Donald Trump. Nama ini sangat identik dengan kontroversi dan bersinonim dengan rasisme. Belum cukup dengan segala keriuhan yang ia ciptakan, mulai dari melarang umat Muslim (5 negara) masuk ke AS hingga tembakan rudal ke Suriah, kini muncul potensi masalah lagi darinya. Sialnya, Indonesia lah yang kena getahnya kali ini.

Bukan, memang bukan rudal yang ditembakkan di Indonesia. Tapi pembangunan mega proyek yang akan dibangun di kawasan hijau republik ini. Dampaknya pun sama dengan Suriah, lingkungan bisa rusak dan menurun kualitasnya. Berikut ini ulasannya…

Donald Trump akan membangun 2 mega proyek di Indonesia. Selain lapangan golf, dia akan membangun resort mewah dan taman bermain dengan skala internasional, seperti Disneyland…

lido theme park via www.boombastis.com

Dilansir dari situs lingkungan Inertia, Donald Trump bekerjasama dengan MNC Corporation pimpinan Hary Tanoesoedibyo akan membangun 2 mega proyek di Indonesia. Proyek itu akan berbentuk properti berupa resort mewah dan juga lapangan golf 18 lubang. Selain itu, ia juga akan membangun taman bermain setara Disneyland di Lido, Jawa Barat. Kawasan ini adalah kawasan hijau yang seharusnya menjadi resapan air karena letaknya yang berada di kaki Gunung Gede.

MNC Corporation akan mengubah kawasan hijau di Lido seluas 3.000 hektar menjadi resort megah dengan taman bermain setara Disneyland di dalamnya. Gila, 3.000 hektar itu sama saja 3.000 lapangan sepakbola Gaes! Luas banget ‘kan? Dan kabar buruknya, Lido berada tak jauh dari kawasan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango.

Kawasan sekitar Lido adalah kawasan resapan air yang berfungsi menjaga sirkulasi air bersih di tanah. Apa jadinya bila mega proyek dibangun di sana?

Advertisement

Taman Nasional Gede Pangrango via www.tenda.biz

“Kemungkinan untuk tidak adanya kerusakan jelas tidak mungkin. Tidak adanya kerusakan lingkungan dan perubahan perilaku hewan jelas tidak mungkin,” jelas Elan Juanda, aktivis lingkungan.

Hal ini wajar jadi kekhawatiran bagi banyak pihak terutama aktivis lingkungan. Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango jadi habitat lebih dari 2.000 jenis tumbuhan mulai dari pakis, lumut hingga tanaman berbunga. Juga merupakan habitat dari lebih dari 250 spesies burung, siamang maupun macan tutul Jawa yang sudah terancam punah. Namun hal yang paling dikhawatirkan adalah masalah penggunaan air. Mega resort dengan kondominum, villa, golf, hingga taman bermain sekelas Disneyland tentu akan menyedot air secara besar-besaran. Padahal air bersih dari kawasan pegunungan Gede Pangrango adalah suplai air untuk daerah Jawa Barat dan ibukota Jakarta. Konflik penggunaan lahan seperti ini, seperti perubahan peruntukan lahan, akan mengakibatkan krisis air bersih dan yang paling parah banjir yang menimpa daerah di bawahnya.

Berikut ini video yang menjelaskan rencana pembangunan mega proyek dan dampak yang akan ditimbulkannya kelak di masa depan…

Trump Community Threatens Biodiversity in Indonesia

"You can open your business, but you have to respect your neighbors."The Trump Organization is building an eyesore of a resort in Indonesia and wouldn't you know, it's threatening the environment:

Fusion 2017 4 2

Video tersebut mengungkapkan ambisi MNC dan Trump Hotel untuk menciptakan taman bermain dan resort super mewah di Indonesia. Secara dana, mereka adalah jaringan modal mereka memang tanpa batas. Namun, sebanyak apapun modal mereka, kerusakan lingkungan sebaiknya jadi concern ketika membangun sebuah proyek, terlebih mega proyek. Dampak lingkungannya harus dikaji dan diminimalisir kerusakannya, apalagi letaknya tepat di bawah kaki Gunung Gede.

MNC dan Trump tak berhenti sampai di Lido. Di Bali, mereka juga akan membangun resort kelas dunia di Tanah Lot. Bukti bahwa kongsi Trump-MNC cepat atau lambat akan menguasai dunia properti dan pariwisata di Indonesia. Memang pariwisata punya dua sisi mata uang. Ada yang membangun, maka ada pula yang terkena dampak pembangunan dan menjadi rusak. Tergantung mau pilih yang mana, ekologi yang didahulukan atau ekonomi yang menjadi panglima. Bagi MNC dan Trump, ekonomi jelas yang utama.

Ketika ikan terakhir telah ditangkap

Ketika pohon terakhir telah ditebang

Ketika tetes mata air terakhir telah disedot

Maka manusia akan sadar bahwa ia tak bisa memakan uang…

Kita yang traveling cuma dengan budget pas-pasan ini mungkin tidak bisa melakukan apa-apa selain bersuara bahwa menjaga kualitas alam kita adalah hal yang utama. Taman bermain megah, hotel-hotel mewah, akan terasa sia-sia jika 10-20 tahun ke depan tak ada air tersisa, kecuali air mata.

Salam lestari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya