Jalan-jalan berdua bareng orang yang kamu sayangi memang seru. Apalagi, kamu bisa melihat kepribadian pasanganmu yang sesungguhnya setelah kalian menghabiskan waktu berdua dengan traveling. Gak cuma itu, setelah kalian berhasil melalui segala kesulitan yang menghadang kalian selama traveling, ikatan yang ada di antara kalian juga bakal semakin kuat.

Lantas, jalan-jalan macam apa yang bisa kamu lakukan berdua bersama kekasihmu? Manfaatkan saja ide-ide traveling seru, romantis, dan berkesan berikut ini untuk membuat pacarmu makin cinta.

1. Bercengkerama dengan kupu-kupu aneka warna di Taman Kupu-Kupu Bali.

Bercengkerama dengan kupu-kupu

Bercengkerama dengan kupu-kupu via littlebalilove.com

Advertisement

Bermimpi untuk datang ke taman negeri dongeng yang riuh dengan kupu-kupu aneka warna beterbangan? Kamu bisa mengajak pacarmu ke Taman Kupu-Kupu yang terletak di Tabanan, Bali, ini. Taman ini bukan sekadar tempat wisata, tapi juga berperan sebagai tempat pengembangbiakan dan penangkaran kupu-kupu, yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia.

Momen yang paling baik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari, saat kupu-kupu sedang aktif mencari makan dari satu kuntum bunga ke kuntum yang lain. Ajak mereka bercengkerama; biarkan mereka hinggap dan bermain di jemarimu, dan kamu akan menemukan negeri dongengmu sendiri.

2. Melepas tukik kembali ke samudera di Ujung Genteng, Sukabumi.

Melepas tukik kembali ke samudera

Melepas tukik kembali ke samudera via untung09.wordpress.com

Menghargai alam dan kehidupan dengan segala pesonanya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengunjungi area konservasi penyu di Pantai Pangumbahan,Ujung Genteng, Sukabumi. Dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari Jakarta, di tempat ini kamu bisa menyaksikan sejumlah telur penyu di penangkaran, proses penyu bertelur di malam hari, sampai melepas tukik-tukik yang baru satu malam menetas.

Advertisement

Ajak dia untuk melepas seekor tukik dari tangannya. Memandang tukik-tukik yang terseok di atas pasir menuju samudera luas membuat kita sadar, bahwa makna hidup adalah untuk berjuang. Dijamin, pemandangan luar biasa ini bakal terekam di benak dan memberi makna mendalam bagi kalian berdua.

3. Menyentuh nirwana di Puncak Suroloyo, Kulon Progo.

Pemandangan di Puncak Suroloyo

Pemandangan di Puncak Suroloyo via solehudin91.blogspot.com

Ingin mengecap rasanya menjejak negeri di atas awan bareng pasangan? Gak perlu jauh-jauh mendaki gunung kok. Tak jauh dari Yogyakarta, ada nirwana yang tersembunyi di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, bernama Puncak Suroloyo. Konon, Puncak Suroloyo dulunya adalah lokasi pertapaan penguasa Tanah Jawa, yaitu Sultan Agung.

Menanti sunrise di Puncak Suroloyo bakal menjadi momen yang menakjubkan. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, kamu bisa memandang empat gunung–Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro–serta Candi Borobudur yang tertutup kabut dari kejauhan. Magis, sekaligus romantis.

4. Turun tangan berdua demi menjaga keasrian bumi di Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu gak hanya menawarkan panorama alam yang memikat dengan pantai-pantainya yang eksotis, tapi juga menjadi wadah bagi pelestarian alam bahari. Selain menjamah pantai berpasir putih dan lautnya yang jernih, kamu juga bisa mengajak pacarmu untuk sadar lingkungan, lho. Caranya yaitu dengan ikut berpartisipasi menanam mangrove di sekitar pantai.

Pohon bakau berperan penting menjaga ekosistem dan menahan abrasi pantai. Jadi, kenapa gak ikut menanam mangrove dengan tanganmu sendiri? Selain menumbuhkan rasa cinta lingkungan, menanam mangrove juga bisa menjadi pengalaman menarik buat kalian berdua.

5. Menyambangi romantisme pesta rakyat di Pasar Malam Sekaten, Yogyakarta.

Pasar malam Sekaten Yogyakarta

Pasar malam Sekaten Yogyakarta via wisata.kompasiana.com

Setuju gak kalo Jogja itu ngangenin? Nah, setiap tahun, ada event pesta rakyat Sekaten yang digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Alun-alun utara Keraton Yogyakarta pun disulap menjadi arena pasar malam dengan ramai dengan berbagai wahana yang ‘wong cilik’ banget. Tapi, justru di situ kamu dan pasanganmu bisa merasakan kebahagiaan dalam kesederhanaan warga Yogyakarta.

Ajak dia berkeliling Pasar Malam sambil makan gulali dan jajanan lain yang murah meriah. Kalau berani, naiki wahana-wahana rakyat yang seru tapi kadang bikin takut juga karena safety-nya gak terjamin. Gak papa, kalo dia takut, kamu jadi bisa menenangkannya dengan pelukan, bukan?

6. Road Trip ke Puncak saat akhir pekan.

Sabar melalui kemacetan

Sabar melalui kemacetan via taufik-tobar.blogspot.com

Jalan ke arah Puncak saat akhir pekan kan macet banget? Justru itu, kamu dan pacarmu bisa merasakan perjuangan melalui kemacetan berdua. Seperti yang Hipwee ungkapkan di awal, di situasi menyebalkan seperti inilah muncul watak asli dari kamu dan pasanganmu. Keadaan ini bisa kamu gunakan untuk menguji, apakah masing-masing dari kalian bisa mengendalikan temperamen dan tetap adem sepanjang perjalanan? Ketika kalian bisa menguasai situasi yang bikin pegal itu tanpa jadi ‘panas’, suasana Puncak bisa kalian nikmati berdua dengan sunggingan senyum.

7. Merasakan sensasi pedas di Warung Indomie Abang Adek, Jakarta.

Mie Abang Adek

Mie Abang Adek via www.perutgendut.com

Jalan-jalan gak mesti wah; ia bisa sesederhana mlipir ke warung makan yang gak biasa. Contohnya, Warung Indomie Abang Adek yang terletak di Jl. Mandala Utara No. 8, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat ini. Sensasi pedas dari Indomie goreng maupun rebus yang dimasak dengan cabe bejibun ini bakal bikin konsumennya kepedasan dengan 5 level yang berbeda.

Hayo, masihkan kamu menyayanginya begitu melihat wajah jeleknya yang kepedasan makan Indomie goreng level garuk ke atas? Atau, kamu justru mengusap peluh yang yang membanjiri wajahnya yang nelangsa itu sambil tertawa?

8. Menyuapi gajah di Hutan Langkat.

Memberi makan gajah

Memberi makan gajah via travel.detik.com

Berada di area Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara, daya tarik wisata Kabupaten Langkat jelas gak bisa diremehkan. Di daerah Tangkahan, kamu gak cuma disuguhi pemandangan hutan tropis dengan topografi berbukit, tapi juga bisa bercengkerama dengan gajah-gajah yang ada di penangkaran.

Meski berukuran raksasa, gajah-gajah ini terbiasa berinteraksi dengan manusia. Kamu juga bisa memberi makan mereka pisang kepok. Gak perlu ragu untuk meyakinkan pasanganmu kalo gajah-gajah di sini cukup ramah untuk menerima makanan langsung dari tangannya.

9. Memandang gemerlap city light kota Bandung sembari menikmati jajanan khas Sunda.

Pemandangan dari Bukit Moko, Bandung

Pemandangan dari Bukit Moko, Bandung via www.wattpad.com

Gak cuma pusat kota Bandung yang menarik untuk ditelusuri, pinggiran kotanya juga menawarkan nuansa yang romantis sebagai tempat kabur bagi kamu dan pacarmu. Nikmati dinginnya udara malam di Bukit Moko, di mana kelip lampu kota Bandung menghampar 180 derajat. Nuansa sunyi makin lengkap dengan secangkir kopi panas dan jajanan khas Sunda. Jangan lupa sampirkan jaket ke bahu kekasih tercinta biar dia gak masuk angin.

10. Mengenal pasangan dalam versi paling jujur, camping berdua di tepi Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo via www.gopixpic.com

Surga di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, memang tidak bisa disangkal keindahannya. Dicapai dengan usaha ekstra yang melelahkan, Ranu Kumbolo adalah tempat di mana setiap tabir pasangan akan tersingkap. Gunung memang punya daya magis untuk membuat kita jujur sebagai manusia.

Apakah kamu dan pasanganmu akan pulang dari sana sebagai orang yang sama? Akankah kalian menemukan makna yang menjadikan dirinya semakin terasa berharga? Cuma kalian yang bisa menjawabnya.

Dengan sedikit kreativitas, kita bisa menciptakan ide jalan-jalan seru yang bikin pacarmu makin sayang. Buat destinasi romantis lainnya, intip aja di artikel Tempat Wisata Lokal Nan Romantis yang Layak Kamu Kunjungi Bareng Pacar. Tunggu apa lagi, yuk dah ajak pacarmu jalan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya