Katanya, punya anak itu cenderung merepotkan. Banyak orang tua baru selalu kewalahan ketika pertama kali punya anak di bawah tanggung jawabnya. Terjaga di malam hari bergantian dengan suami atau istri menjadi hal yang biasa dilakukan. Badan capek sudah bukan hal asing lagi. Tetapi semuanya tetap jadi hal yang membahagiakan karena dilakukan atas nama cinta.

Namun sebetulnya kegiatan parenting bisa jadi hal seru lho. Asalkan kamu tahu trik yang memudahkan kegiatanmu mengasuh. Mau tau apa saja triknya? Simak yuk liputan dari Hipwee yang satu ini.

1. Takut si anak tersesat? Taruh nomor ponsel orang tua di kalung cantik seperti ini. Agar mudah dihubungi

kalung nomor telepon via www.lifehack.org

2. Si kecil susah minum obat? Pakai trik ini saja, lolipop dicelup dengan larutan obat. Dijamin si obat bakalan masuk dengan sukses!

supaya anak mau minum obat via www.popsugar.com

3. Agar anak mau makan sayur, taburi brokoli dengan butiran yang manis ini. Iya, memang ada gulanya sih, tapi yang penting sayurnya tetap kemakan

brokoli dicelup gula-gula

4. Ayah jangan kalah kreatif, bikin perosotan dari kardus seperti ini bikin masa kecil mereka bahagia lho

Advertisement

dijamin mereka akan inget papahnya selamanya

5. Atau bikin ayunan di bawah meja dengan kain yang kuat. Jangan pakai pashmina Ibu lho ya. Nanti jatuh

6. Agar rumah menjadi bersih, tak ada salahnya bikin baju anakmu dengan kain pembersih seperti ini. Suruh dia ngesot gih

7. Dinding kotor bekas coretan memang menyebalkan. Untuk itu, sediakan kertas khusus untuk corat-coret

8. Cara lain agar si anak tidak tersesat. Tulis nomor telepon kamu di kulit anak

9. Latihan seru untuk si kecil yang mulai tumbuh giginya. Pakai sutil yang digantung di mainan favorit dia

melatih gigi si kecil via www.buzzfeed.com

10. Orang tua yang malas pun bisa pakai tali untuk mengayun si anak dari kejauhan. Hihi asalkan hati-hati ya, jangan sampai jatuh

ayunan remote via coolcreativity.com

11. Latih anak untuk mencuci bersih tangannya dengan membuat alat yang mudah untuk menjangkau wastafel. Yuk yuk yuk

supaya anak rajin cuci tangan via id.pinterest.com

12. Mengajari pegangan tangan si bayi agar botol susunya nggak mudah tumpah bisa diakali dengan cara ini nih

supaya pegangan susu nggak jatuh via id.pinterest.com

13. Dot bayi kamu gampang jatuh atau hilang? Sematkan di kain lapin saja

dotnya digantungin via id.pinterest.com

14. Plester stop kontak dengan bahan yang kedap aliran listrik. Nggak mau kan, si kecilmu kesetrum?

agar si kecil nggak kesetrum via id.pinterest.com

15. Memakaikan popok sudah bukan hal susah lagi kalau sebelumnya kamu pasang di pispot seperti ini

ganti popok bukan hal susah lagi via id.pinterest.com

16. Agar anakmu nggak kejepit ketika meliar di tangga, selalu sediakan jejaring untuk melindunginya

ups, jangan sampai si anak jatuh di tangga via id.pinterest.com

Nah, itulah macam-macam alat yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk membantu mengasuh anak. Memberikan pengalaman masa kecil yang berharga untuk anakmu kelak sama sekali nggak ada salahnya lho. Yuk dicoba!