Kalau kamu naik mobil, pasti kamu tahu ‘kan komponen headrest yang ada di sandaran kursi? Itu lho yang berada di belakang kepala yang tujuannya untuk sandaran kepala penumpang. Tahu ‘kan? Ya itu bener namanya headrest. Fungsi umum headrest yang diketahui oleh banyak orang ya cuma buat sandaran kepala. Apalagi kalau ngantuk, cocok buat bantalan tidur. Tapi tahu nggak sih ada 2 fungsi penting terkait keselamatan para penumpang dan pengemudi di mobil. Sayangnya fungsi ini banyak yang belum tahu.

Nah, sebaiknya kamu baca artikel ini karena kita bakal kasih tahu fungsi penting headrest untuk keselamatan kamu. Mau tahu apa 2 fungsi penting tersebut? Yuk kita simak ulasan Hipwee Travel tentang headrest mobil berikut ini.

Pertama, fungsi utama dari headrest sebenarnya untuk mengurangi potensi cedera patah tulang leher pada penumpang ketika mobil mengalami tabrakan dari depan maupun belakang

headrest via media.viva.co.id

Ketika terjadi kecelakaan, secara refleks kepala akan terbentur ke depan kemudian sekonyong-konyong ke belakang. Jika benturan sangat keras, maka ayunan kembali ke belakang itu dapat membuat kepala mendongak ke atas hingga tengkuk patah. Nah, untuk menghindari cedera atau bahkan patah tulang leher, disediakanlah headrest yang akan menahan kepala ke posisi semula. Dengan begitu keselamatan pengemudi dan penumpang pun bisa lebih terjaga. Selain itu headrest akan melindungi kepala dari benda yang terlempar dari arah belakang.

Tuh nggak nyangka ‘kan sebegitu pentingnya headrest ini?

Karena digunakan sebagai penyangga kepala ketika terjadi benturan, sebaiknya kamu tidak sembarangan dalam mengatur ketinggian headrest

Advertisement

jangan sembarangan mengubah headrest via www.geronimo.fm

Fungsi headrest yang sangat penting ini tentu tidak akan berarti ketika benda ini tak mampu melindungi kepala pengemudi. Banyak orang yang mengatur ketinggian headrest, entah buat tidur atau biar enak sandaran, namun tidak sesuai ketinggian kepala. Aturlah sedemikian rupa agar tak terlalu pendek atau terlalu tinggi, agar ketika terjadi benturan leher tidak patah.

Fungsi kedua, headrest bisa kamu gunakan saat kondisi darurat. Lepas headrest dan gunakanlah untuk memecahkan kaca jika kamu berada dalam kondisi darurat

begini cara pecahkan kaca via cf.dvh.bz

Mungkin nggak banyak yang tahu kalau headrest bisa digunakan untuk memecahkan kaca mobil ketika berada dalam kondisi darurat. Misalkan saja mobil nyemplung dalam air, terjadi kebakaran, hingga kecelakaan yang mengakibatkan tergencet kendaraan lain sehingga pintu tak bisa dibuka.

Caranya, lepaslah headrest jok mobil dengan menekan tombol kecil yang biasanya ada di sekitar pangkal headrest. Kemudian bagian gagang yang terbuat dari besi, bisa diselipkan di antara kaca dan trim pintu. Jika gagang besi tersebut sudah menancap, penumpang atau pengemudi bisa menekan ke bawah sandaran kepala guna memecahkan kaca. Setelah pecah, kamu bisa segera keluar dari mobil.

Biar lebih jelas cek videonya saja deh

Jika kamu sudah tahu, maka gunakanlah headrest untuk fungsi keselamatanmu jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau keadaan darurat yang bisa diakibatkan banyak hal. Untuk itu, kasih tahu keluarga atau teman-teman kamu ya.

Jangan lupa, berdoalah agar selalu diliputi keselamatan dalam setiap perjalanan. Amin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya