Sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa di masa lalu, Solo patut diperhitungkan menjadi tujuan liburanmu berikutnya. Kota yang dijuluki “Spirit of Java” ini punya akar sejarah yang sama dengan tetangganya, Yogyakarta. Maka, gak heran kalau Solo punya pesona magis buat kamu yang menyukai perjalanan budaya.

Tapi tak hanya itu saja, kamu juga bisa menjelajah lebih jauh lagi dengan mampir ke Tawangmangu, daerah sejuk di Kabupaten Karanganyar yang menjadi tetangga Surakarta. Nah, kalau di kesempatan yang lalu Hipwee sudah mengajak kamu traveling on a budget ke Yogyakarta, kali ini kita jalan-jalan menjelajah Solo, yuk!

Sebagai kota yang letaknya strategis, Solo bisa kamu capai dengan bermacam alat transportasi, mulai dari yang termurah sampai yang ternyaman.

KA Prambanan Ekspress via beritatrans.com

Ya, akses menuju Solo tergolong mudah karena kota ini terdapat sejumlah stasiun kereta api, terminal, serta bandara. posisinya yang berada di bagian tengah Pulau Jawa juga membuatnya mudah digapai dari berbagai penjuru seperti halnya Yogyakarta. Tinggal pilih aja deh moda transportasi yang sesuai dengan kantongmu.

Moda kereta api misalnya, per Februari 2015, KA kelas ekonomi dari Bandung menuju Solo tarifnya mulai dari Rp. 95.000, dari Jakarta mulai dari Rp. 100.000, dan Surabaya mulai dari Rp. 75.000. Nah, KA ekonomi biasanya berhenti di stasiun Purwosari, sementara KA bisnis dan eksekutif berhenti di stasiun Solo Balapan. Sementara, kamu yang berasal dari Purworejo, Yogyakarta, dan Madiun, kamu bisa menaiki KA lokal Prambanan Ekspres, Sriwedari, atau Madiun Jaya dengan tarif mulai Rp. 6.000 aja. Irit, ‘kan?

Advertisement

Tarif bus gak begitu jauh berbeda dengan tarif KA. Untuk patas non-AC dari Jabodetabek menuju Solo dibanderol dengan tarif Rp. 100.000. Dari Bandung, kamu udah mendapat kelas Bisnis dengan merogoh Rp. 120.000. Sementara, kamu yang dari Surabaya bisa mencapai kota Solo dengan Rp. 46.000 aja.

Buat kamu yang cenderung bergaya flashpacker—punya bujet lebih dan mengutamakan kenyamanan, gak ada salahnya menghemat waktu dengan naik pesawat terbang. Penerbangan dari Jakarta menuju Solo berada di kisaran Rp. 450.000–Rp500.000. Oh iya, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Agar wisatawannya bisa beristirahat dengan nyaman, beragam pilihan akomodasi sudah tersedia di berbagai sudut kota Solo.

Salah satu hotel berbintang yang murah di Solo via instagram.com

Soal akomodasi, Solo emang juara. Soal harga, umumnya tarifnya lebih murah dari Yogyakarta. Hanya saja, penginapan di Solo ini tak terpusat seperti Sosrowijayan dan Prawirotaman-nya Jogja atau Poppies Lane-nya Bali, melainkan tersebar di berbagai sudut kota. Tinggal pilih deh, mana yang menurutmu strategis dan sesuai di kantong.

Untuk hotel dengan fasilitas kipas angin, misalnya, bisa kamu tebus dengan tarif antara 55–75 ribu. Lokasinya, ada yang berada dekat kampus UNS Kentingan, Jalan Slamet Riyadi, maupun daerah Stadion Manahan. Kalau pengen yang strategis untuk menuju Tawangmangu, kamu bisa memilih kawasan kampus UNS Kentingan. Tinggal sekali naik bus ke arah Karang Pandan, sampai deh ke Tawangmangu. Mau ke arah kota juga enak, karena dekat stasiun dan terminal.

Pengen bermalam di hotel berbintang? Gak usah ragu untuk berburu tarif promo lewat layanan booking hotel online. Kamu bisa mendapatkan hotel bintang tiga dengan tarif mulai 200 ribuan aja per malam, lho. Udah gitu, pemesanannya juga gak ribet meski gak ada kartu kredit. Kamu bisa memesan dengan kartu debit, atau mengisi formulir kemudian melakukan transfer bank. Asyik, ‘kan?

Aneka kuliner dan jajanan di kota Solo akan membuat perutmu kenyang, lidahmu senang, dan (penting!) isi dompetmu aman.

Nasi Liwet, salah satu kuliner khas Solo via bebekbakar.indonetwork.co.id

Kamu gak perlu pusing mikirim bujet makan selama di Solo, karena kota ini adalah salah satu surganya kuliner murah. Seperti halnya Jogja, harga makanan di sini sangat bersahabat, terutama kalau bujetmu pas-pasan. Sejumlah warung makan dan angkringan yang tersebar di penjuru kota akan memanjakan perutmu dengan uang gak sampai 10 ribu rupiah.

Tapi, kalau tujuanmu datang ke Solo adalah untuk berburu aneka kuliner khasnya, gak ada salahnya dong mengeluarkan dana 15-25 ribu sekali makan. Apa aja sih kuliner Solo yang wajib kamu cicipi? Cek dulu deh artikel “16 Destinasi Kuliner yang Wajib Kamu Sambangi Saat Melancong ke Solo” ini.

Jangan kuatir soal cara keliling kota. Solo adalah salah satu kota di Indonesia yang paling maju moda transportasi umumnya.

Ini nih yang namanya batik Solo Trans via joglosemar.co

Untuk berkeliling kota Solo, kamu gak perlu pusing dengan moda transportasi umum yang ribet. Soalnya, ada Batik Solo Trans (BST) yang merupakan bus rapid transit andalan kota Solo. Melayani total delapan koridor, BST akan membawamu keliling kota Solo dengan tarif Rp4.500 aja, baik jauh maupun dekat.

Jika kamu mau ke Tawangmangu (seperti yang udah Hipwee singgung tadi), paling enak kalau cabut dari kawasan UNS Kentingan dan naik bus jurusan Tawangmangu. Tarifnya sekitar Rp. 10.000 dan menempuh waktu sekitar 1,5 jam. Dari situ kamu bisa nyambung naik angkot menuju objek wisata yang kamu suka. Tapi, jangan kesorean lho, bisa-bisa kamu kejebak gara-gara gak ada angkutan. Bus jurusan Tawangmangu yang paling sore berangkat jam 15.00 atau 16.00.

Pengen lebih leluasa? Sewa motor atau mobil bisa jadi alternatif yang oke. Sewa motor di Solo emang gak banyak sih, tapi infonya bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat internet. Tarifnya pun murah, mulai Rp. 50.000. Sementara jika kamu berminat menyewa mobil, kamu bisa mendapatkan mobil jenis Avanza dengan tarif Rp. 300.000 termasuk sopir tapi belum termasuk BBM.

Ketika akomodasi, makan, dan transportasi sudah gak perlu lagi kamu khawatirkan, inilah saatnya menjelajahi keelokan setiap sudut kota Solo!

Ya, inilah saatnya kamu menjamahi pesona yang dimiliki setiap sudut kota Solo. Mulai dari mana, terserah kamu. Sejumlah tempat wisata menarik di Solo dan sekitarnya sudah dijabarkan di artikel “Saat Mampir Ke Solo Untuk Vakansi Pastikan 13 Destinasi Ini Sempat Kamu Kunjungi!

Tapi, kalau kamu pengen menjelajahi tempat-tempat menarik di kota Solo ini, luangkanlah waktu beberapa hari agar pengalamanmu tergenapi. Dengan asumsi kamu di S0lo selama tiga hari, mulai dari Jumat–Minggu, Hipwee menyarankan itinerary sebagai berikut:

Pada hari pertama kamu menginjakkan kaki di Solo, sambangilah kawasan Tawangmangu terlebih dulu.

Air terjun Jumog via www.kabar2.com

Lho? Kenapa gak Solo dulu? Hehe, nanti Hipwee kasih tahu alasannya.

Oke. Ada empat tempat menarik di Tawangmangu yang mungkin bisa kamu jamahi dalam sehari kalau fisikmu cukup kuat. Ada air terjun Grojogan Sewu, air terjun Jumog, Candi Sukuh, serta Candi Cetho. Air terjun Jumog, dan Candi Sukuh berada di satu kawasan, jaraknya cuma sekitar 500 ratus meter. Sementara, Candi Cetho bisa kamu capai dengan menempuh sekitar 20 menit dari kawasan Candi Sukuh.

Lain hanynya, dengan Grojogan Sewu, letaknya berada di percabangan yang berbeda dengan ketiganya. Terlebih, kamu mesti menuruni ratusan anak tangga untuk sampai ke dasar air terjun. Kalau gak kuat, mending lewati aja dan beralihlah ke tiga objek wisata di atas. Sebagai gambaran, nih peta wisata Kabupaten Karanganyar.

Peta wisata Kabupaten Karanganyar via pondokasritawangmangu.blogspot.com

Sebagai gambaran, perkiraan tarif yang mesti kamu bayar untuk menjelajah kawasan Tawangmangu adalah sebagai berikut:

Bus dari Solo menuju Karangpandan: 10.000

Angkot menuju Nglorok (ke air terjun Jumog dan Candi Sukuh): 5.000

Tiket masuk air terjun Jumog: 3.000

Tiket masuk Candi Sukuh: 3.000

Naik ojek ke Candi Cetho: 10.000

Tiket masuk Candi Cetho: 3.000

Angkot balik ke Karangpandan: 5.000

Bus Ke Solo: 10.000

Total: 49.000

Biar lebih ngirit, lebih baik naik motor, tapi tetap hati-hati karena jalanannya lumayan menantang. Asumsi sewa motor Rp 50.000 untuk dua orang, kamu hanya perlu membayar Rp. 34.000 per orang termasuk tiket masuk objek wisata.

Habiskan hari keduamu di Solo dengan mengunjungi Situs Manusia Purba Sangiran.

Museum Manusia Purba Sangiran via archipelagogreats.blogspot.com

Situs Manusia Purba Sangiran adalah salah satu situs purbakala penting yang diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Nah, mumpung kamu ke Solo, sayang rasanya kalau kamu gak mampir ke tempat ini. Apalagi, tiket masuknya murah lho, cuma Rp5.000 aja, kecuali kamu punya tampang bule, hehehe.

Kalau mau ke tempat ini dengan kendaraan umum, cukup naik bus jurusan Solo–Purwodadi dari Terminal Tirtonadi, turun di pertigaan Kalijambe lalu naik ojek ke Situs Sangiran.

Pulangnya, ngadem dulu di Taman Balekambang. Dari Terminal Tirtonadi, kamu bisa naik BST jalur 4 dan 8 yang melewati Jalan Laksda Adisucipto.

Perkiraan tarifnya:

Bus dari Terminal Tirtonadi (PP): 10.000

Ojek dari Kalijambe ke Sangiran (PP): 20.000

Tiket masuk Sangiran: 5.000

BST: 4.500

Tiket masuk Taman Balekambang: gratis!

Total: 39.500

Di hari ketiga, nikmati Car Free Day sambil jalan-jalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi.

Suasana Car Free Day Solo via infocarfreeday.net

Nah, inilah kenapa kamu sebaiknya menjelajah kota Solo di hari Minggu. Soalnya tiap Minggu pagi, kamu bisa menyambangi event Car Free Day. Selain banyak pemandangan (baca: cewek Solo yang cantik-cantik), kamu juga disuguhkan beragam atraksi, seperti komunitas sepeda, komunitas pecinta hewan, senam aerobik, sampai komunitas sky jumper. Pokoknya rame deh!

Puas menyambangi Car Free Day, kamu bisa bergerak menuju ke timur, ada sejumlah landmark yang bisa kamu datangi. Contohnya, Loji Gandrung, Taman Sriwedari, dan Museum Batik Danar Hadi. Lalu, lanjutkan perjalananmu menuju Keraton Kasunanan Surakarta. Sebelum pulang, kamu bisa mampir Pasar Grosir Solo atau Pasar Triwindu untuk berbelanja oleh-oleh.

Tiket masuk Museum Batik Danar Hadi: 25.000

Tiket masuk Keraton: 10.000

BTS: 4.500

Total Perkiraan Pengeluaran selama 3 hari 2 malam di Solo

Dengan asumsi kamu liburan berdua dari Jakarta, maka total perkiraan pengeluaran perorang untuk trip ke Solo selama 3 hari 2 malam adalah sebagai berikut:

Tiket KA (PP): 200.000

Penginapan: 120.000 / 2 = 60.000

Makan 8 kali: 80.000

Hari pertama: 34.000

Hari kedua: 39.500

Hari ketiga: 39.500

Total: 460.000

Nah, dengan 400 ribu, kamu udah bisa jalan-jalan keliling Solo dan Tawangmangu selama tiga hari dua malam. Seru dan murah, ‘kan? Tunggu apa lagi? Jadikan Solo destinasi liburanmu berikutnya!

Kredit feature image: sony-ann.blogspot.com