Setelah Singapura, mungkin Malaysia adalah negara tetangga yang paling banyak menarik minat wisatawan Indonesia saat ingin plesir ke luar negeri. Selain biaya perjalanan ke negara ini cukup terjangkau, Malaysia juga punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa di antaranya adalah Twin Towers, Kawasan Bukit Bintang, Masjid Jamek, dan sederetan tempat lainnya.

Tapi bila diperhatikan lagi, rata-rata tempat yang didatangi masih berlokasi di Kuala Lumpur yang notabene adalah ibukota dari Malaysia. Padahal, kalau mau ditelusuri lagi, kota-kota lain di Malaysia pun tak kalah keren dibanding Kuala Lumpur. Nah, buat kamu yang sudah khatam dan bosan sama KL, ini lho tempat-tempat yang juga layak kamu kunjungi saat traveling ke Malaysia.

1. Buat kamu yang tertarik belajar budaya Melayu, luangkan waktumu berkunjung ke Kota Bharu

salah stau museum Kota Bharu via docgelo.com

Terletak sejauh 456 KM dari Kuala Lumpur, Kota Bharu dapat dijangkau baik dengan menggunakan bus atau pesawat. Lama perjalanan via darat ke kota ini adalah 8-10 jam sementara apabila jika kamu pergi dengan pesawat maka waktu tempuhnya hanya 1 jam saja. Berbeda dengan KL yang sudah sangat ramai, Kota Bharu menawarkan suasana yang cukup menenangkan. Di tempat ini pula kamu dapat menelusuri berbagai kebudayaan Melayu yang masih kental.

Di kota ini kamu dapat mengunjungi berbagai museum yang berisi tentang berbagai barang peninggalan budaya Melayu yang menarik untuk ditelusuri. Bangunan-bangunan sejarah bernuansa Eropa turut pula meramaikan suasana wisata di sana. Jangan lupa pula mengunjungi Pasar Siti Khadijah yang katanya merupakan spot asyik berburu kuliner khas kota ini. Selain tempat wisata kuliner, pasar tersebut juga disebut-sebut sebagai pasar paling unik dan berwarna.

2. Menyambangi Gunung Kinabalu bisa jadi pengalaman wisata tak terlupakan bagi kalian para pecinta alam

Advertisement

Gunung Kinabalu via mytravelmyfood.blogspot.com

Selain Kota Bharu, tempat lainnya yang juga layak kamu nikmati keindahannya adalah Kota Kinabalu. Secara umum objek wisata yang ditawarkan oleh Kota Kinabalu memiliki kemiripan dengan Kota Bharu, yakni museum dan wisata sejarah lainnya. Tapi khusus para pecinta wisata gunung, nampaknya keberadaan Gunung Kinabalu masih menjadi alasan mengapa kota ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Sebetulnya, jika dilihat dari letaknya, gunung ini masih berada di kawasan Kalimantan dan menjadi gunung tertinggi di sana. Namun secara teritorial, gunung tersebut adalah milik Malaysia. Ketinggian Gunung Kinabalu sendiri mencapai 4.100 mdpl. Menariknya, meskipun kamu adalah orang awam yang ‘miskin’ pengalaman mendaki kamu tetap bisa merasakan sensasi berdiri di puncak gunung. Keberadaan anak tangga yang berjejer rapi di sana membuat gunung ini seolah ramah didatangi oleh siapa saja yang penasaran dengan keindahan pemandangan dari atas sana.

3. Lengkapi pengalaman wisatamu dengan menjelajahi pantai-pantai indah di Pulau Langkawi

Pantai di Langkawi via www.thestar.com.my

Di Malaysia pun ada pula berbagai pantai nan indah yang sayang untuk dilewatkan bila kamu memang punya kesempatan berlibur di sana. Salah satunya adalah deretan pantai yang terletak di Pulau Langkawi. Untuk bisa menapaki keindahan pantai-pantai di sini, wisatawan dapat memilih berbagai moda transpotasi sesuai dengan keinginan, mulai dari udara, darat, dan laut.

Perjalanan darat sampai dengan Langkawi akan memakan waktu sekitar 6 jam jika menuju ke Kuala Kedah dan 7 jam jika menuju ke Kuala Perlis. Baru dari sanalah, wisatawan dapat menaiki kapal ferry sebelum akhirnya bisa tiba di Pulau Langkawi. Beberapa pantai yang wajib didatangi adalah Pantai Beringin, Pulau Rebak, dan Pulau Singa Besar.

4. Khusus buat kamu yang ingin memanjakan diri dengan berbelanja, Kota Kuching adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi segera!

monumen kucing di Kuching via blog.sarawakborneotour.com

Selain Kuala Lumpur tempat lainnya di Malaysia yang juga cukup populer adalah Kuching. Di sini wisatawan dapat berwisata dengan harga relatif murah karena selain hotel murah yang bertebaran di banyak tempat, jajanan kuliner, serta berbagai souvenir di daerah China Town juga semakin melengkapi kenikmatan berliburan di sana. Kuching juga menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat di Kalimantan Barat saat ingin berwisata barang dengan brand ternama.

Tidak hanya cocok dikunjungi oleh kamu yang gila belanja, Kuching yang juga sangat pas menjadi tempat wisata bagi yang menyukai tempat penuh ketenangan. Di tempat ini kesibukan masyarakatnya sudah mulai jarang terlihat semenjak pukul 8 malam. Meskipun kota ini menawarkan nirwana untuk mereka yang gemar berbelanja, bukan berarti untuk pecinta wisata alam akan dibuat bosan saat bervakansi ke sini. Keberadaan Bako National Park yang mirip dengan sejenis hutan yang di dalamnya terdapat koleksi flaura dan fauna yang menarik untuk dijelajahi.

5.  Nikmati serunya berwisata bersama keluarga atau teman-temanmu di berbagai theme park di Johor Bharu

theme park keren via zulfikaralex.com

Tidak hanya nama Kota Bharu yang sedang meroket popularitasnya di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Malaysia. Nama Johor Bharu pun turut menjadi primadona yang kini cukup menarik banyak perhatian. Jika Kota Bharu identik dengan wisata budaya, maka Johor Bharu menawarkan aneka theme park yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-temanmu.

Salah satu yang paling terkenal mungkin adalah Legoland. Theme park ini memang memiliki keunikan tersendiri karena di dalamnya menawarkan konsep mirip dengan permainan lego. Selain itu terdapat pula 40 wahana permainan terbaru yang dapat mengibur para pengunjung. Beberapa theme park lainnya yang wajib juga didatangi adalah Hello Kitty Town, Kebun Binatang Johor, serta The Little Big Club.

6. Desa kecil berhawa sejuk berpadu bangunan-bangunan khas Eropa dapat kamu temukan di Cameron Highlands

cameron highlands via www.advrider.com

Jika kamu adalah tipe wisatawan yang menyenangi tempat berlibur dengan nuansa khas pedesaan kecil, beberapa tempat di Malaysia juga seperti Genting Highlands dan Bukit Tinggi Pahang sangat cocok untuk disambangi. Tidak hanya kedua tempat tersebut, sebuah desa kecil bernama Cameron Highlands yang terletak 200 KM dari Kuala dan bisa dijangkau dalam waktu 4 jam layak menjadi alternatif destinasi liburan.

Daerahnya yang berada di atas ketinggan 1.500 mdpl menjadikan desa ini memiliki cuaca yang dingin. Tidak hanya cuaca saja, keindahan hamparan kebun teh dan padang golf di sekitar kawasan ini turut pula menambah pesona Cameron Highlands di mata para wisatawan. Bangunan rumah bergaya Eropa yang ada di sana siap menyambut kedatangan turis yang ingin melepas penat di desa kecil tersebut.

7. Jangan lewatkan kesempatan menelusuri bangunan-bangunan tua yang terawat baik di Melaka

Melaka yang istimewa via seekingfelicity.com

Salah satu keunggulan Malaysia dalam mengelola pariwisatanya adalah kemampuan mereka dalam merawat bangunan-bangunan tua bersejarah yang ada di sana. Selain Penang, tempat lainnya yang juga harus dikunjungi oleh pecinta wisata sejarah adalah Melaka. Di tempat ini kamu dapat melihat banyak sekali situs bersejarah yang masih sangat baik bentuknya.

Mulai dari Gereja St. Peter’s Church yang sudah ada sejak tahun 1710, Queen Victoria  Fountain (1904), Benteng A Famosa (1512), serta sederet bangunan bersejarah lainnya. Bahkan karena kemampuan Melaka dalam menjaga berbagai bangunan tua tersebut, kota ini dianugerahi oleh UNESCO sebagai salah satu pusat world heritage yang ada di Malaysia.

 8. Di Malaysia, Penang ibarat surga bagi kalian yang hobi makan dan ingin berwisata kuliner

Mungkin di antara tempat lainnya, Penang adalah tempat yang paling sering kamu dengar. Hal tersebut menjadi wajar, karena selain menjadi tempat tujuan wisata, kota ini juga adalah tempat favoritnya masyarakat Indonesia untuk berobat setelah Singapore. Ternyata di kota kecil yang dapat ditempuh dalam waktu 4 jam dari Kuala Lumpur ini Penang memiliki pesona lainnya.

Pesona tersebut adalah aneka macam kuliner yang siap menggoyang lidahmu di sana. Bahkan saking banyak pusat kuliner di Penang, kota ini mendapat gelar “the best street food”. Cobalah untuk mengunjungi Gurney Hawker Centre tempat berdagangnya ratusan pedagang kaki lima. Di sini kamu bisa mencicipi makanan mulai dari Malaysia, China, dan juga India. Hal yang paling menyenangkan adalah karena harga makanan yang murah meriah sehingga sangat cocok untuk kamu traveler dengan budget terbatas.

Tentunya masih banyak sekali tempat-tempat menarik di Malaysia yang layak kamu kunjungi. Jadi mulai sekarang kalau kamu punya kesempatan pergi ke Malaysia, jangan hanya menghabiskan waktu di Kuala Lumpur saja, ya! 🙂

Featured Image by: pensamentodedito.blogspot.com