“Udah lah, Dek. Nikah ‘kan nggak harus di gedung. Yang penting sakral dan kita bisa sah jadi pasangan halal.”

Semakin ke sini, biaya sewa gedung untuk pernikahan memang makin mahal. Tidak hanya di perkotaan, harga gedung pernikahan di pedesaan juga tak kalah mencekik leher. Kamu sebagai pasangan muda yang sedang merintis karir juga tentunya enggan untuk keluar budget terlalu mahal, hanya untuk memenuhi gengsi semata.

Kini kamu tak perlu kuatir lagi perihal biaya sewa gedung menjelang pernikahan, karena Hipwee Wedding akan memberikanmu rekomendasi tempat murah untuk menikah selain gedung. Simak, yuk!

1. Menghirup udara segar dan bebas dengan mengadakan pesta kebun, bisa jadi alternatif tempat pernikahan yang hemat sekaligus anggun.

mirip pesta kebun gitu via southboundbride.com

Dengan mempertimbangkan cuaca yang ada, kamu dan pasangan bisa mengadakan pesta pernikahan di kebun atau halaman luas yang beralaskan rumput hijau. Tak hanya menyegarkan pandangan mata, para tamu undangan pun akan semakin nyaman untuk berlama-lama di momen spesial yang hanya terjadi sekali seumur hidupmu.

Advertisement

Jika kamu sempat, rancanglah pesta pernikahanmu pada pagi atau sore hari, supaya udara segar dan pemandangan awan yang indah bisa menjadi suguhan gratis bagi kamu dan orang-orang tersayang.

2. Pinggir pantai takkan pernah gagal menambah keromantisanmu dengan pasangan. Momen sakral yang indah bukan lagi sebatas angan.

di pinggir pantai biar tambah romantis via jetfeteblog.com

Seperti pada adegan di film-film, pinggir pantai adalah tempat favorit pasangan untuk menikmati momen romantis serta jauh dari kebisingan kota. Getaran cinta di dada seolah berbaur sempurna dengan debur ombak yang tak kalah indahnya. Begitu pun ketika kamu dan pasangan melangsungkan pernikahan di pinggir pantai dengan puluhan cahaya lilin sebagai penerangannya.

“Tak perlu banyak mengundang tamu, supaya suasana sakral makin terasa di pernikahanmu.”

3. Atau di pinggir danau aja, kalau kamu malas ke pantai saking jauhnya.

pinggir danau nggak kalah eksotisnya via insideweddings.com

“Ke pantai jauh, panas plus agak susah akomodasinya. Yaudah pinggir danau aja deh…”

Tidak masalah kalau kamu ingin mengganti konsep pesta pantai menjadi pesta danau. Suasana keduanya yang tak jauh beda tetap bisa menghangatkan perhelatan sakralmu dan pasangan, meski dengan biaya minim dan tak menguras kantong.

Pilihlah spot-spot yang dekat dengan pohon, agar kamu bisa menggantung banyak lampu atau hiasan lain yang bakal menunjang seluruh acara perikahanmu dari awal hingga akhir.

4. Kalau restoran biasa cenderung mahal, kamu bisa pilih restoran bernuansa vintage supaya lebih murah tapi berkesan.

sewa saja restoran bernuansa etnik via standart.co.uk

Nggak cuma anti mainstream, restoran bernuansa vintage dengan dekorasi kayu akan lebih mengesankan dibanding restoran biasa yang tarifnya lebih mahal. Sewa saja satu ruangan lebar di restoran tadi, supaya budgetmu tetap hemat karena tak mengundang banyak tamu undangan.

Hiasi dengan balon-balon atau bunga gantung biar tidak kaku dan menambah suasana pernikahan yang santai namun tetap romantis.

5. Dibanding gedung, menyewa pendopo berukuran sedang tentu lebih hemat. Undang tamu secukupnya, yang penting budget perniakahnmu selamat.

lebih baik pendopo daripada gedung via seputarpernikahan.com

Menyewa pendopo berukuran sedang tentu lebih murah dibanding gedung yang ukurannya jauh besar dan harganya mahal. Kamu perlu tahu dulu bahwa pernikahan yang sakral itu tak harus mewah, yang penting hikmat dan semua orang-orang terdekat bisa berkumpul di satu tempat.

6. Pada akhirnya, rumah memang tempat terbaik untuk menunaikan pernikahan. Nggak mewah nggak apa-apa, yang penting sah.

kalo nggak ya di rumah aja deh… via friartux.com

Jika kamu ingin mengalihkan biaya sewa gedung ke kebutuhan lain, memilih rumah sebagai tempat ‘persinggahan terakhir’ merupakan pilihan yang terbaik. Apalagi jika rumahmu memiliki halaman atau taman belakang yang luas, prosesi pernikahan bisa kamu gelar dan laksanakan di sana, tanpa ada limit waktu dan biaya.

Seluruh keluarga pun akan berkumpul dan menjadi saksi halalnya kamu dan pasangan, demi meniti indahnya masa depan. Jangan kuatir kalau perniakahanmu takkan berkesan, kamu cukup menyiapkan dekorasi handmade seperti balon, bunga atau kelambu bernuansa pastel supaya romantis dan tidak hambar. Good luck!

Ingat, menikah itu tak perlu mewah, yang penting sah.