Artikel ini adalah hasil partnership antara Tiket.com dan Hipwee. Tempatmu bisa menemukan harag termurah untuk tiket dan hotelmu.

Sebagai mahasiswa kita-kita ini harus pandai-pandai memutar otak soal berbagai perkara. Salah satunya adalah tentang budget yang mepet saat hasrat jalan-jalan menggelora. Biar uang saku dari orangtua gak menguap begitu saja dan tetap bisa jalan-jalan, tentu harus ada seninya dong?

Nah, buatmu yang masih belum bisa mandiri sepenuhnya karena masih berstatus mahasiswa kali ini Hipwee dan Tiket.com sudah siapkan 4 destinasi yang seru dan tentunya gak bikin dompetmu merana. Penasaran mana saja?

1. Bandung yang terkenal dengan ambience artsy khas anak muda bisa memberimu kesempatan jalan-jalan yang berbeda

Artsynta Bandung memang gak ada duanya via roi-radio.com

Bosan dengan hiruk pikuk kota yang penuh dengan kemacetan dan desain bangunan yang kaku? Tapi terlalu malas untuk berkendara jauh demi mengusir kesuntukan? Kalau begini yang terjadi, Bandung layak jadi tujuanmu melangkahkan kaki.

Mulai dari menyusuri Jalan Dago yang penuh dengan factory outlet dan cafe. Sampai menikmati nuansa tradisional Bandung di Saung Angklung Udjo — akan memberimu ambience traveling yang beda dari biasa. Bukan cuma memanjakan mata di tengah bangunan Bandung yang artsy, traveling ke kota ini juga masih cukup aman bagi kantungmu. Kalau berangkat dari kota di Pulau Jawa 500-800 ribu saja sudah cukup untuk akomodasi seluruhnya.

Apalagi kalau kamu memanfaatkan promo hotel long weekend yang Tiket.com punya.

2. Jogja memang gak ada matinya. Di sini eloknya alam dan keseruan khas yang bersahaja bisa membuka mata

Eloknya alam Jogja. Ah, gak ada matinya… via www.39voices.com

Siapa sih yang gak jatuh hati saat diajak bicara soal Jogja? Di kota yang satu ini kebersahajaan seakan punya arti sendiri. Kamu bisa menemui mall-mall besar di kota ini. Tapi tetap mendapati senyum hangat dari tukang becak, Ibu penjual gudeg, dan penjaja mie Jawa yang ditemui. Semua nampak sederhana di sini.

Di Jogja banyak banget yang bisa kamu lakukan saat long weekend tiba. Main di Prambanan, mengejar sunset di Ratu Boko, sampai mengunjungi pantai-pantai apik di Wonosari bakal bikin liburanmu gak membosankan lagi. Sssst…selain itu harga di kota ini terkenal miring dan bersahabat buat kantung mahasiswa. Kamu bahkan masih bisa makan dengan uang 10 ribu saja!

Soal akomodasi hotel juga gak perlu bikin kamu sakit kepala. Jogja terkenal dengan hotel-hotel murahnya. Kalau gak percaya cek aja Tiket.com yang memberimu promo hotel buat jalan-jalan ke Jogja.

3. Gak jauh dari Jogja — magisnya Semarang juga tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Segera

Semarang dan semua kemagisannya via www.dotsemarang.com

Beberapa jam saja dari Jogja, Semarang menunggumu untuk membuka tabir magisnya. Di kota yang terkenal dengan asimilasi budaya Jawa dan Peranakan ini banyak sekali objek wisata menarik yang layak dikunjungi. Sebut saja Lawang Sewu, Simpang Lima, sampai Masjid Agung Jawa Tengah yang sudah tersohor namanya.

Bukan cuma destinasi wisata saja. Kuliner Semarang juga terkenal murah dan yummy. Kamu-kamu yang berasal dari Jakarta atau Bandung gak perlu pusing kalau traveling ke sini. 600 ribu bisa cukup untuk total akomodasi selama 2 hari. Berangkat dari Jogja dengan kendaraan sendiri? Bisa lebih murah lagi! Booking saja hotel dari Tiket.com yang potongan harganya cukup menarik di long weekend nanti.

4. Bukan cuma di Indonesia saja. Kuala Lumpur juga masih bersahabat kok buat kantung kita para mahasiswa

Pengen ke luar negeri? Kenapa gak ke KL saja? via imackario.com

Takut mahal kalau liburan ke luar negeri? Hmmm sebenarnya nggak juga sih. Asal pintar memilih destinasi budgetmu dijamin masih aman terkendali. Terlebih sekarang negara-negara ASEAN sudah menawarkan fasilitas bebas Visa buat datang ke negaranya. Berbekal paspor dan tiket dari budget airlines agenda melancong internasional bukan lagi jadi fiksi.

Di KL, dengan budget yang terbatas banyak tempat yang bisa dikunjungi. Kamu bisa mengunjungi ikon kota Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas, Gua Batu, Chinatown dan yang lainnya. Soal bahasa, tentunya bukan masalah buat orang-orang Indonesia. Transportasi umum di sana juga terbilang banyak dan mudah kok!

Gimana biar bisa berhemat dalam trip ini? Pesan tiketmu menginap via web terpercaya yang menawarkan banyak potongan harga macam Tiket.com. Sisanya, pintar-pintar saja cari tiket promo dan makanan yang tak begitu mahal.

Kalau ternyata semudah ini, yakin kamu mau gak ke mana-mana saat long weekend nanti?