiah saja.

2. Tak Usah Pergi Jauh ke Raja Ampat Untuk Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut Indonesia. Ujung Kulon

Pulau Peucang: Keindahan murah yang gak murahan via irmafriskandari.blogspot.com

Siapa bilang wisata menjelajahi keindahan alam bawah laut bukan milik wisatawan dengan budget terbatas? Surga wisata laut Indonesia Ujung Kulon mematahkan anggapan itu. Birunya air laut, putihnya pasir, dan anggunnya ombak di Pulau Panaitan bisa kamu tuju dengan anggaran Rp. 400.000 saja. Jangan lupa menengok keragaman aneka biota laut di perut Pulau Badul! Untuk lebih menghemat dana, ajak juga teman-temanmu yang lain berlibur ke sana. Buktikanlah sendiri rekomendasi Hipwee ini dengan kedua belah matamu.

3. Temukan Kedamaian di Ranu Kumbulo: Keindahan Taburan Bintang Tak Harus Membuatmu Menghamburkan Banyak Uang

Pesona Ranu Kumbolo yang memikat via www.javabackpacker.blogspot.com

Jika pantai menawarkan kedamaian di dalam lautan, maka pegunungan menjanjikan keindahan di puncak yang dimilikinya. Untuk bisa menikmati tawaran alam yang menggoda ini, kamu memang harus mengeluarkan tenaga untuk mendaki. Tapi percayalah, tak satupun pendaki menyesal mendaki sampai ke bagian Semeru tersebut. Rasa lelahmu akan diganjar dengan kecantikan dari nirwana. Ranu Kumbolo menawarkanmu langit yang bersih dari polusi — taburan bintang bercahaya seterang-terangnya di malam hari, danau bening yang menenangkan, serta kesempatan sesekali melihat burung belibis hinggap di atas air. Kabar gembira lainnya? Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang, karena gunung yang berada di daerah Malang ini relatif mudah dijangkau dari bagian lainnya di pulau Jawa.

4. Bagi Kamu yang Tinggal di Jakarta, Jangan Remehkan Pesona Anyer. Kabur Sejenak dari Keriuhan Ibukota, Tanpa Pusing Memikirkan Biaya.

Pantai bulakan Anyer… via anyersea7.blogspot.com

Keriuhan Ibukota Jakarta kadang membuat anak kuliah sepertimu tertekan. Maka dari itu, kamu berhak untuk sesekali menjernihkan pikiran. Berwisatalah ke luar Jakarta. Tak perlu berkhayal menjamah destinasi jauh yang membuatmu stres memikirkan nominal uang. Berbagai pantai indah di sepanjang Anyer siap menyambutmu melepas penat. Kunjungilah sederet pantai cantik seperti Pantai Carita, Karang-Bolong, atau Pantai Bulakan. Harga masuk pantai ini berkisar hanya di antara Rp. 5.000- Rp. 7.000. Jika ditambah dengan ongkos bis dari Jakarta ke Merak sebesar Rp. 30.000, lalu dilanjutkan dengan angkot seharga Rp. 6.000, maka kira-kira total dana yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp. 104.000 — sudah termasuk makan siang dengan perkiraan biaya sekali makan Rp. 25.000. Jika punya uang lebih, kamu pun bisa menyewa villa murah seharga Rp. 250.000 per malam untuk 2 orang. Memang pergi ke mal lebih mudah, tapi masa’ mau ke mal terus?

5. Kearifan Suku Kanekes di Pedalaman Baduy Akan Mengingatkan, Dunia Tak Selamanya Berputar Karena Uang

Akrabkan diri dengan suku pedalaman via m.kompasiana.com

Pedalaman Baduy adalah tawaran menarik bagi kamu mahasiswa yang merindukan liburan dengan budget ala kadarnya. Suku ini berdiam diri di daerah Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Meskipun mereka mengisolasi diri dari arus kencang globalisasi, keramahan terhadap kedatangan masyarakat luar sungguh terasa di sana. Penduduk suku terbagi atas dua kelompok, yakni Suku Baduy dalam dan luar. Suku Baduy Luar cenderung lebih ‘ramah’ terhadap pengaruh dari luar. Mereka sudah mulai menggunakan alat elektronik seperti lampu, televisi, atau radio. Ada juga yang menggunakan sudah menggunakan handphone sebagai alat berkomunikasi.

Berbeda dengan Suku Baduy Dalam, yang benar-benar menjaga tradisi mereka dari pengaruh modernisasi. Penggunaan alat bermotor, elektronik, bahkan bahan kimia seperti sabun mandi dan sabun cuci baju tak diizinkan di sana. Ini dilakukan tentu bukan tanpa tujuan. Masyarakat Baduy Dalam percaya bahwa keseimbangan antara alam dan manusia hanya bisa terjadi jika manusia menjaga alam sepenuh hati.

Jika kamu datang ke sini, menginaplah di rumah penduduk sekitar. Tidak ada patokan harga untuk menginap di sana, karena semua diberikan sesuai dengan hati nurani masing-masing pengunjung.

6. Mau Memenuhi Hasrat Berbelanja? Pasar Gede Bage Jawabannya. Di Mana Lagi Kamu Bisa Ketemu Dress Seharga 15.000?

Jeans pun diobral dengan murah di sini via indonesiaexplorer.net

Berbelanja itu hobi yang paling efektif dalam melepas stres. Tapi kalau uangmu habis hanya untuk belanja, kamu bisa lebih stres lagi. Maka dari itu, untuk memuaskan hasrat belanja dan jalan-jalan secara bersamaan kamu harus pintar mencari tempat belanja yang sesuai dengan isi kantongmu. Di Pasar Gede Bage Bandung, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta, kamu bisa menemukan berbagai pakaian dengan harga miring. Mayoritas barang di sini adalah baju bekas, namun jangan khawatir soal kualitas. Kamu bisa mendapatkan berbagai jaket dan syal yang hampir seperti baru dengan harga tak lebih dari Rp. 200.000. Dress-dress disini pun cuma perlu 1-2 kali cuci dengan air hangat untuk bisa dipakai. Jangan malu-malu deh pergi ke sini, dijamin kamu takkan rugi!

7. Untuk Menikmati Pantai Indah, Tak Perlu Merogoh Kocek Dalam-Dalam. Berhentilah di Pantai Klayar, Pacitan.

Pantai Klayar: Pantai cantik dan unik di Pacitan via papanpelangi.co

Meskipun masih kalah tenar dibandingkan pantai-pantai di Bali seperti Kuta atau Nusa Dua, bukan berarti Pantai Klayar tak menjanjikan keindahan yang sama. Selain keunikan pantai yang sering mengeluarkan bunyi mirip seruling, pantai ini memiliki keunikan lainnya yakni keberadaan karang raksasa mirip patung Sphinx. Bagi kamu yang tinggal di Jawa Tengah atau sekitar Jawa Timur tentu pantai ini bisa dijangkau dengan budget yang tak terlalu mahal.

8. Status Mahasiswa Tak Harus Membuatmu Puasa Senang-Senang. Pergilah ke Kawah Ijen dan Baluran, Budgetmu Tak Perlu Lebih Dari Rp. 400.000!

Keindahan Baluran yang memukau via www.backpackerindonesia.com

Bagi kamu yang berpikir bahwa mahasiswa adalah kaum yang tidak pantas bersenang-senang karena secara finansial belum matang, ubahlah pemikiranmu! Traveling mengajarkan banyak hal yang tidak kita temui di bangku kuliah. Salah satu destinasi seru yang cocok untuk kamu budget traveler adalah Kawah Ijen dan Baluran yang terletak di Jawa Timur. Untuk menyambangi keindahan api biru di Puncak Ijen kamu harus mendaki selama 3 jam sebelum akhirnya bisa melihat keunikan api biru yang konon katanya cuma ada dua di Indonesia. Selain fenomena api biru yang unik serta savana ala Afrika di Taman Nasional Baluran menjadi sajian liburan yang tak pantas untuk dilewatkan begitu saja. Bagian terbaiknya, kamu hanya perlu budget sekitar Rp. 400.000!

9. Pak Barangmu dan Berliburlah ke Karimun Jawa: Kepingan Surga yang Bisa Dinikmati Dengan Harga Sewajarnya

Eksotisme Karimun Jawa via dinihajarrahmah.wordpress.com

Berlibur ke Karimun Jawa dengan modal Rp.750.000?

Keindahan alam bawah laut Karimun Jawa sudah terdengar seantero Nusantara. Terletak sejauh 83 kilometer utara Jepara, kamu harus menyeberang membelah lautan selama kurang lebih 6 jam perjalanan. Meskipun harus berlelah-lelah dan ada kemungkinan terkena sindrome mabuk lautan, ganjaran keindahan mulai dari permukaan hingga kedalaman lautan membuat segala usaha sepadan.

Rata-rata wisatawan yang datang ke sana menghabiskan waktu 3-4 hari untuk menikmati keindahan setiap pulau di Karimun Jawa. Jangan lupa membawa sunblock guna menghalau sinar matahari yang gemar membakar kulit wisatawan yang asyik berenang. Masukkan aktivitas snorkeling dan diving ke dalam list kegiatanmu. Bersiaplah terpesona menyaksikan keindahan alam yang seolah ingin menahanmu untuk kembali pulang.

10. Sebagai Orang Indonesia, Jejakanlah Kakimu Sesekali di Pulau Dewata. Tenang, Selalu Ada Jalan Irit Pengeluaran Kalau Mau Berusaha!

Tanah Lot Bali via si-rimba.blogspot.com

Sebelumnya Hipwee sudah pernah mengulas tips dan trik jalan-jalan ke Bali dengan modal Rp.500.000. Tidak hanya di Indonesia, Bali bahkan sudah terdengar gaungnya di seluruh dunia. Keindahan Bali memang tak perlu diragukan lagi. Deretan pantai indah tersebut selama bertahun-tahun selalu menjadi magnet kuat bagi Bali untuk selalu membuat wisatawan datang dan datang lagi. Tersedianya berbagai alat transportasi murah mulai dari kereta,bis, sampai tiket pesawat promo semakin mengukuhkan Bali sebagai primadona wisata Indonesia yang siap menyambut kedatangan siapa saja.

Status mahasiswa memang identik dengan hidup hemat dan pengiritan. Namun bukan berarti status ini menjadikan kamu harus rela tinggal di kost-kostan sepanjang hidup perkuliahanmu. Dengan pengorbanan dan kreativitas mencari uang tambahan bisa membuatmu melanglang buana menikmati keindahan dunia luar. Selektif dalam memilih destinasi juga menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan!