Kira-kira, hal apa saja yang perlu kamu perhatikan saat memilih hotel? Meski bukan bagian paling menyenangkan dari traveling, memilih tempat menginap yang tepat adalah salah satu hal paling penting dalam persiapan liburan. Apalagi kalau kamu mau berkunjung ke tempat wisata yang ramai. Ingat, keperluan akomodasi bisa menelan biaya yang ‘lumayan’ dari keseluruhan bujet perjalananmu. Makanya, kamu harus memastikan bahwa uang yang kamu keluarkan untuk biaya menginap itu sepadan dengan apa yang kamu dapatkan.

Nah, daripada bingung, nih Hipwee beri kisi-kisi hal yang sebaiknya kamu perhatikan saat memilih tempat menginap!

1. Posisi menentukan prestasi. Pilihan lokasi hotelmu menentukan lancar tidaknya liburanmu

Gang di Sosrowijayan via ngarepburi.wordpress.com

Jika kamu diminta memilih antara hotel yang cukup mewah tapi berada di tempat yang gak strategis atau hotel melati di tempat strategis dengan harga yang setara, mana yang akan kamu pilih? Hipwee sih nyaranin kamu milih yang terakhir. Membayar demi lokasi yang strategis lebih baik daripada kemewahan yang gak terlalu perlu.

Saat berlibur, kamu gak akan menghabiskan waktu di hotel—kecuali kamu lagi bulan madu. Makanya, hotel yang kamu pilih seharusnya cukup dekat dengan tempat wisata, gampang nemuin tempat makan serta hiburan dalam jarak yang bisa kamu capai dengan jalan kaki. Contohnya, di Jogja ada Gang Sosrowijayan, Bali dengan Poppies Lane, dan Bangkok, Thailand dengan Khaosan Road-nya.

2. Kamu tidak akan mampu menjelajahi berbagai destinasi dengan berjalan kaki. Maka hotelmu harus dekat dengan moda transportasi umum atau pusat rental kendaraan

Advertisement

Mudah dicapai transportasi umum via www.panoramio.com

Waktu dan tenagamu saat liburan itu berharga banget, makanya jangan sia-siakan dengan memilih hotel yang akses transportasinya susah. Halte bus sebaiknya berada gak begitu jauh dari hotelmu. Tapi, kalau memang moda transportasinya sulit diandalkan, sebaiknya kamu mencari hotel yang punya akses mudah dengan rental kendaraan, baik motor maupun mobil. Dengan begitu, kamu bisa bergerak leluasa ke tempat-tempat wisata tujuanmu.

3. Sebelum memutuskan memesan kamar hotel, lihat dulu ulasan dari mereka yang sudah pernah menempatinya

Review hotel online via www.bestdiscounthotels.net

Di era yang serba online seperti sekarang, udah banyak situs web yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan ulasan atau review tentang hotel yang akan kamu tempati. Ulasan yang mendasar seperti fasilitas, kebersihan, serta pelayanan staf hotel bisa kamu cari tahu lewat situs-situs web seperti Agoda, Trip Advisor, Maupun Travbuddy.

Jangan gampang percaya pada situs web milik hotel, karena pasti menonjolkan yang bagus-bagus aja, namanya juga strategi marketing.

4. Setelah tiga hal di atas kamu pertimbangkan, saatnya menemukan hotel dengan tarif paling masuk akal

Pilih harga yang paling masuk akal via www.tripadvisor.com

Tiga poin di atas adalah hal mendasar yang harus kamu pertimbangkan saat memilih akomodasi. Setelah ketiganya memenuhi kriteriamu, barulah cari hotel yang menawarkan tarif paling sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Tarif yang diberikan biasanya juga tergantung dari kota tujuanmu sih. Misalnya, tarif hotel bintang 3 yang di-booking secara online di Solo biasanya lebih murah daripada Jogja atau Bali.

Kalau memungkinkan, kamu juga sebaiknya membandingkan tarif antara kamar yang termasuk sarapan dengan yang gak termasuk sarapan. Kalau beda harganya signifikan, mendingan kamu sarapan di luar.

5. Kamu harus tiba pagi-pagi buta? Cari tahu apakah hotel tempatmu menginap memperbolehkan check-in awal

Check in awal via uinnberlinhostel.com

Kereta api, bus, atau pesawat yang kita tumpangi gak selalu tiba di siang hari. Seringkali, transportasi yang kita tumpangi datang di jam yang nanggung: menjelang tengah malam atau pagi-pagi buta. Nah, biar kamu gak lama terkatung-katung ketika harus tiba pagi-pagi buta, coba tanyakan apakah hotel yang kamu tempati memperbolehkanmu melakukan check-in awal. Beberapa hotel biasanya ada yang bersedia kalau kamu meminta sebelumnya.

Tapi, kalau ternyata gak bisa check-in awal dan hotelnya udah pas banget sama kamu? Santai-santai dulu deh di lobi sampai kamarmu siap.

6. Keamanan juga menjadi syarat mutlak agar liburanmu berlangsung dengan tenang

tempat menginap yang nyaman via www.momtraveler.com

Kamu gak mungkin bisa liburan dengan tenang kalau keamanan barang-barangmu di kamar gak terjamin. Coba cek dulu, apakah di kamar hotelmu terdapat brankas untuk menyimpan barang berharga? Apakah lorong depan kamarmu punya penerangan yang baik? Lalu, apakah kunci kamarmu juga aman?

Jangan ragu untuk check-out kalau menurutmu hotel yang kamu tempati keamanannya gak terjamin. Yang lebih penting lagi, kalau bisa sih gak usah bawa barang-barang berharga.

7. Saat ini, WiFi sudah jadi sama pentingnya dengan air putih. Nah, apakah hotel tempatmu menginap punya fasilitas WiFi?

Ada wifi di hotel via edition.cnn.com

Era digital membuat internet menjadi sesuatu yang krusial. Terutama jika kamu liburan ke luar negeri di mana internetan lewat paket data ponsel bisa mahal luar biasa. Jadi, keberadaan sinyal WiFi sampai ke kamarmu itu penting, soalnya lewat internetlah kamu bisa tetap berkomunikasi dengan orang-orang di rumah yang ingin tahu kabarmu. Tapi, sebelumnya pastikan WiFinya gratis atau enggak untuk menghindari biaya ekstra.

8. Kamar mandi dalam belum tentu ada di setiap kamar hotel, lho. Lebih baik cari tahu dulu sebelum menyesal

Hotel degnan kamar mandi dalam via yestotravel.wordpress.com

Ya, gak setiap kamar hotel punya kamar mandi dalam. Kalau kamu berencana menginap di dorm hostel, bisa dipastikan kamu akan menggunakan sebuah kamar mandi untuk beramai-ramai. Hotel-hotel yang tarif kamarnya sangat murah juga kemungkinan gak memiliki kamar mandi yang menyatu dengan kamarmu.

Jadi, cari tahu dulu daripada akhirnya kamu malah gak nyaman dengan itu. Tapi, jika kamu gak masalah dengan itu, kenapa enggak? ‘Kan lumayan, bisa memangkas sedikit anggaran.

9. Terakhir, bandingkan layanan dan fasilitas yang diberikan dengan tarif yang mesti kamu bayar

fasilitas harus sesuai ya… via andrewandme.blogspot.co.id

Layanan dan fasilitas yang kamu butuhkan sebenarnya tergantung dari gaya hidupmu. Standarnya, tiap kamar punya sebuah pesawat telepon. Kamu juga mendapatkan handuk bersih, sandal, serta perlengkapan mandi. Tapi, gak semua hotel melengkapi kamarnya dengan televisi, kulkas kecil, atau pengering rambut.

Jadi, lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhanmu, biar kamu gak kecewa nantinya.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menginap di hotel mana. Dengan adanya internet, urusan riset ini pastinya jadi jauh lebih mudah.

Nah, apakah kamu juga memiliki pertimbangan lainnya dalam memilih hotel yang belum tercantum di atas? kalauKada, bantu Hipwee bagiin ke pembaca lewat kolom komentar, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya