Musim kemarau sudah hampir tiba; tentunya jangan disia-siakan, dong! Pasti seru nih kalau akhir pekanmu dihabiskan dengan menikmati semilir angin laut dan suara debur ombak sembari merasakan pasir yang hangat di bawah telapak kakimu.

Nah, sebelumnya Hipwee udah mengajak kamu menjamahi pantai-pantai di Jawa Timur dan Yogyakarta yang seksi-seksi. Ternyata, Jawa Tengah juga memiliki banyak pantai yang gak kalah cantik dari kedua daerah di atas lho. Penasaran?

1. Eloknya Pantai Menganti di Kebumen yang dikeliling bukit nan hijau akan membuatmu serasa di New Zealand

Pantai Menganti dari atas bukit

Pantai Menganti dari atas bukit via www.telusurindonesia.com

Tak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk menikmati indahnya pantai terpencil yang dikelilingi bukit nan hijau. Kamu bisa kok menemukannya di Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Memang, jalur yang terjal dan berkelok mesti kamu lalui demi menemukan pantai ini, tapi indahnya Pantai Menganti takkan sanggup kamu sangkal ketika kamu telah meilhatnya dari atas bukit.

Tak cuma menikmati aroma laut yang asin, perahu-perahu nelayan yang ditampatkan juga menciptakan suasana romantis tersendiri ketika kamu menyambangi pantai ini. Jangan terlewat untuk menikmati santapan laut yang segar hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Heningnya Pantai Pecaron bisa kamu nikmati juga di Kebumen, di mana hanya suara deburan ombak yang menemani

Advertisement
Pantai Pecaron, Kebumen

Pantai Pecaron, Kebumen via www.potograpero.com

Tak jauh dari Pantai Logending atau Ayah, ada sebuah pantai yang patut kamu datangi kalau kamu menginginkan pantai yang hening dan tenang. Letaknya yang agak tersembunyi dan akses yang lumayan sulit membuat Pantai Pecaron ini masih jarang didatangi wisatawan. Makanya, di pantai ini kamu bisa menikmati waktu untuk dirimu sendiri, ditemani oleh gemuruh ombak yang bergulung menuju pantai.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati gemericik air sungai kecil yang bermuara di pantai Pecaron ini. Di sekelilingnya, bukit hijau dan pohon kelapa menambah cantik panorama pantai ini. Kalau mau kemari, datanglah ke Desa Srati, Kecamatan Ayah melalui jalur ke arah Pantai Menganti dari Pantai Suwuk.

3. Masih di Kebumen, sambangi uniknya laguna tersembunyi di Pantai Bopong

Pantai Bopong, Kebumen

Laguna di Pantai Bopong, Kebumen via www.explorekebumen.com

Kebumen memang jadi surganya wisata pantai di Jawa Tengah. Ada satu lagi pantai cantik nan unik yang patut kamu sambangi saat main ke Kebumen, yaitu Pantai Bopong. Sepintas, pantai yang terletak di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen ini terlihat biasa saja. Tapi, di sini ternyata kamu bisa menemukan “laguna” yang cantik tak jauh dari bibir pantainya.

Laguna ini terbentuk dari aliran air sungai yang meliuk-liuk, membentuk sebuah “pulau” mini yang tentunya menarik untuk dijadikan latar fotomu. Setelah itu, puas-puasin deh bermain ombak di pantai ini!

4. Nusa Kambangan tak melulu berisi pesakitan, karena pulau ini ternyata memiliki Pantai Karang Pandan yang bikin kamu enggan pulang

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan via wisatacilacap.orgfree.com

Pulau Nusa Kambangan memang terkenal sebagai “pulau penjara”, karena di sinilah terdapat Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan yang terkenal itu. Tapi di balik sisi sangarnya itu, siapa sangka jika pulau yang menjadi bagian dari Kabupaten Cilacap ini ternyata memiliki potensi wisata yang menawan?

Salah satunya adalah Pantai Karang Pandan. Pantai berpasir putih ini berada di sebelah timur pulau dan masih jarang dijamah wisatawan, sehingga kamu bisa menikmati keelokannya dengan leluasa. Tepat di hadapanmu, panoramanya makin dipercacntik dengan adanya dua pulau karang yang di sebut Pulau Majethi. Pantai ini juga seringkali dijadikan tempat untuk melakukan larung sesaji.

5. Buat kamu yang gemar mengendarai ombak, jangan lewatkan untuk menaklukkan gulungan ombak di Pantai Widarapayung, Cilacap

Pantai Widarapayung, Cilacap

Pantai Widarapayung, Cilacap via my-cilacap.blogspot.com

Buat kamu yang menggemari olahraga selancar, tentu jangan alpa untuk mengunjungi Pantai Widarapayung yang terletak di Desa Widara payung, Kecamatan Binangun, Cilacap, ini. Bersiaplah, karena ombak besar yang menggulung pasir pantai akan menantang untuk ditaklukkan dengan papan selancar. Gak perlu repot-repot membawa papan selancar dari rumah, karena di pantai ini sudah ada operator selancar yang akan menyewakan papannya untukmu.

Selain itu, sisa-sisa bencana tsunami tahun 2006 juga masih bisa kamu saksikan di pantai ini lewat sebuah tugu peringatan yang dibangun di sana. Jangan lupa juga untuk menjajal pecel yang rasanya khas karena menggunakan kecombrang sebagai pelengkapnya.

6. Mendambakan pantai yang masih perawan dengan akses yang tak sukar? Susuri Pantai Pailus yang masih terjaga kealamiannya di Jepara

Pantai Pailus, Jepara

Pantai Pailus, Jepara via cybernerdkid.blogspot.com

Jepara memang terkenal karena menjadi pintu gerbang menuju ke Karimunjawa. Tapi, tak hanya itu, Kota Ukir ini juga memiliki sejumlah pantai yang kece. Salah satunya adalah Pantai Pailus yang terletak di desa Karanggondang, kecamatan Mlonggo, Jepara.

Ada hal yang unik dari pantai berpasir putih ini. Meski akses jalannya baik, pantai ini masih sangat terjaga keasriannya. Ini terjadi karena ada peraturan yang melarang warga mendirikan bangunan di pantai untuk menjaga keasliannya. Tapi, peraturan itu justru mendorong pertumbuhan ekonomi desa Karanggondang, karena mau tak mau pengunjung pantai akan menuju ke sana untuk mengisi perut dan menginap.

7. Temukan paket lengkap wisata pantai di Pantai Bandengan, Jepara

Pantai Bandengan, Jepara

Pantai Bandengan, Jepara via www.panoramio.com

Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samodra adalah salah satu pantai di Jepara yang menjadi tujuan favorit turis. Bagaimana enggak? Di pantai berpasir putih yang cantik ini, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas yang bikin liburanmu di pantai semakin lengkap. Ada banana boat, jet ski, ATV, kano, sampai Wave House yang memiliki ombak buatan, serta perahu untuk menyeberang ke Pulau Panjang.

Yang menarik, Pantai Bandengan ini juga sering menjadi tuan rumah bagi perlombaan layang-layang, mulai tingkat lokal, nasional, sampai internasional. Tunggulah sampai senja tiba dan saksikan matahari terbenam dengan indahnya di cakrawala dari pantai ini.

8. Saat mampir ke Jepara, eksotisnya pantai di Pulau Panjang tentu pantang kamu lewatkan

Pantai di Pulau Panjang

Pantai di Pulau Panjang via www.momtraveler.com

Bila sudah sampai di Jepara, jangan lewatkan untuk mampir ke Pulau Panjang. Pulau yang luasnya 19 hektare ini jaraknya hanya sekitar 2,5 km dari pantai Jepara, dengan pantai nan eksotis yang menjadi andalannya. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menumpang perahu dari Pantai Bandengan maupun Pantai Kartini selama kurang lebih 10 menit.

Sesampainya di Pulau Panjang, nikmatilah bermain di pantai sepuasnya. Kamu akan dijamu dengan panorama pasir putih dengan iar laut yang jernih. Ombaknya tenang, sehingga kamu leluasa berenang.

9. Hamparan pasir putih, ombak, dan hutan cemara menjadi kesatuan yang harmonis di Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai Karang Jahe, Rembang via cbfmrembang.wordpress.com

Siapa sangka kalau kamu bisa menemukan panorama pantai nan memukau tak jauh dari jalur pantura. Sambangilah Pantai Karang Jahe yang terletak di desa Punjulharjo, kecamatan Rembang, kabupaten Rembang ini, tepatnya di Jalan Rembang–Lasem KM 7,5. Sesampainya di pantai ini, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih yang berpadu dengan hutan cemara di sepanjang pantainya, membuat suasana yang nyaman dan teduh.

Tak cuma panorama pantai yang menawan, pemandangan di bawah lautnya pun gak boleh diremehkan. Nikmati serunya menyelam sembari menikmati indahnya warna-warni terumbu karang di tempat ini.

10. Melipirlah ke Wonogiri, di mana kamu bisa menemukan salah satu pantai menawan di Jawa Tengah

Pantai Nampu, Wonogiri

Pantai Nampu, Wonogiri via pemburufotoalam.wordpress.com

Dari Solo, sambunglah perjalananmu menuju Wonogiri. Di ujung selatan, kamu bisa menemukan pantai cantik yang masih bersih dan alami bernama Pantai Nampu. Pantainya yang berpasir putih tergenapi dengan gugusan batu-batu karang di bibir pantai yang menambah keelokan pantai ini.

Nikmati panorama elok sembari menikmati ombak-ombak yang dipecah karang menyisakan buih berwarna putih. Meski terpencil, akses menuju ke pantai ini cukup mudah, kok. Kalau belum puas main seharian, jangan ragu untuk mendirikan tenda dan camping di bukit-bukit sekitar pantai.

Nah, itu dia beberapa pantai di Jawa Tengah yang menjadi rekomendasi Hipwee untuk kamu jamahi musim panas nanti. Tentunya, jadilah pengunjung yang baik dengan menjaga lingkungannya tetap lestari, agar pantai-pantai indah ini tetap bisa dinikmati setiap orang. Oh iya, jika pantai favoritmu belum muncul di sini, jangan ragu menambahkannya di kolom komentar ya.