“Oh… Kamu dari Banten? Warganya Ratu Atut dong? Btw Banten ‘kan pusatnya santet, kamu pernah jadi korban santet nggak?”

Jika mendengar nama Banten, yang akan muncul di telinga kita mungkin memang bukan destinasi pariwisata. Tapi jangan salah sangka, Banten sebenarnya punya jauh lebih banyak dari hanya gubernur tersangka korupsi atau “budaya” santet. Provinsi paling ujung dari pulau Jawa ini juga diberkahi dengan wisata alam dan budaya yang istimewa. Ini menjadikan Banten sebagai destinasi yang tepat untuk liburanmu selanjutnya.

Biar kamu gak meremehkan provinsi ini lagi, kali ini Hipwee mau mengajak kamu berjalan-jalan keliling provinsi Banten. Tempat-tempat wisata kayak apa aja yang bisa kamu temukan di sana? Yuk kita lihat sama-sama!

1. Jelajahi hutan hujan tropis di Taman Nasional Ujung Kulon, “rumah aman” bagi spesies badak Jawa yang langka

Badak Jawa di Ujung Kulon via djursh.blogspot.com

Berpapasan dengan badak Jawa yang amat langka dan pemalu di Taman Nasional Ujung Kulon adalah pengalaman yang belum tentu bisa kamu rasakan lebih dari sekali seumur hidup. Cuma di Ujung Kulon, badak Jawa yang jumlahnya tinggal puluhan ekor itu bisa hidup dan berkembang biak. Makanya, pengalaman menjelajahi TN Ujung Kulon sama sekali gak boleh kamu lewatkan.

Advertisement

Beberapa pulau indah dengan eksotismenya masing-masing telah menunggu untuk kamu gagahi. Jadi, kenapa ragu untuk berkunjung ke sini? Toh, kamu gak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjelajahi kawasan ini.

2. Ada Krakatau yang menjulang di tengah Selat Sunda, menantimu lihat keindahannya.

Keindahan Krakatau via www.lintas.me

Krakatau memang menjulang sendirian di tengah Selat Sunda, tapi kamu gak usah ikut-ikutan menyendiri. Sebab, liburan ke tempat ini justru lebih enak rame-rame bareng pacar dan teman-teman. Sambil menikmati panorama Krakatau yang luar biasa, sambangi juga pulau-pulau sekitarnya yang gak kalah menariknya. Biaya buat menjelajahi keindahan Krakatau juga gak mahal, kok!

3. Beloklah ke Pantai Tanjung Lesung, di mana kamu bagai memiliki pantai pribadi saking sepinya wilayah ini

Pantai Tanjung Lesung via nusapedia.com

Tidaklah muluk-muluk jika indahnya pantai Tanjung Lesung diibaratkan seperti kemolekan gadis manis berlesung pipi. Pantai cantik ini memang istimewa. Meski punya fasilitas lengkap sebagai kawasan wisata, pantai di kawasan Pandeglang ini masih terasa sepi. Rasanya jadi kayak punya pantai pribadi, deh.

Kalau tertarik, kamu juga bisa mengeksplorasi keindahan Pulau Liwungan yang bisa ditempuh dengan perahu motor selama 30 menit. Di kejauhan, siluet gunung Krakatau tampak membelah cakrawala.

4. Buat yang baru menikah, Pulau Umang pas banget jadi tempat untuk kamu berbulan madu.

Pulau Umang via www.panoramio.com

Pulau Umang adalah sebuah pulau resort yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Fasilitas resort yang lengkap bersinergi secara harmonis dengan pulau yang cantik, bikin tempat ini cocok menjadi destinasi bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Kalau kamu suka snorkeling, ada beberapa spot keren di sekitar Pulau Oar yang jaraknya cuma lima menit naik perahu dari Pulau Umang.

5. Ingin berwisata bahari yang elok tapi gak jauh? Di balik tampaknya yang sederhana, Pulau Tunda adalah surganya wisata bahari Laut Jawa.

Pulau Tunda via udaindra.blogspot.com

Buat backpacker yang serba irit, Pulau Umang mungkin agak out of budget. Tenang, ada pulau lain di utara Teluk Banten yang bisa kamu sambangi ala backpacker, namanya Pulau Tunda. Pulau ini memang bukan termasuk pulau tujuan wisata, gak heran kalau kesederhanaan menaungi pulau ini. Tapi, jangan remehkan pemandangan pulau, pantai, serta bawah airnya. Dijamin keren deh!

6. Saksikan juga burung-burung liar terbang dengan bebas di Cagar Alam Pulau Dua.

Cagar alam Pulau Dua via nurulnoe.com

Gimana rasanya menyaksikan burung-burung liar terbang bebas tanpa sangkar yang mengungkung mereka? Di Cagar Alam Pulau Dua, Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, ribuan burung dari Asia, Afrika dan Australia bermigrasi ke tempat ini untuk berkembang biak. Makanya, melakukan birdwatching di tempat ini bakal menjadi pengalaman yang unik karena kamu bisa menemukan beragam spesies burung dari berbagai belahan dunia.

7. Di balik sibuknya pelabuhan Merak di Cilegon, pemandangan yang asri dengan udara yang bersih tersembunyi di Gunung Batu Lawang.

Pemandangan daru Gunung Batu Lawang via www.anggiagistia.com

Cilegon memang identik dengan pelabuhan, tepatnya Pelabuhan Merak yang menjadi nadi transportasi dari dan ke pulau Sumatera. Tapi, di balik sibuk dan riuhnya daerah ini, sebuah tempat yang tenang dan asri tersembunyi di daerah pegunungan. Naiklah ke Gunung Batu Lawang, kamu akan menemukan udara segar serta pemandangan yang hijau, meski berada gak jauh dari hiruk pikuk pelabuhan.

Tentu saja, kamu mesti menaklukkan jalur yang cukup menantang untuk sampai ke puncaknya. Tapi, panorama menarik dari puncak telah menanti. Kamu bisa menyaksikan kapal-kapal ferry yang merapat ke dermaga, kota Cilegon dan kawasan industrinya, serta Selat Sunda yang habis di batas cakrawala.

8. Pemandangan air terjun yang istimewa juga bisa kamu temukan di beberapa tempat, salah satunya di air terjun Cigumawang.

Curug Cigumawang via ivanfirly.blogspot.com

Tak hanya wisata alam berupa pantai, pulau dan bukit, Banten juga memiliki beberapa air terjun yang menarik untuk disambangi. Salah satunya adalah air terjun Cigumawang yang terletak di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Gemuruh air yang jatuh dari ketinggian 40 meter ini tampak elok dengan cahaya yang membias membentuk pelangi di dasar air terjun.

9. Petualangan yang berbeda bisa kamu rasakan saat menyusuri Rawa Danau dengan sebuah sampan.

Satu lagi cagar alam di Banten yang disebut dengan Rawa Danau atau Rawadano. Kawasan ini unik karena merupakan hutan air tawar terbesar di pulau Jawa. Jika ingin menyusuri kawasan ini, kamu bisa menaiki sebuah sampan kecil yang akan membawamu berkeliling menyaksikan hutan dengan berbagai satwa yang mendiaminya, seperti gerombolan kera dan berbagai spesies burung. Tapi, hati-hati karena lintah bisa menempel di kulitmu.

10. Melipir ke selatan, temukanlah jajaran pantai-pantai eksotik yang menghadap langsung ke Samudera Indonesia seperti Pantai Sawarna.

Pantai Sawarna via www.wisata.eu

Di sepanjang pesisir selatan, Banten juga dianugerahi dengan pantai-pantai nan eksotis. Salah satunya adalah pantai Sawarna yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai ini menjadi bagian dari kawasan wisata pantai yang terintegrasi dan dikelola dengan baik. Makanya, gak heran kalau banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

11. Menapaki sejarah memang mengasyikkan. Kunjungi Kota Kuno Banten Lama yang menjadi saksi bisu sejarah dari Kesultanan Banten.

Kawasan Banten Lama via winnyradc.wordpress.com

Sebagian dinding-dinding bangunan di Kota Banten Lama tampak dimakan usia. Merekalah sisa-sisa kejayaan Kesultanan Banten di masa silam. Tempat ini terletak di Di Kabupaten Serang. Di kawasan ini, ada sejumlah marka tanah yang bisa kamu tengok, seperti Benteng Surosowan, Masjid Agung Banten, Museum Kepurbakalaan, Keraton Kaibon serta Vihara Avalokitsvara.

12. Banten juga tenar dengan kearifan lokal masyarakat tradisionalnya, seperti yang dianut oleh komunitas masyarakat Baduy di Desa Kanekes.

Kehidupan suku Baduy via dayensobarna.wordpress.com

Banten juga kental dengan beberapa tradisinya. Salah satunya yang menarik wisatawan adalah kearifan lokal yang dipegang teguh oleh Suku Baduy atau Kanekes dari desa Kanekes yang terletak di kaki pegunungan Kendeng, Lebak. Meski mengisolasi diri dari pengaruh dunia luar, Suku Baduy Luar telah beradaptasi dengan kehidupan modern, jadi mereka gak malu-malu dengan kehadiran wisatawan.

Meski begitu, mereka tetap memegang teguh ajaran leluhur yang diwariskan turun temurun, Lewat mereka, kita diajarkan untuk hidup bersinergi dengan alam tanpa mencemarinya.

13. Mumpung lagi di Banten, jangan lewatkan atraksi debus yang mendebarkan. Beranikah kamu menyaksikannya tanpa berkedip?

Atraksi Debus di Banten via kabartangsel.com

Para penampil debus akan bikin kamu berdecak kagum sampai menutup mata. Gimana nggak? Atraksi yang mereka tampilkan memang unik, bahkan tak jarang brutal dan masokis. Mereka memamerkan ilmu kekebalan tubuh dengan menyayat atau mengoleskan api di kulit sendiri, berguling di atas serpihan beling, menginjak paku atau bara api menyala, bahkan sampai menyiram tubuh dengan air keras. Hebatnya, mereka sama sekali gak terluka atau merasakan sakit. Berani menonton tanpa berkedip?

14. Mencicipi citarasa kuliner khasnya dengan lidahmu membuat Banten tak pernah pergi dari ingatanmu.

Sate Bandeng khas Banten via devisumili.blogspot.com

Setelah melihat, mencium, dan menyentuh berbagai destinasi istimewa di Banten, belum lengkap rasanya jika kamu belum mencecap citarasa kuliner khasnya. Cobalah cicipi berbagai menu kuliner khas Banten, seperti rebeg dan nasi sumsum dari Serang, sate bandeng, serta sate bebek khas Cibeber. Lewat rasa, kamu akan terus mengingat Banten dalam benakmu.

Sebenarnya, masih banyak potensi wisata lainnya yang dimiliki Banten. Tentunya akan Hipwee ulas lain waktu. Nah, sambil mengisi waktu, kasih tahu dong destinasi wisata favoritmu di daerah Banten!