Udah selesai kan santai-santai lebarannya? Hidupmu harus diisi aktivitas kembali. Sekarang kamu harus mikirin lagi apa yang harus kamu lanjutkan ke depannya. Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin ngelanjutin kuliah, kamu akan memulai kehidupan barumu sebagai mahasiswa. Jika tidak tentu kamu akan fokus untuk mencari pekerjaan. Nah, nggak sedikit yang terbesit dipikirannya untuk kuliah atau bekerja di luar daerah kan? Artinya, kamu akan menjadi perantau! Wah deg degan.

Eits, buat kamu yang baru pertama kali merantau ke kota lain, jangan takut! Justru kamu harusnya bersyukur bisa dapetin kesempatan buat ngerasain keranekaragaman ibu pertiwi! Banyak loh yang pengen ke luar daerah juga tapi nggak kesampaian! Udah siap memulai petualangan barumu?!

Siapkan dokumen pentingmu untuk perjalanan ataupun untuk kebutuhan kamu nantinya. Nggak rela kan ketinggalan pesawat karena harus balik lagi?

Cek dokumen berhargamu sebelum berangkat! via id.campaign.samsung.com

Seringkali karena saking mikirin perjalanan kamu nanti, barang-barang penting yang harus kamu bawa malah lupa. Dokumen-dokumen penting jangan sampai ketinggalan karena waktu buat balik lagi ke rumah nggak sebentar! Nanti perjalanananmu malah gagal karna ngurusin yang beginian. Jangan sampai deh!

Perjalanan yang panjang butuh kesiapan lahir bathin. Obat-obatan juga perlu dipersiapkan biar nggak susah di jalan

Awas, yang mabok perjalanan! via virginiapublicradio.org

Advertisement

Namanya juga perjalanan pertama ke daerah orang. Kamu nggak bakal tau apa yang terjadi nantinya termasuk selama perjalanan. Kamu harus punya persiapan obat. Jadi nggak ada salahnya bawa obat-obatan ringan seperti anti mual, obat sakit perut, dan sakit kepala. Bisa berabe kalau tiba-tiba kamu sakit di jalan!

Peralatan mandi penting buat kamu yang bakal melalui perjalanan berhari-hari. Masa mau minjem sikat gigi sopirnya?

Peralatan Mandi itu penting via www.freegreatpicture.com

Peralatan mandi seperti sikat gigi, handuk, dan sabun penting buat disiapin sebelum berangkat. Perjalanan menggunakan bis yang tentu memakan waktu berhari-hari, masa nggak mandi-mandi? Gosok gigi ya minimal! Nggak mau berdua sama abang sopirnya kan sikat giginya? Iyuhh!

Bawa bekal dari rumah, karena kamu nggak bisa seenaknya minta berhenti buat beli makan di jalan

Bawa Bekal buat di Jalan ya via www.kammiairlangga.com

Medan perjalanan yang akan kamu lalui nantinya nggak bisa ditebak. Yaiyalah, ini kan baru pertama kali! Kalau kamu naik bis, bisa aja berjam-jam di pesawahan yang bahkan rumah warga aja nggak ada. Jadi siapin bekal dari rumah ya. Apalagi buat kamu yang naik pesawat. Psst, makanan di bandara mahal-mahal loh!

Nikmati perjalanan pertamamu, jangan pikirkan bagaimana agar kamu bisa sampai di tujuan secepatnya

Ini perjalanan pertamamu, jadi nikmati! via www.washingtonpost.com

For the first time! Kamu keluar dari tempurungmu! Pastinya perjalanan yang akan kamu lewati tak pernah kamu rasakan sebelumnya. Jadi nikmati! Coba lihat keluar jendela, banyak hal baru yang bisa kamu perhatikan. Pemandangan yang menyegarkan, deretan rumah-rumah, hutan yang berkelak kelok, garis pantai di ujung sana, yang mungkin biasa saja tapi terlihat amazing karna menjadi pengalaman pertama! Jangan cuma nunduk liatin gadget sambil menghitung waktu berapa lama lagi kamu akan sampai. Kesempatan jarang datang dua kali!

Abadikan perjalananmu dari awal, agar kelak kamu bisa mengenangnya kembali. Jangan cuma mantan aja yang dikenang.

Sesekali Abadikan Momen Perjalananmu via www.youtube.com

Sekarang gampang banget buat mengabadikan setiap momen berharga kamu. Nah, jangan lupa sempetin simpan momen-momen baru yang kamu dapatin selama perjalanan. Belum tau kan kamu bakal ngelakuin perjalanan yang sama nantinya. Bertahun-tahun kemudian, saat kamu liat lagi pasti bikin senyum-senyum sendiri.

Tidak ada salahnya berkenalan dengan orang baru, mana tau suatu saat dia akan menjadi jodohmu. Eh penolongmu.

Kenalan dong, Mana tau jodoh via www.rd.com

Masa depan siapa yang tau! Apalagi di daerah yang belum pernah kamu jejaki. Jadi nggak ada salahnya kamu berkenalan dengan orang-orang yang melakukan perjalanan yang sama. Bisa saja tujuan kamu sama dia sama. Bakal mempermudah keadaan kan? Jangan lupa minta kontaknya biar bisa kontek-kontekan! Siapa tau berlanjut ke pelaminan #eh.

Jadi udah siap untuk memulai petualangan barumu?! Jangan lupa, Abadikan setiap momen baru kamu ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!