Kamu pasti sudah tahu bahwa bumi yang kita tinggali ini usianya sudah jutaan tahun. Manusia datang dan pergi setiap harinya. Satu bangsa punah digantikan oleh bangsa lainnya, begitu terus sampai akhir dunia nanti. Selama perjalanan hidup bumi, banyak kota-kota dan peradaban yang sudah hilang dan meninggalkan puing-puing sisa bangunan dan benda-benda yang pasti aneh sekali di mata manusia masa kini. Tapi dari puing-puing itu saja, kamu bisa membayangkan betapa hebatnya bangsa dulu. Kita sekarang boleh berbangga dengan kemajuan teknologi, tapi kamu mungkin nggak tahu apa yang bisa dilakukan oleh para pendahulumu dulu.

Yuk kita wisata ke masa lalu sejenak, lewat kota-kota yang sudah hilang dari peradaban ini. Sekalian berimajinasi, kira-kira gimana ya rasanya hidup di era Cleopatra dan Julius Caesar dulu?

1. Machu Picchu di Peru, masterpiece dari suku Inca. Arsitekturnya bikin orang-orang terpana

Machu Picchu via www.peruviptrips.com

Machu Picchu dibangun sekitar tahun 1450 di bawah tangan suku Inca. Kota ini mulai ditinggalkan ketika Suku Inca dikuasi oleh bangsa Spanyol. Untungnya, Machu Picchu nggak dihancurkan seperti peradaban suku Inca lainnya. Selama ratusan tahun masterpiece dari suku Inca ini tersembunyi diantara hutan dan pegunungan di Urubamba Valley, sebelum akhirnya ditemukan sekitar tahun 1911, dan dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia di tahun 1983.

2. Petra di Jordan, Kota Mawar Merah yang setua dunia ini

Petra The Red Rose City via redzuan-ridz.blogspot.co.id

Advertisement

Puing-puing peradaban Petra terletak di lereng gunung Hor di Yordania. Meski terhimpit gunung batu, tapi kamu bisa melihat sisa-sisa kemegahan bagungan yang bergaya Romawi kuno itu. Konon dulu Petra adalah jalur strategis yang menghubungkan Cina, India, dan Arab Selatan dengan Mesir, Yunani, Dan Romawi. Musnahnya Petra disebabkan oleh gempa bumi besar yang merusak bangunan dan sistem perairan. Setelah terlupakan hampir 12 abad, Petra ditemukan kembali di tahun 1812 dan menjadi warisan budaya yang dijuluki Red Rose City, yang hampir setua dunia.

3. Pompeii di Italia, peradaban romawi yang terkubur bersama letusan gunung berapi ribuan tahun lalu

Pompeii City via www.emaze.com

Pompeii terletak di dekat dengan kota Napoli, yang kini berada di wilayah Campania, Italia. Pemerintahan kota Pompeii berakhir karena letusan gunung berapi Vesuvius pada 24 Agustus 79, yang menghancurkan seluruh peradaban. Setelah terlupakan selama 1700 tahun, Pompeii ditemukan lagi 1748. Sisa-sisa peradaban Pompeii, selain menawarkan artefak berupa bangunan yang penuh dengan goresan seni, juga menawarkan pemandangan artefak tubuh manusia yang sudah menjadi batu. Duh, kalau itu jadinya indah atau seram ya?

4. Xanadu di Mongolia, tempat peristirahatan indah Kubilai Khan yang kini tinggal puing-puingnya saja

Xanadu atau Shangdu via www.roughguides.com

Kota ini dibangun di bawah kekuasaan Dinasti Yuan di China. Konon, Raja Kubilai Khan menjadikan Xanadu sebagai lokasi peristirahatanya di musim panas. Di Catatannya tahun 1275, Marcopolo mendeskripsikan Xanadu sebagai “a very fine marble palace, the rooms of which are all gilt and painted with figures of men and beasts and birds…” (Sebuah istana marmer yang sangat indah, ruangan-ruangan dengan dinding yang mengilat dan dihiasi lukisan manusia, binatang liar, dan burung-burung). Tapi puing-puing yang tersisa membuat imajinasimu harus bekerja ekstra keras untuk membayangkan definisi Marcopolo itu.

5. Angkor di Kamboja, Kota hilang terbesar di dunia. Keajaibannya sudah diakui oleh dunia!

Angkor City via www.getyourguide.com

Kalau kamu sudah pernah traveling ke Kamboja, pasti nggak asing dengan situs wisata Angkor Wat. Angkor merupakan kota pusat Kerajaan Khmer di abad ke 9 sampai 15 masehi. Lokasinya kini ada di dekat Siem Reap, dan menjadi salah satu dari keajaiban dunia. Angkor terdiri dari ribuan candi, sedangkan Angkor Wat adalah salah satu candi yang terkenal. Angkor adalah peradaban yang mengalami berbagai perubahan agama dari masyarakatnya. Saat ini, Angkor adalah peradaban kuno yang paling luas di dunia. Yah, meski kalau ke sana, turis-turis hanya tertarik pada Candi Angkor Wat saja sih.

6. Kota Ani di Turki. Dulu terkenal sebagai Kota 1001 Gereja, kini dikenal sebagai Kota Hantu saja

Ani City, kota 1001 Gereja via rebrn.com

Ani yang ini bukan nama istri dari mantan presiden kita, ataupun pacar Rhoma Irama di film jadulnya. Ani yang ini adalah ibukota kerajaan Armenia di abad ke 10 Masehi. Di masa kejayaannya, ada banyak gereja yang dibangun di kota ini, yang hingga saat ini sisa-sisa bangunannya bisa kamu temukan di Negara Turki. Peradaban di kota Ani berakhir setelah gempa bumi hebat terjadi di tahun 1319. Karena saking lamanya terlupakan, julukan Kota 1001 gereja berubah menjadi kota hantu.

7. La Ciudad Perdida di Kamboja, Kota Hilang yang sebenar-benarnya hilang. Meninggalkan misteri dan rasa penasaran~

La Ciudad Perdida via www.huffingtonpost.com

Meski diperkirakan lebih tua 6 abad dibandingkan Machu Picchu, tapi La Ciudad Perdida ini baru ditemukan di tahun 1972. Soalnya, kota ini disembunyikan hutan lebat selama ratusan tahun lamanya. Sekarang, kamu hanya bisa melihat pondasi batu raksasa, yang nggak bisa kamu perkirakan bagaimana dulu bentuk peradabannya. La Ciudad Perdida adalah peradaban bangsa Tayrona, yang dibangun di atas gunung. Kalau kamu suka yang misterius-misterius, serta penggemar film Indiana Jones, boleh lah La Ciudad Perdida menjadi destinasi impianmu selanjutnya.

8. Taman Babilonia ini konon keindahannya luar biasa. Tapi sampai saat ini lokasi pastinya belum tahu di mana

Babylon today via etc.ancient.eu

Konon beginilah reruntuhan Taman gantung yang belum ditemukan via tedytravel.com

Konon katanya taman gantung Babilonia ini adalah persempahan Kaisar Nebukadnezar untuk istri dan selir-selirnya. Kota Babylon yang menjadi salah satu kota penting di era bangsa Mesopotamia, terletak di negara Iraq, arah barat daya dari kota Baghdad. Keberadaan kota ini banyak disebutkan dalam kitab Injil, namun keberadaan taman gantung yang konon keindahannya menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno itu sampai sekarang belum dipastikan di mana.

9. Situs Trowulan di Mojokerto, bukti bahwa Kerajaan Majapahit memang ada dan pernah berjaya

Peninggalan sejarah di era Majapahit via permoto.wordpress.com

Kebangetan kalau kamu nggak tahu Kerajaan Majapahit ini. Padahal Patih Gajah Mada dan Sumpah Palapanya sudah menghiasi buku-buku sejarahmu sejak SD sampai SMA. Tapi kamu juga perlu tahu bahwa sisa-sisa peradaban Kerajaan Majapahit yang menjadi embrio dari NKRI itu masih bisa kamu lihat di Desa Trowulan, Mojokerto. Selain di sana ada patung Gajah Mada yang jadi referensi sosok Patih Gajah Mada di buku sejarah, kamu juga bisa melihat puing-puing kerajaan yang tersisa seperti candi, makam, kolam ikan, dan benda-benda sejarah lainnya. Karena artefaknya menyebar di berbagai sudut, ada dugaan bahwa desa Trowulan adalah kota metropolitan pada masanya. Ada yang sudah pernah ke sana?

10. The Sunken City of Baia di Italia, Las Vegasnya Romawi Kuno!

The Sunken City of Baia via www.city-discovery.com

Di zamannya dulu, The Sunken City of Baia adalah Las Vegasnya bangsa Romawi. Di kota ini, para kaum elit membuang-buang duit dan menikmati segala hiburan. Orang-orang besar seperti Cicero dan Julius Caesar konon katanya punya semacam vila di sini. Sayangnya, sekarang keindahan dan keelitan The Sunken City of Baia hanya tertinggal di dasar laut dan tersapu ombak. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus menyelam ke dasar Teluk Napoli.  Gara-gara perang, letusan gunung berapi, dan wabah malaria, Baia mulai menjadi kota kosong dan terabaikan hingga air lautpun menghapusnya dari peradaban manusia.

11. Chernobyl’s Ghost Cities, sisa-sisa kekejaman perang dingin yang menjelma jadi kota hantu. Kamu berani berkunjung ke sana?

Chernobly Ghost City via www.dailymail.co.uk

Kota ini letaknya di prypiat, yang kini menjadi wilayah negara Ukraina. Di era perang Nuklir, kota ini menjadi tempat hunian para orang yang bekerja di pangkalan nuklir (Chernobyl Nuclear Power Plant). Tapi setelah power plant nuklir meledak di tahun 1986, pemerintah Soviet mengevakuasi kota ini dan menjadikannya kosong tinggal puing-puing bangunan dan sisa peralatan nuklir. Sampai sekarang, kota ini masih belum tersentuh. Alih-alih menjadi hunian manusia, kota ini menjadi hunian binatang liar, dan tentunya hantu-hantu yang bergentayangan. Sekilas sih mirip kota Zombie di film-film~

12. Terakhir dan yang paling fenomenal, Kota Atlantis. Jangan Tanya lokasinya di mana. Karena keberadaan kota ini masih antara ada dan tiada

Konon Atlantis adalah peradaban terbesar di dunia. Kecerdasan bangsanya bahkan nggak bisa dibandingkan dengan kehebatan teknologi yang kita banggakan saat ini. Keberadaan Atlantis ini sudah disebut-sebut sejak era Plato. Sayangnya, sampai sekarang nggak ada bukti yang kuat untuk membuktikan apakah dia nyata ataukah dongeng belaka. Saking misteriusnya, banyak spekulasi soal Atlantis. Ada yang berpendapat Atlantis terletak di daerah Segitiga Bermuda di Samudera Atlantik, ada yang bilang Atlantis di timur tengah, dan bahkan ada yang bilang Atlantis itu sebenarnya di Indonesia. Terserah sih kamu percaya yang mana.

Karena manusia datang dan pergi setiap eranya, hati-hati bila posting sesuatu di media sosial. Karena bisa-bisa,  nanti kira-kira 5000 tahun lagi, timeline media sosialmu saat ini bisa menjadi situs sejarah yang dilestarikan oleh dunia. Hehe.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!