Maldives adalah kepingan surga di bumi yang jadi impian banyak orang untuk berlibur ke sana. Paduan air laut yang biru nan jernih dengan resort-resort di pinggir pantai yang begitu mewah, membuat Maldives terasa sangat spesial bagi wisatawan. Negara kecil di barat Sri Lanka ini memang cocok untuk berlibur bulan madu ataupun didatangi bersama keluarga.

Memang sih ya, Maldives ini benar-benar terkenal mahalnya. Resort berkonsep water villa yang seperti mengapung di atas laut itu per malam harganya mulai dari 5 sampai puluhan juta. Bahkan ada yang menawarkan harga 300 juta untuk 5 orang. Mahal banget nggak tuh! Di Indonesia sudah dibikin jadi kos-kosan deh duit segitu. Hehehe.

Untuk itu Hipwee Travel mau kasih panduan murah buat kamu backpacker ke Maldives. Konon Maldives akan segera tenggelam karena naiknya muka air laut. Makanya buruan ke sana sebelum terlambat.

Pertama, cari penerbangan murah ke Maldives dari Kuala Lumpur atau Singapura. Jika ada promo kamu bisa dapatkan tiket PP ke sana sekitar 1 juta saja lho!

cari tiket ke maldives via www.travelrelation.com

Normal harga tiket pesawat ke Maldives adalah 3-4 juta PP dari Kuala Lumpur. Tapi kalau low season (Mei-Agustus) kamu bisa dapat tiket murah banget. Pengalaman saya ke Maldives di awal Mei lalu cuma habis tiket PP 1,2 juta dari Kuala Lumpur atau hanya sekitar 600 ribu sekali jalan. Murah ‘kan, kaya harga tiket pesawat domestik jarak dekat ya. Triknya carilah di low season dan jauh-jauh hari. Selamat mencoba!

Dari Velana International Airport, ada banyak tujuan untukmu. Mau ke Male City atau langsung ke Maafushi, atau malah ke pulau lain…

Advertisement

Jangan bingung dulu Gaes, memang Maldives ini negaranya unik. Bandaranya berada di pulau tersendiri, dan tidak berada di dekat kota Male. Ketika kamu tiba, laut sudah menyambutmu di pintu keluar. Unik ‘kan? Masa pulau isinya cuma bandara, dan untuk ke kota harus naik kapal ferry. Hehe.

Tapi lebih baik kamu ke Maafushi saja di mana backpacker berkumpul di sana. Kalau datangmu siang kamu bisa naik ferry ke Male City baru berganti kapal ferry ke Maafushi yang keberangkatannya cuma sekali, sekitar jam 3 sore. Kalau datangmu malam, siap-siap aja harus naik speedboat langsung dari bandara. Per orang harus merogoh kocek 20-25 USD. Jauh lebih mahal dibanding harga ferry yang cuma 2 USD. Hehe.

Carilah penginapan di Pulau Maafushi, pusat backpacker di Maldives. Meskipun cukup jauh dari bandara, tapi di sanalah ada penginapan murah yang oke punya…

maafushi via budgetmaldives.co

Dahulu, Maldives hanya berisi resort-resort mahal. Namun beberapa tahun terakhir, sudah ada penginapan-penginapan low budget buat para traveler dengan dompet pas-pasan seperti kamu. Hehehe. Pilihlah penginapan di Maafushi lewat booking online dari Indonesia. Per malamnya paling murah sekitar 500 ribu. Sebenarnya ada yang 350 ribu, tapi itu hanya harga kamar dan belum tax dan biaya tetek bengek lainnya. Jadi anggap aja 500 ribu ya.

Biaya makan di Maafushi lumayan mahal Bro. Karena kebanyakan orang memilih untuk menggunakan US Dollar, jadi wajar kalau harga melambung. Sekali makan kamu harus merogoh kocek mulai 5-10 USD. Ini lho yang bikin kantong jebol. Tapi ada solusi buat kamu. Makanlah sehari 2 kali. Pertama sarapan di hotel dan kedua makan malam buffet (biar kenyang seharian) seharga 10 USD. Kalau mau ngirit lagi bawa Pop Mie atau abon buat lauk. Hehe.

Untuk wisata, ada banyak operator yang menawarkan paket trip buat kamu. Mereka menawarkan island hopping, snorkeling, night fishing atau yang paling mahal, tour ke resort…

pasir timbul (sandbank) via www.gettingstamped.com

Kalau cuma buat snorkeling atau keliling pulau (island hopping) sebenarnya harganya nggak terlalu mahal. Harga untuk aktivitas seharian berkisar di angka 30-40 USD. Tapi jika kamu sudah terbiasa snorkeling dan island hopping di Karimunjawa, Lombok, ataupun Flores, apalagi Raja Ampat, mending nggak usah deh ikut aktivitas itu. Ya karena Indonesia jauh lebih bagus bawah lautnya. Kalau nggak percaya, cobain deh dan bandingin. Boleh aja kok kalau mau snorkeling di sana. Tapi pasir timbul (sandbank) di sana cukup oke sih, meskipun di Indonesia juga ada.

Kalau mau yang unik dan murah, cobain night fishing yaitu memancing bersama nelayan di malam hari. Nanti kalau dapat ikan, kamu bakal dimasakin ikan dan free buat kamu. Harganya 20 USD aja. Tuh murah ‘kan? Itung-itung menghemat 10 USD karena dapat makan buffet kok.

Kalau mau merasakan Maldives yang sebenarnya ya kamu harus tur ke resort. Harganya relatif mahal sih, cuman sayang kalau nggak ke sana. Nggak ada tips murahnya kalau yang ini…

so sweet via alphamaldives.com

Tur ke resort adalah aktivitas yang paling menarik, karena kita akan pergi ke resort seharian. Kamu boleh ngapa-ngapain, mau foto-foto kek, makan sepuasnya kek, sampai memanfaatkan fasilitas di resort seperti kolam renang, taman, pantai, snorkeling pun bisa. Cuma 1 hal yang dilarang, kamu nggak boleh tidur di resort itu. Hahaha. Ya iyalah harganya puluhan juta.

Harganya memang bervariasi tergantung kelas si resort itu sendiri. Harga yang paling murah bisa kamu dapatkan di angka 100 USD (udah sama transport PP), tapi yang mahal bisa 200-an USD. Kalau kamu udah ke Maldives, satu-satunya cara menikmati resort tanpa keluar duit puluhan juta adalah dengan ikut tur ke resort. Rasanya kaya menginap di resort privat, tapi bayarnya ekonomis.

Saran saya pribadi, lebih baik kamu ke Maldives cukup jalan-jalan di Maafushi dan tur ke resort. Dijamin foto-fotomu keren dan lebih puas dibanding ikutan trip snorkeling atau yang lain.

Dari rincian biaya itu, kamu bisa hitung ‘kan kira-kira habis berapa buat liburan ke Maldives. Jadi nggak ada alasan nggak liburan ke Maldives karena mahal. Yuk liburan ke sana sebelum surga di bumi ini tenggelam. Semoga saja tidak ya.