Siapa sih yang nggak pengen liburan? Lari sejenak dari kepenatan urusan kantor dan me-refresh pikiranmu jelas akan membuatmu bahagia. Apalagi jika kaburmu ke tempat yang kamu suka dengan suasana yang menenangkan. Jelas sekembalinya dari sana pikiranmu akan lebih segar menyambut hari kerja.

Buat kamu fans Lord of the Ring, tentu pergi ke Desa Hobbit Shire adalah impian yang ingin kamu wujudkan.

Nah, nggak usah jauh-jauh ke New Zealand, Indonesia aja punya kok Desa Hobbit. Eh selain di Lembang, ternyata desa Hobbit tersebut juga ada loh di Purbalingga. Di sana ada Kampung Kurcaci yang nggak kalah cantiknya. Yuk weekend ini main ke sana.

Setelah sempat booming di Lembang, kini Shire hadir di Purbalingga. Lokasinya di Desa Serang

Rumah Hobbit awalnya muncul di New Zealand. Sebagai lokasi pembuatan film LOTR, tentu indahnya nggak usah kamu pertanyakan. Di Indonesia, pertama kali muncul ada di Lembang. Farmhouse Lembang menjadi pelopor rumah Hobbit di negara kita.

Advertisement

Namun, kini Shire juga ada di Purbalingga. Terletak di Desa Serang Kecamatan Karangreja, Kampung Kurcaci Purbalingga nggak kalah cantik dengan yang ada di Lembang sana. Buka mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore, kamu nggak perlu ragu untuk berlibur ke sana. Tiket masuknya murah kok. Cuma Rp 5.000,- aja!

Main ke sana, kamu bakal dimanjakan dengan rumah hobbit ala Shire di Lord of the Ring. Foto di sana apik tuh

Selamat pagi… percayalah betapa semua bisa jadi tak sama hanya dengan sudut mata berbeda dalam memandangnya. @Regrann_App from @tika_ayaku – Jangan sedih jika kita dianggap kecil oleh semua orang karna yang besar hanya milik Maha Pencipta. . KAMPUNG KURCACI Jl.Raya Brobahan desa Serang Kabupaten Purbalingga Jateng. Buka setiap hari dari 9 pagi – 5 sore. HTM Rp.5 ribu. Rute Dari Purwokerto : 1. Sokaraja-Kalimanah-Purbalingga kota-lalu ambil arah Bobotsari, nglewatin Bojongsari-Mrebet lalu belok kiri di Pertigaan Serayu (ada papan petunjuk jalur pendakian gunung Slamet/ wisata agro) menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km SEBELUM rest area lembah asri. 2. Dukuhwaluh-Larangan-Padamara-Owabong lalu belok kiri ambil arah Bobotsari, nglewatin Mrebet lalu belok kiri lagi di Pertigaan Serayu (ada papan petunjuk jalur pendakian gunung Slamet/ wisata agro) menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km SEBELUM rest area lembah asri. DARI PURBALINGGA : 1. Ambil arah Bobotsari, nglewatin Perempatan Sirongge ke utara arah Mrebet lalu belok kiri di Pertigaan Serayu (ada papan petunjuk jalur pendakian gunung Slamet/ wisata agro) menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km SEBELUM rest area lembah asri. DARI PEMALANG/RANDUDONGKAL/BELIK : 1.Ambil arah Belik – Gombong – Kutabawa/ Pratin lalu belok kanan ke arah Desa Serang (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km SETELAH rest area lembah asri. . #jalanjalan #jalanjalanku #jalanjalanpurbalingga #trippurbalingga #withbestfriend #kampungkurcaci #kampungkurcacipurbalingga #curuglawang #wisatapurbalingga #wisatapurbalinggajawatengah #visitpurbalingga #instapurbalingga #instapurwokerto #explorepurwokerto #instagaruda #explorepurbalingga #explorejateng #unsoedhitz #pemalang #purbalinggahits #wonosobohits – #regrann

A photo posted by kampung kurcaci (@kampung_kurcaci) on

Selayaknya kampung Hobbit yang ada di New Zealand dan Lembang, kamu bakal dimanjakan dengan adanya rumah dari para Hobbit. Ada dua rumah Hobbit yang bisa kamu lihat di sana. Kalau kamu ke sana, kamu jangan sampai luput untuk berfoto selfie ya.

Apalagi tempatnya di kaki gunung Slamet, pesona alam sekitarnya jelas nggak perlu kamu ragukan lagi. Mau foto instagrammu apik, coba deh ambil foto di sana.

Kamu juga bisa menikmati hutan wisata dan indahnya curug Lawang di sana. Nge-camp, juga bisa!

Curug Lawang #kampungkurcacipurbalingga #kampungkurcaci

A photo posted by Fietri Wulandari Decifi (@fitri_hanjiyoo) on

Kalau kamu main ke Kampung Kurcaci Purbalingga, kamu nggak cuma akan dimanjakan dengan rumah hobbit yang ada di sana. Kampung Kurcaci juga ternyata menyuguhkan pesona indah lainnya. Ada hutan wisata yang bisa kamu nikmati indahnya. Pohon berusia ratusan tahun akan menambah sejuknya suasana kaki gunung Slamet.

Di sana juga ada Curug Lawang yang menambah segar suasana Kampung Kurcaci. Berfoto di sana juga jadi pilihan yang tepat. Nah, buat kamu yang berencana ingin berkemah, Kampung Kurcaci Purbalingga juga bisa jadi destinasi camping yang seru.

Ada juga rumah pohon yang bisa jadi spot fotomu. Meski nggak mirip dengan rumah pohon di Kalibiru atau di Batu, namun untuk berfoto di sana nggak kalah indah. Buat kamu yang hobi baca, di Kampung Kurcaci Purbalingga juga ada perpustakaan alam. Kurang asik gimana coba baca buku dengan suasana sejuknya alam. Syahdu nian, ya.

Awalnya, Kampung Kurcaci ini berdiri karena Sekolah Alam. Dari situ ide Kampung Kurcaci mulai berkembang

Berbagi cerita bersama anak hebat @ #kampungkurcacipurbalingga

A photo posted by Do what you gotta do (@imamakhbar) on

Cikal bakal Kampung Kurcaci ini berawal dari Sekolah Alam yang berdiri di sana. Warga Desa Serang awalnya ingin menarik minat sekolah anak-anak setempat. Oleh karena itu, Sekolah Alam ini didirikan. Dengan anggapan bahwa anak akan bisa lebih rileks dalam belajar jika berada di alam terbuka.

Nah, untuk lebih menarik minat anak-anak bersekolah di sana, dibangunlah satu rumah kecil menyerupai rumah Hobbit di Lord of the Ring. Keunikannya tersebut yang membuat anak-anak tertarik bersekolah di sana.

Setelah itu nggak cuma anak-anak saja yang datang ke sana. Bahkan banyak wisatawan yang mulai berdatangan dan berfoto di depan rumah Hobbit tersebut. Unggahan foto-foto mereka di sosial media yang membuat Kampung Kurcaci ini ramai. Wajar dong kalau setelahnya Kampung Kurcaci ini jadi obyek wisata. Cakep, sih~~

Kamu nggak perlu ragu lagi untuk menghabiskan weekend-mu di sana. Tempatnya keren dan seru, loh.

Udah tertarik ‘kan liburan ke sana? Mumpung akhir tahun, agendakan berlibur ke sana ya, Gaes!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya