Internet telah banyak mengubah cara hidup manusia. Dari buku, kini kamu sudah bisa menemukan atau bahkan berbagi cerita melalui blog. Sama halnya dengan mereka yang gemar menjamahi puncak-puncak gunung, catatan pendakian dan tips mendaki adalah harta berharga yang bisa dibagikan kepada sesama pendaki.

Dari sekian banyak pendaki yang menuliskan kisahnya di blog, manakah yang layak untuk kamu ikuti? Nah, Hipwee sempat menyambangi sejumlah blog pendaki yang menginspirasi, dan inilah beberapa di antaranya.

1. Wira Nurmansyah: wiranurmansyah.com

Wira Nurmansyah via www.wiranurmansyah.com

Pemandangan puncak-puncak gunung yang dijepret lewat kamera oleh Wira Nurmansyah memang racun dunia, bikin kamu pengen naik gunung saat itu juga. Wira Nurmansyah adalah seorang pendaki sekaligus traveler yang membagikan cerita dan foto-foto kerennya lewat blog fotografi travelnya: wiranurmansyah.com.

Dengan bahasa yang ringan dan sederhana, kamu pasti bisa segera jatuh cinta pada tulisannya. Dia memang tak melulu membahas tentang gunung, tempat-tempat indah lainnya di Indonesia pun dibahasnya di sela-sela pekerjaannya. Tapi, blognya layak dijadikan referensi kalau kamu ingin menemukan cerita atau tips tentang mendaki gunung.

2. Jalan Pendaki: jalanpendaki.com

Advertisement

Acen Trisusanto via www.jalanpendaki.com

Jalan Pendaki adalah sebuah blog yang digawangi oleh Acen Trisusanto, sorang petualang dan pendaki gunung. Meski di foto profilnya ia tampak malu-malu dengan wajah ditutup mirip cowok yang barusan ke-gep selingkuh oleh ketua RT setempat, caranya bercerita di blog jauh dari kata malu. Dengan gaya bertutur yang komikal, kamu gak cuma dibawa tenggelam dalam kisahnya, tapi juga tertawa terpingkal-pingkal dengan kejenakaanya.

“Jalan Pendaki mengambil sisi paling lucu dari kegiatan pendakian gunung dan aktivitas traveling tanpa menghilangkan fokusnya dalam mempromosikan tempat-tempat yang telah dijelajahi.”

Acen telah menjelajahi lebih dari 15 gunung di Indonesia dan berhasil menampilkan sisi kocak dari setiap kisahnya. Tips-tipsnya juga sangat bermanfaat untuk kamu jadikan referensi.

3. Simply Indonesia: simplyindonesia.wordpress.com

Simply Indonesia via simplyindonesia.wordpress.com

Blog Simply Indonesia adalah blog traveling yang ditulis dengan apik oleh seseorang yang sangat low profile. Mencari tahu siapa orang di balik blog ini tuh udah kayak nyari jodoh: susah ditebak. Hipwee pun cuma tahu bahwa namanya panggilannya Bem atau Bembi. Meski namanya seimut anak rusa dalam cerita Disney, orang ini ternyata mas-mas tulen.

Dibumbui lelucon yang jarang garing, Bembi menuliskan kisah perjalanannya dengan begitu detil. Membaca sebuah artikel di blognya itu kayak membaca novel Harry Potter: panjang, tulisan semua, tapi begitu menarik sehingga kamu ingin membacanya sampai habis. Di blog ini, kamu bisa menemukan sejumlah catatan pendakian serta tips mendaki yang dikemas dengan cara yang unik.

4. Ransel Hitam: ranselhitam.com

Ransel Hitam via ranselhitam.com

“Pacarilah pendaki gunung, Nduk!”

Itulah salah satu pesan yang disampaikan oleh Elisabeth Murni atau yang akrab dipanggil Sash ini lewat blognya yang bertajuk Ransel Hitam. Sash adalah seorang anggota mapala, pendaki dan penjelajah yang selalu antusias menangkap keelokan Indonesia dari berbagai sudutnya. Lewat blog miliknya, ia membingkai kisah perjalanannya dengan runtut plus bahasa ringan, membuatnya menarik untuk dibaca.

Tengoklah beberapa tulisannya tentang gunung yang menginspirasi untuk mendaki, seperti “Patah Hati? Mendaki Gununglah!maupun cerita serunya saat menjajaki Gunung Andong. Kamu pasti akan ketagihan membaca tulisan-tulisannya.

5. Belantara Indonesia: belantaraindonesia.org

Belantara Indonesia via www.belantaraindonesia.org

Inilah salah satu blog yang dikelola oleh sekumpulan anak muda pecinta mendaki. Di sinilah kamu bisa menemukan beragam konten tentang mendaki gunung. Mulai dari catatan pendakian, tips, serta informasi yang dibahas secara ringkas. Bukan hanya indahnya, tapi kadang sisi mistis dari gunung juga ditonjolkan dalam tulisan-tulisan mereka.

Belantara Indonesia bahkan menyediakan jasa sherpa atau pemandu pendakian yang berpengalaman. Jadi, kalau kamu ingin mendaki ke suatu tempat tapi ragu karena gak ada yang memandu atau sekadar mencari informasi pendakian, coba aja mampir ke blog ini.

6. Pendaki Gunung: pendakigunung.org

Pendaki Gunung via pendakigunung.org

Sejumlah catatan pendakian dari gunung-gunung di Indonesia telah diarsipkan oleh blog ini. Memang, pengelola blog ini cuma satu orang yang bernama Stanislaus Riyanta. Tapi, tulisannya diperkaya oleh tulisan pendaki lainnya yang mengirimkan karyanya ke blog ini. Jadilah sebuah blog yang sarat dengan kisah pengalaman sejumlah pendaki dalam menjelajahi puncak-puncak gunung.

7. The Bluetripper: bluetripper.com

The Bluetripper via www.bluetripper.com

Hipwee kurang paham siapa orang di balik bluetripper.com ini—mungkin dia memang sengaja gak menampakkan diri. Tapi yang jelas, blog ini layak kamu intip sesekali. Banyak informasi dan tips yang penting dan menarik seputar pendakian yang diulas pada artikel di blog ini. Misalnya, gimana cara mengatasi altitude sickness atau Acute Mountain Sickness, tips mendaki sendirian, sampai tips menulis catatan pendakian juga dibahas di sini. Tentunya bakal nambah pengetahuanmu tentang mendaki, dong.

Itulah beberapa blog pendaki yang bisa kamu jadikan referensi dalam menggapai puncak gunung. Apakah blog pendaki favoritmu belum masuk? Bagiian aja langsung ke pembaca di kolom komentar.