Bagi warga Jogja dan para pendatang di kota gudeg, tentu sudah sering mendengar desas desus tentang adanya suara misterius berupa suara musik drum band di pagi buta. Biasanya suaranya muncul jelang subuh, terdengar sayup-sayup suara drum band yang timbul tenggelam. Banyak yang mengakui pernah mendengarnya dari arah timur. Ada pula yang mendengar dari arah lainnya. Ketika ditelusuri pun hasilnya nihil.

Berasal dari manakah suara misterius tersebut? Setidaknya ada beberapa pendapat tentang hal ini. Baik dari sisi mistis, mitos maupun yang rasional. Coba deh kita kupas tuntas misteri suara drum band di Jogja ini. Yuk simak sama-sama.

Dari sisi mistis, suara drum band di pagi buta ini adalah perwujudan suara genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang menuju ke Kraton Yogyakarta ataupun sebaliknya…

pasukan drum band via keretaperang.wordpress.com

Sedari dulu, masyarakat Jogja percaya ada hubungan yang erat antara Kraton Mataram (sekarang Yogyakarta) dengan kerajaan ghaib Nyi Roro Kidul di laut selatan. Hubungan ini pun sering terwujud dalam suara ghaib yang sering terdengar di tengah malam. Nah, diyakini oleh sebagian orang bahwa suara drum band ini sejatinya adalah genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang dalam perjalanan ke Kraton Yogyakarta atau sebaliknya. Bahkan banyak yang menyebutnya suara drum band setan. Karena menganggap suara itu bukan dari manusia.

Nah, kalau yang ini versi mitos. Konon, bagi pendatang yang mendengar suara drum band misterius ini bakal tinggal lama di Jogja, atau bisa malah dapat jodoh di Jogja. Wah asyik dong!

jodoh di jogja via bestrentcar.blogspot.co.id

Advertisement

Mitosnya adalah bagi pendatang yang pernah mendengar suara drum band misterius ini bakal betah tinggal di Jogja. Kelak dia akan lama tinggal di Jogja atau malah dapat jodoh orang Jogja. Makanya buat kamu yang pengen dapat jodoh, apalagi orang Jogja, datang lah ke Jogja dan carilah suara drum band. Hehehe. Bisa jadi jodohnya segera dateng, Mblo.

Sementara, ada penjelasan logis yang bisa diterima akal sehat. Pihak AAU Adisucipto mengakui bahwa suara drum band itu berasal dari sana. Taruna AAU selalu berlatih ketika pagi hari…

Meskipun kisah mistis lebih dipercaya oleh sebagian orang, ternyata ada alasan rasional yang sejatinya bisa diterima oleh akal sehat. Ternyata suara drum band itu emang benar-benar suara drum band. Taruna AAU berlatih drum band ketika pagi hari, dari jam 4 sampai pagi. Dan yang latihan pun banyak, sekitar 300 taruna. Wajar ‘kan kalau suaranya terdengar sampai kota Jogja yang berjarak sekitar 5-8 km. Apalagi suasana pagi di Jogja memang syahdu dan tenang. Jadi, logis sih kalau suara dari taruna AAU sampai ke tengah kota. Kalau pas ada acara, mereka latihannya pun lebih pagi, dini hari pun sudah berlatih. Drum band beneran yang ini, bukan drum band setan. Hehehe.

Suara drum band ini sebuah bukti keramahtamahan kota Jogja. Mau dimaknai apapun ya silahkan. Suara drum band misterius jadi keistimewaan Jogja yang tidak bisa kamu dapatkan di kota lain. Yuk ke Jogja lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya