Terminal Ultimate 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, yang ditunggu-tunggu masyarakat akhirnya diresmikan pada Selasa, 9 Agustus 2016. Terminal yang digadang-gadang mampu bersaing dengan bandara luar negeri lainnya emang jadi harapan masyarakat Indonesia untuk citra yang lebih baik bagi negara. Makanya, pembangunan terminal satu ini sempat jadi perbincangan global di media sosial.

Tapi kebanggaan itu sedikit ternoda ketika sang terminal harapan baru menginjak usia 6 hari. Ya, terminal harapan itu berubah menjadi genangan di beberapa titik saat hujan mengguyur ibukota sore kemarin (14/8). Berbagai foto dan postingan di media sosial tentang peristiwa ini pun menyebar. Lah kok bisa?

Hujan deras terus-terusan membuat terminal sempat jadi genangan. Hujankah yang salah?

Terminal 3 ultimate soetta via cdn-2.tstatic.net

Sebelum terminal bertaraf internasional ini tergenang, memang sempat terjadi hujan deras di bandara di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan genangan air hingga ketinggian 10 cm ini menyebar di lokasi terminal 3 ultimate bahkan masuk ke dalam pintu kedatangan tersebut. Puluhan cleaning service beserta pekerja proyek berusaha mengahalau air yang terus masuk. Nggak cuma genangan, air dari atas jembatan layang juga masuk ke dalam terminal.

Semburan air dari dalam tanah seakan jadi bukti kalau drainase terminal lewat dari perhatian

Semburan air dari dalam tanah via scontent-hkg3-1.cdninstagram.com

Advertisement

Meski hujan deras, bukan berarti kita bisa nyalahin hujannya. Terus siapa dong yang salah? Nah, artinya ada yang salah dalam pembangunan terminal 3 ultimate ini. Drainase! Yup, nggak sedikit yang bilang kalau pengoperasian terminal 3 ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini terkesan buru-buru. Seharusnya, hal-hal seperti ini udah diantisipasi sama pihak bandara. Bahkan ada semburan air dari dalam tanah karena saluran air yang tersumbat. Wah, emang patut dipertanyakan nih drainasenya!

Sayang aja karna genangan setitik, rusak citra bandara pariwisata

Genangan air di Terminal 3 Ultimate Soetta via scontent-hkg3-1.cdninstagram.com

Padahal jika dilihat secara visual, bangunan terminal 3 ini emang keren banget! Terminal ini dihiasi dengan hasil karya seni anak bangsa. Interior terminal terbesar dan termodern se-Indonesia ini nggak bisa diremehin. Dengan mengusung Wonderful Indonesia, terminal ini dilengkapi dengan hiasan dinding yang Indonesia banget! Kursi di ruang tunggunya juga elegan. Nggak cuma itu, langit-langitnya juga mewah banget! Di terminal ini bahkan ada mobil Marcedes yang sudah dihiasi lukisan warna-warni.

Katanya sih bisa nandingin kemegahan Bandara Changi. Bisa sih, tapi…

Genangan Banjir terminal 3 ultimate via img.bisnis.com

Jika dilihat dari bantuk fisik aja, emang terminal 3 ultimate ini mungkin bisa menyaingi Bandara Changi, Singapura. Tapi bandara nggak cuma fisiknya aja ‘kan? Makanya, segala aspek yang berhubungan dengan ini harus siap dari berbagai sisi. Bukti nyata aja, masalah drainase kemarin bisa dibilang terminal 3 Bandara Internasiona Soekarno-Hatta belum siap disandingkan dengan bandara Changi, untuk saat ini. Harus ada kerja keras dari semua kalangan untuk mewujudkan impian kita ini.

Semoga kejadian ini jadi pelajaran, agar pemerintah benar-benar berniat menjadikan bandara ini sebagai bandara pariwisata kebanggaan

Bandara Pariwisata Soekarno Hatta via img.bisnis.com

Kejadian kemarin emang jadi pelajaran buat kita semua, khususnya pemerintah dan pengelola bandara. Harapan dijadikannya terminal 3 ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta ini sebagai bandara pariwisata emang nggak mustahil. Tapi tentunya semua itu dapat terealisasi jika semua elemen terminal, bangunan maupun sumber daya manusianya siap dari segala sisi. Dari segi viual terminal 3 ultimate emang udah menarik perhatian ‘kan? Tinggal bagaimana hal-hal penunjang lainnya dapat dimaksimalkan.

Semoga terminal bandara harapan kita ini benar-benar menaikkan citra Indonesia ya nantinya! Jangan sampai hal ini terjadi lagi.