Bagi kamu yang berniat traveling dengan budget terbatas ala backpacker, hostel adalah salah satu pilihan terbaik kamu untuk tempat menginap.

Biaya menginap di hostel jelas jauh lebih murah daripada hotel. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah berinteraksi dengan sesama backpacker dari negara lain. Asik kan? Jadi, apa aja sih yang perlu kamu ketahui sebelum memilih untuk menginap di hostel? Simak tipsnya yuk.

1. Cari info dulu dari ahlinya

Cari info dulu via studyinbudapest.blogspot.com

Untuk memilih hostel yang pas, kamu bisa meminta rekomendasi dari teman-teman atau kerabat kamu yang sudah pernah traveling ke tempat yang kamu tuju. Mereka bisa memberikan ulasan apa adanya tentang pilihan hostel yang ada di sana.

Atau, jika belum ada teman kamu yang bisa memberi jawaban memuaskan, kamu bisa cari tahu di situs-situs yang mengulas hostel di seluruh dunia, misalnya www.hostelworld.com. Biasanya peresensinya adalah sesama traveller.

2. Memilih kamar atau dorm

Advertisement

Mixed dorm atau single-sex drom? via www.surfsidebackpackers.com.au

Jangan kaget jika di hostel kamu akan berbagi ruangan dengan traveller lain. Umumnya ruangan menginap hostel berupa dorm atau asrama dengan tempat tidur bertingkat (bunk bed) yang tiap ruangannya bisa ditempati enam sampai sepuluh orang, bahkan ada yang sampai puluhan orang. Semakin besar kapasitasnya, biasanya semakin murah pula harganya.

Hostel yang bagus biasanya menyediakan asrama khusus cowok/cewek (single sexspecific gender dorm) atau asrama campur (mixed dorm). Biasanya sih yang campur lebih murah. Beberapa hostel juga menyediakan kamar privat seperti hotel dengan kapasitas 1 sampai 3 orang dengan harga yang lebih mahal dari kamar asrama. Untuk memilih kamar, sesuaikan saja sama selera dan budget-mu.

3. Cari tahu tentang fasilitas hostel dan sekitarnya

Cek fasilitas hostel via www.valifante.com

Selain dorm dan bunk bed, hostel pastinya juga menyediakan kamar mandi dan lemari penyimpanan. Cari tahu juga apakah hostel menyediakan sarapan dan wifi gratis. Bila sarapan gak termasuk dalam biaya penginapan, biasanya sih hostel tetap menyediakan sarapan dengan harga murah. Tapi gak ada salahnya juga kalau kamu cari sarapan di luar sekalian menjelajah daerah sekitar hostel.

4. Bawa peralatan mandi sendiri

Kamu bisa bawa peralatan mandi yang ringkas via hikinginfinland.com

Kadang hostel gak menyediakan peralatan mandi, atau menyediakan tapi dikenai tambahan biaya. Gak ada salahnya kamu bawa peralatan mandimu sendiri seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, sampo, dan handuk ukuran kecil untuk jaga-jaga. Kamu juga perlu sandal jepit biar kakimu tetap bersih saat berjalan-jalan di dalam hostel.

5. Jaga barang bawaan

Jaga barang berharga kamu via achmadhilmy.blogspot.com

Manfaatkan loker untuk menyimpan barang-barangmu. Mungkin ranselmu gak muat dimasukkan ke dalam loker, jadi gak ada salahnya menyiapkan gembok yang bisa kamu gunakan untuk mengunci tasmu, sementara barang-barang yang lebih kecil bisa kamu pindahkan ke loker. Jangan lupa letakkan barang berharga di tempat yang aman jika kamu mandi.

Kadang kamu harus menghadapi situasi loker yang rusak atau malah tidak ada, di sinilah gembok bisa berperan penting untuk mengunci ranselmu. Jika kamu masih merasa kurang aman, titipkan saja ke pengelola hostel, biasanya mereka menyediakan safety box.

6. Hargai orang lain

Bersikap sopan dan hargai orang lain via www.prweb.com

Di hostel kita akan berbagi kamar dan kamar mandi dengan orang lain, jadi jaga sikap kita. Hindari mandi terlalu lama, bersuara terlalu keras, dan menyentuh barang-barang orang lain tanpa izin. Rapikan juga barangmu, karena barang yang bertebaran bisa mengganggu. Saat tidur, sebaiknya lampu dimatikan agar gak mengganggu yang lain.

7. Berinteraksi dengan sesama penghuni

Bergabunglah dengan tamu lainnya via freshbackpackers.blogspot.com

Ini dia kerennya hostel! Kamu bisa ngobrol dekat dengan sesama traveler tanpa perlu tersekat-sekat. Gak usah malu-malu buat kenalan sama teman sekamar kamu, karena dengan mereka kamu bisa berbagi cerita seru pengalaman selama traveling. Siapa tahu mereka malah bisa jadi rekan traveling kamu selanjutnya. Kalo kamu punya makanan, jangan sungkan untuk berbagi.

Gak cuma di dorm, kamu juga bisa memanfaatkan dapur dan ruang rekreasi untuk menyapa tamu kamar lainnya maupun pengelola hotel. Gak usah ragu-ragu untuk bertanya ke pengelola hotel, karena biasanya mereka punya informasi sekitar hostel yang mungkin kamu perlukan.

8. Bawa penyumbat telinga atau earplug

Bawa ear plug dan penutup mata via www.thegirlfromfaraway.com

Yah, karena kamu tidur satu ruangan dengan orang-orang dari belahan bumi yang berbeda, standar toleransinya mungkin berbeda dengan kamu. Mungkin ada juga yang tidurnya ngorok. Jadi lebih baik kamu sedia earplug dan penutup mata agar tetap bisa tidur nyenyak meski suasana kamar berisik.

9. Nikmati pengalamanmu!

Nikmati petualanganmu! via www.hostelworld.com

Hei, ngapain traveling kalo kamu gak menikmati setiap langkahnya? Nikmati petualanganmu apapun yang terjadi!

Traveling memang penuh suka duka, tapi itulah yang menjadikanmu semakin kaya. Selamat jalan-jalan!