Dunia anak-anak adalah dunia yang begitu dekat dengan berbagai jenis mainan. Makanya nggak heran jika semakin ke sini, mainan bagi anak-anak pun kian beragam mengikuti perkembangan zaman. Nah, sebagai calon orangtua yang baik, kamu perlu cermat dalam memilih permainan yang terbaik untuk anakmu kelak. Bukan hanya sebagai media penghibur, mainan yang baik untuk mereka adalah mainan yang sekaligus bisa jadi media pembelajaran.

Berangkat dari hal itu, nggak salah jika kamu mau berkreasi untuk membuat mainan sendiri bagi anakmu nanti. Untuk membuatnya pun kamu bisa banget memanfaatkan media yang ada di sekitarmu. Salah satunya adalah kardus bekas! Demi membantu kamu menciptakan mainan terbaik untuk si buah hati, Hipwee Wedding pun hadir dengan beberapa inspirasi mainan yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Yuk, langsung simak!

1. Bikin jalur asyik untuk bermain mobil-mobilan sambil memelajari tanda lalu lintas bisa kamu lakukan kok 🙂

yuhuuu~ via www.goody25.com

Kardus bekas di rumah bisa kamu manfaatkan untuk membuat jalur bermain mobil-mobilan. Jangan lupa juga untuk menyertakan rambu lalu lintas, supaya si kecil bisa sambil belajar memahaminya sejak dini.

2. Kardus susu bekas pun bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan rumah-rumahan bagi boneka kecilnya si kecil

Advertisement

rumah-rumahan boneka. via de.pinterest.com

Kardus susu bekas kamu pun bisa banget dimanfaatkan untuk menciptakan rumah-rumahan untuk boneka kecilnya si kecil. Dengan begitu dia bisa bermain sambil mengasah imajinasinya untuk bercerita pada boneka-boneka kesayangannya.

3. Membuat topeng-topengan pun bisa kamu lakukan dari kardus bekas tersebut!

topeng-topengan :3 via www.pinterest.com

Buat topeng-topengan juga bisa kamu lakukan. Topeng pun akan ampuh berguna untuk kamu dan si buah hati bermain peran bersama-sama. Hihihi.

4. Melatih kepercayaan dirinya bisa kamu lakukan dengan TV ala kardus ini. Ajak dia untuk berani tampil sejak dini

biar kayak masuk tivi 😀 via www.hellowonderful.co

TV dari kardus ini akan bisa banget kamu manfaatkan untuk melatih kepercayaan dirinya. Caranya mudah, coba untuk biasakan dia berani tampil sejak dini, buat seolah-olah dia tengah tampil dalam sebuah acara. 🙂

5. Wadahi dia untuk main perang-perangan! Dengan begitu, dia bisa belajar menjadi seorang yang pemberani

prajurit cilik! via www.flickr.com

Kamu pun perlu mewadahi anak lelakimu saat dia tengah main perang-perangan. Sadar atau tidak, ketika dia bertindak sebagai prajurit, secara nggak langsung dia tengah berproses untuk belajar menjadi seorang pemberani.

6. Kamu pun bisa melatihnya untuk mengenal berbagai hewan sembari belajar mewarnai dengan media seperti ini

bisa untuk belajar mewarnai, lho… via colourfulway.blogspot.com

Kardus-kardus bekas tersebut pun bisa kamu modifikasi menjadi potongan berbentuk binatang. Dengan begitu, si kecil bisa belajar mengenal berbagai jenis binatang. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak dia belajar mewarnai hewan-hewan tersebut. Yuhu~

7. Membentuk kardus menjadi kotak surat seperti ini juga akan memberikan pelajaran yang menyenangkan

kotak surat. via www.pinterest.com

Melatihnya menulis dan berkomunikasi bisa kamu lakukan dengan seolah mengajaknya untuk bertukar surat. Lalu, akan menjadi sebuah hal yang begitu menyenangkan saat kamu memiliki media sungguhan untuk mengirimkan surat tersebut. Secara tidak langsung dia akan mengerti dengan baik bagaimana proses surat-menyurat yang kini sudah banyak ditinggalkan. Dan, kamu bisa membuatnya dengan kardus saja!