Era peradaban berbasis data seperti sekarang bukan hal yang ‘wow’ jika bepergian ke luar negeri. Akses yang makin mudah, tiket pesawat yang kian murah meriah, sampai tren backpacking yang nggak menguras kantong seharusnya cukup jadi alasan pergi ke luar negeri. Apalagi sekarang nyaris tidak ada kesulitan berarti, selain finansial kamu sih. Tapi itu bisa diakali kok. Satu hal yang patut kamu miliki dan nggak bisa ditawar-tawar, yaitu paspor! Kenapa paspor penting? Paspor adalah identitas kamu selama berada di luar negeri. Entah tujuanmu belajar, traveling atau sekedar mengikuti konferensi, paspor jadi hal yang paling utama kamu miliki.

Biar rencanamu di luar negeri makin indah, Hipwee Travel bakal bantu kamu buat bikin paspor dengan mudah. Memang cukup sedikit rempong, tapi semoga penjelasan ini bisa kamu pahami ya. Yuk simak baik-baik dan segera bikin paspor kamu sendiri ya.

Tahap pertama, kamu harus ada niat ke luar negeri. Nggak harus sekarang, tapi kelak ingin ke luar negeri. Biar paspormu berguna sih. Sayang kan, udah bikin tapi nggak dipakai!

paspor baru via images.detik.com

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang berisi identitas warga negara pemilik paspor berupa nama, foto, tanda tangan, tempat tanggal lahir, informasi kebangsaan dan informasi lainnya guna melakukan perjalanan antar negara. Paspor akan dicek di perbatasan antar negara sebagai dokumen masuk seseorang dari satu negara ke negara lain. Nah, tau kan pentingnya paspor. Kamu harus punya agar bisa ke luar negeri dengan segera.

Wah kalau belum ingin ke luar negeri lalu buat apa bikin paspor?

Advertisement

Buat kamu yang pengen ke luar negeri baik mau sekolah, kerja, traveling atau sekedar konferensi tentu harus menyiapkan paspor kalau belum punya. Sementara kalau belum ada rencana ke luar negeri, bikinlah dulu paspormu. Kelak kamu nggak akan rempong ketika tiba-tiba harus ke luar negeri. Misal dapat panggilan kerja di Singapura, mau bulan madu di Nepal atau sekedar dapat tiket promo ke Thailand. Kamu harus siap ketika momen-momen itu datang. Biar nggak repot mengurusnya secara dadakan. Udah bikin aja deh. Sekaligus doa biar segera ke luar negeri. Hihi.

Selanjutnya, kamu harus tentukan mau bikin paspor secara online atau offline. Keduanya punya plus minus masing-masing.

online apa offline? Tetep harus ke kantor via www.shu-travelographer.com

Kalau kamu mau bikin secara online kamu daftar via situs resmi yang disediakan Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia. Kalau kamu gaptek ya offline aja alias datang sendiri dan antri di Kantor Imigrasi. Kelebihan online adalah kamu bisa melengkapi berkasmu langsung lewat mekanisme online atau lewat internet. Praktis dan tidak membuang-buang waktu sih. Lebih efisien dan memudahkan juga. Tapi justru kelemahan sistem online adalah nggak bisa diurus sehari selesai.

Nah, sistem secara offline memang bikin kamu antri panjang sih di Kantor Imigrasi. Tapi kalau pas beruntung ketika antrian sedikit kamu malah bisa langsung mengumpulkan berkas, wawancara dan tinggal bayar hanya dalam hitungan jam. Kamu hanya perlu ke sana lagi untuk mengambilnya ketika paspor sudah jadi. Loh, malah lebih efisien ya. Cuman ya harus antri aja sih. Hal yang bagi sebagian orang dianggap membuang-buang waktu.

Oke kita akan bahas prosedur pendaftaran paspor online dulu ya. Penjelasan lengkapnya di halaman selanjutnya. Yuk dipahami baik-baik.