Guys, sudah tahu belum? Tahun ini, PT Pelni (Persero) kembali menggelar wisata bahari dengan tiga destinasi baru, memperkaya dua destinasi sebelumnya yakni Raja Ampat dan Wakatobi. Tiga destinasi baru di tahun ini adalah Labuan Bajo, Derawan, dan Bandaneira. Perusahaan negara yang memiliki bisnis utama di sektor transportasi laut ini menawarkan paket wisata bahari yang bertema Ship Xperience: New Way to Explore Wonderful Indonesia.

Kabar terbarunya, Pelni menjadwal ulang pemberangkatan beberapa destinasi wisata bahari yang sebelumnya telah ditetapkan, karena disesuaikan dengan pasar dan posisi kapal. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjajal sensasi liburan layaknya kapal pesiar bersama Pelni, cek jadwalnya sekali lagi, yuk!

1. Raja Ampat (Papua Barat), keberangkatan pada tanggal 30 Oktober – 2 November 2016

yakin nggak pengen ke sini? via www.youtube.com

Rangkaian empat gugusan pulau yang menjadi salah satu surganya Indonesia ini berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Dalam perjalanan menuju ke Raja Ampat, Pelni akan mengawali wisata dari Pelabuhan Sorong. Kapal akan bergerak ke Yenbuba dengan destinasi wisata Pasir Timbul, Kampung Yenbuba, Touring Boat, Snorkeling dan Diving. Lalu, hari berikutnya ke Piainemo dengan agenda Tracking Bukit, Touring Boat, Snorkeling dan Diving.

Advertisement

Kemudian, perjalanan akan dilanjutkan ke Arborek dengan kegiatan-kegiatan menarik seperti Bird Watching, Touring Goa Kelelawar, Snorkeling dan Diving.

Paket wisata kelas satu Rp. 9 juta

Paket wisata kelas dua Rp. 7,5 juta

Paket wisata kelas tiga Rp. 5,5 juta

2. Wakatobi (Sulawesi Tenggara), keberangkatan pada tanggal 12 – 15 November 2016

surga bawah laut via indonesiana.merahputih.com

Kepulauan Wakatobi merupakan salah satu kawasan taman nasional yang memiliki keanekaragaman hayati laut dan kekaraan terumbu karang di Provinsi Sulawesi Tenggara. Keindahan bawah lautnya sungguh memukau dan nggak usah diragukan lagi, deh.

Perjalanan wisata bahari ini akan diberangkatkan dari Pelabuhan Baubau menuju Pulau Hoga dan Pulau Tomia untuk melakukan snorkeling dan diving. Lalu, wisatawan akan kembali ke Pelabuhan Baubau dan selanjutnya kapal akan menuju Makassar.

Paket wisata kelas satu Rp. 5,5 juta

Paket wisata kelas dua Rp. 4,5 juta

Paket wisata kelas tiga Rp. 3 juta

3. Bandaneira (Maluku), keberangkatan pada tanggal 4-7 Desember 2016

kota bersejarah via ksmtour.com

Kota peninggalan sejarah yang merupakan penghasil rempah-rempah bernilai tinggi ini terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Nggak cuma wisata budaya dan sejarah saja, wisata alam juga bisa kamu nikmati di Bandaneira.

Wisatawan akan mengawali perjalanan menaiki KM Tidar dari Pelabuhan Ambon menuju Bandaneira. Di sana, wisatawan akan mengunjungi Benteng Belgica, Pulau Hatta, Pulau Pisang dan Pulau Karaka. Selain menikmati pemandangan alam nan indah di benteng peninggalan Belanda, wisatawan juga dapat menikmati snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

Paket wisata kelas satu Rp. 6 juta

Paket wisata kelas dua Rp. 5 juta

Paket wisata kelas tiga Rp. 3,5 juta

4. Kepulauan Derawan (Kalimantan timur), semula tanggal 10-13 Oktober 2016 digeser menjadi tanggal 9-12 Desember 2016

salah satu pemukiman di Derawan via ngulon.com

Nggak jauh berbeda dengan destinasi lainnya, Kepuluan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini terdapat sejumlah objek wisata bahari yang menawan, salat satunya Taman Bawah Laut yang dimintai para penyelam.

Wisatawan akan menuju Kota Balikpapan, lalu menuju pelabuhan dan menaiki KM Bukit Siguntang. Sesampainya di Kepulauan Derawan, wisatawan akan dimanjakan dengan kegiatan snorkeling dan diving di Pasir Putih, Danau Kakaban, dan pulau Maratua.

Paket wisata kelas satu Rp. 6 juta

Paket wisata kelas dua Rp. 5 juta

Paket wisata kelas tiga Rp. 3,5 juta

5. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), semula tanggal 21-24 September 2016 berubah menjadi 1-4 Desember 2016

Labuan Bajo merupakan kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai kota nelayan, Labuan Bajo juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah titik singgah bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo.

Perjalanan akan dilakukan menggunakan KM Tilongkabila dan dimulai dari Benoa (Bali) dan berakhir di Makassar. Wisatawan akan mengunjungi Taman Nasional Komodo, Pulau Kanawa, Pink Beach dan Air Terjun Cunca Rami.

Paket wisata kelas satu Rp. 6 juta

Paket wisata kelas dua Rp. 5 juta

Paket wisata kelas tiga Rp. 4 juta

Tapi guys, rincian harga paket yang tertera belum termasuk transportasi udara dan transportasi lain menuju pelabuhan awal. Harga sudah termasuk layanan hotel apung kapal, makan pagi, siang dan malam, coffe break, kelengkapan tamu, boat touring, snorkeling dan pemandu di tempat destinasi wisata. Sedangkan untuk diving ditambah biaya antara Rp 1,2 hingga Rp 1,4 juta. Kamar kelas satu terdiri dua ranjang, kamar kelas 2 terdiri dari satu ranjang dengan kamar mandi dalam, sedangkan untuk kelas 3 terdiri dari satu ruangan besar dan tidur ramai-ramai.

Bagaimana? Kamu tertarik?