Lombok adalah mentari baru pariwisata Indonesia. Lokasinya yang dekat dengan Jawa dan Bali membuat Lombok kini jadi destinasi yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tempat wisata seperti Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, Desa Sade, ataupun Gunung Rinjani kini telah menjadi jujugan turis karena keindahannya.

Namun siapa sangka, di balik pesona pariwisata Lombok yang tengah bergeliat, masih ada beberapa kisah mistis yang menyelimutinya. Maklum, Lombok relatif baru saja berkembang masyarakatnya beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, hal-hal klenik dan ghaib masih jadi keseharian masyarakat Sasak. Salah satu mitos ghaib yang masih dipercaya hingga kini adalah adanya ratu ghaib bernama Dewi Anjani yang mempunyai singgasana di Gunung Rinjani.

Ternyata tak cuma Dewi Anjani, ada banyak mitos yang berkembang di pesisir selatan Lombok yang dipercaya hingga kini. Hal ini karena dulunya kawasan selatan kurang berkembang dibandingkan kawasan lainnya

pantai selong belanak via www.medanbisnisdaily.com

Hal mistis memang tak bisa terlepaskan dari Lombok. Terutama Lombok bagian selatan yang sekian puluh tahun lebih terbelakang dibanding Lombok bagian barat dan timur. Maka wajar saja kejadian begal masih marak terjadi dan hal-hal mistis masih menyelimuti kawasan tersebut beberapa tahun lalu. Salah satu upaya untuk memajukan kawasan tersebut adalah membangun bandara Internasional Lombok pada 2011 lalu. Alhasil, kawasan selatan Lombok terutama kabupaten Lombok Tengah kini makin ramai oleh wisatawan dan makin populer wisatanya. Sebut saja Pantai Kuta, Tanjung Aan, Mawun, Seger, maupun Selong Belanak.

Salah satu mitos yang masih dipercaya adalah adanya pulau terlarang bernama Pulau Gunung Wayang. Pulau ini berada tepat di selatan pantai Selong Belanak

pulau keramat via cdn.yukepo.com

Advertisement

Pulau Gunung Wayang adalah pulau kecil berbentuk kerucut di sebelah selatan pantai Selong Belanak. Bentuknya kerucut seperti gunung yang berada di tengah laut dan wisatawan bisa menyaksikannya dari pantai Selong Belanak. Pulau ini terlarang dikunjungi karena setiap orang yang datang ke sana akan meninggal. Duh, kok serem ya? Masyarakat sekitar pun melarang siapapun untuk datang ke pulau tersebut. Mitos ini sudah dipercaya turun temurun dan belum diketahui apa penyebabnya.

Ada satu bule yang nekad ke sana dan berakhir tragis. Ia pun meninggal dunia ketika berselancar di sana

pulau gunung wayang via travel.detik.com

Jika ingin datang mengunjungi pulau ini, kamu harus melapor kepada pemangku adat Suku Sasak yang notabene penjaga pulau itu. Harus ada ritual tertentu sebelum pergi ke sana. Itu pun dengan syarat harus ditemani oleh pemangku adat tersebut. Kalau ada yang nekat pergi ke sana, biasanya mengalami kematian. Salah satu contohnya seorang bule yang sedang berselancar di dekat pulau pun juga ditemukan telah meninggal. Konon sudah banyak yang jadi korban di pulau terlarang tersebut. Sampai sekarang belum terkuak misteri di Pulau Gunung Wayang tersebut dan sebab kenapa dilarang untuk dikunjungi.

Ada kemungkinan lain yang bisa jadi jawaban atas misteri ini. Bisa jadi ini adalah sebuah kearifan lokal dari Suku Sasak dalam menjaga ekosistem pulau agar tidak didatangi banyak orang. Jika banyak orang ditakutkan akan terjadi kerusakan alam di pulau tersebut. Tapi ini cuma sekedar asumsi. Jawaban sebenarnya tentu masih misteri, semisterius pulau Gunung Wayang tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya