3 Alasan Mengapa Melanjutkan Sekolah di Luar Negeri Patut Diimpikan Banyak Orang

Sekolah di luar negeri

Melanjutkan sekolah di luar negeri adalah impian sebagian besar orang. Baik itu lulusan SMA yang ingin meraih gelar sarjana, sarjana yang ingin mendapatkan gelar magister, hingga magister yang ingin meraih gelar akademik tertinggi yaitu doktor.

Nah, impian untuk melanjutkan sekolah di luar negeri tentu bukan hanya demi gengsi atau keren-kerenan doang. Setidaknya ada beberapa alasan valid mengapa bersekolah di luar negeri patut diimpikan banyak orang.

1. Sekolah di luar negeri punya bidang studi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan industri

Sekolah ke luar negeri jadi impian banyak orang (foto: iStockphoto)

Boleh diakui kalau kualitas pendidikan di Indonesia kian membaik setiap tahunnya. Akan tetapi, jika dibanding dengan kualitas pendidikan luar negeri, negara kita masih harus mengejar beberapa langkah. Banyak hal yang bisa dikemukakan untuk menjawab hal ini.

Sekolah khususnya perguruan tinggi di luar negeri, sejak lama terkenal punya bidang studi mutakhir, spesifik dan sesuai dengan kebutuhan industri dan zamannya. Ini yang membuat sekolah luar negeri lebih unggul. Misalnya, jika perguruan tinggi Indonesia hanya punya jurusan biologi, perguruan tinggi luar negeri punya jurusan biologi kelautan.

Nah, jika melanjutkan pendidikan dimaksudkan sebagai persiapan masa depan, maka jurusan-jurusan mutakhir sudah selayaknya dikejar banyak orang.

2. Kualitas dan standar pendidikan di luar negeri jauh lebih tinggi

Standar dan kualitas pendidikan luar negeri lebih tinggi (foto: iStockphoto)

Selain menawarkan ragam bidang studi yang lebih spesifik, perguruan tinggi di luar negeri juga menerapkan kurikulum internasional. Dengan kata lain, standar pendidikannya pun tinggi dengan fasilitas penunjang seperti laboratorium dan perpustakaan yang lebih canggih dan lengkap. Dan tentu berstandar internasional.

Di samping itu, metode pembelajaran yang diusung oleh perguruan luar negeri jauh berbeda dari yang bisa kamu temukan di Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi, banyak pengamat dan ahli yang bilang metode pengajaran program sarjana di Indonesia masih belum cukup aplikatif. Hal ini tercermin dari banyaknya sarjana yang canggung ketika terjun ke dunia industri.

Sementara di perguruan tinggi luar negeri, metode pembelajarannya dirancang dengan lebih aplikatif, dan berorientasi pada praktik serta riset. Program magang di perguruan tinggi luar negeri, misalnya, nggak sekadar formalitas nilai. Laboratorium dan fasilitas canggih lainnya pun memungkinkan mahasiswa terlibat langsung dalam proyek-proyek yang dapat mendongkrak kapasitas diri.

3. Bersekolah di luar negeri menawarkan pengalaman internasional yang penting di era saat ini

Belajar di luar negeri bisa kasih kesempatan bertemu orang dengan berbagai latar belakang (foto: iStockphoto)

Nggak dipungkiri, pengalaman internasional adalah bekal penting hari ini, dan menempuh pendidikan di luar negeri adalah salah satu jalan ninja yang bisa diandalkan. Dengan berkuliah di luar negeri, secara otomatis kamu akan mendapat perspektif baru karena dunia yang dihadapi jauh lebih luas. Plus, kamu akan bertemu dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara.

Bersekolah di luar negeri artinya kamu juga akan berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dan bahasa. Hal ini penting untuk membentuk sikap fleksibel yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Ingat, bekerja di perusahaan asing sudah bukan hal yang langka lo.

Selain itu, dengan tinggal dan bersekolah di luar negeri, mau nggak mau kamu akan ditempa untuk punya kemampuan analisis dan penyelesaian masalah. Kamu secara nggak langsung juga sudah memutus ketergantungan dengan apa yang selama ini memudahkanmu. Persoalan yang akan kamu hadapi di luar negeri juga lebih banyak dibanding tinggal di kampung halaman. Kemampuan analisis dan penyelesaian masalah ini adalah dua hal penting untuk bertahan dalam dunia kerja.

Nah, itu dia tiga alasan valid mengapa bersekolah di luar negeri patut diimpikan banyak orang. Kamu punya alasan lainnya? Kalau punya, kebetulan banget, nih! Hipwee dan Qatar Airways Student Club ingin mengajakmu untuk ikut membagikan cerita tentang serba-serbi impianmu melanjutkan sekolah di luar negeri lewat kompetisi menulis #BelajarDiNegeriOrang.

Kamu bisa menuliskan cerita apapun mengenai sekolah di luar negeri. Mulai dari tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri, sekolah yang didambakan, kota studi yang diimpikan, atau jurusan yang diharapkan, pokoknya apapun! Kamu yang saat ini sedang berjuang untuk bisa sekolah ke luar negeri juga boleh banget ikutan. Kamu bisa berbagi langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan, seperti perjuangan cari beasiswa, kiat-kiat lolos seleksi beasiswa, tips menemukan kampus idaman, atau hal penting lainnya.

Selain bisa saling menginspirasi lewat cerita, dalam kompetisi ini kamu juga berkesempatan dapat berbagai macam hadiah, lo. Hipwee dan Qatar Airways sudah menyiapkan hadiah mulai dari laptop, smartphone, uang tunai, hingga merch eksklusif. Menarik, kan? Jangan lupa cari tahu benefit dari Qatar Airways Student Club di sini ya supaya kamu bisa berpeluang dan berkesempatan menang.

Yuk, cek syarat dan ketentuan kompetisinya di bawah ini.

Syarat peserta:
  1. WAJIB memiliki akun di Hipwee. Kalau belum punya, silakan buat akunmu di sini.
  2. WAJIB memiliki atau mendaftarkan dirimu pada Student Club of Qatar Airways di sini. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat mulai dari harga spesial tiket, fleksibilitas perubahan jadwal, hingga free Wi-Fi.
  3. Kamu wajib mengisi formulir pendaftaran yang bisa diakses di sini.
  4. Kamu wajib follow akun media sosial Hipwee dan Hipwee Community, mulai dari Instagram, Twitter, sampai Tiktok.

Ketentuan Tulisan:

1. Tulisan dikirimkan melalui web Hipwee.

2. Tulisan harus orisinal dan tidak mengandung unsur plagiasi.

3. Tulisan bisa dalam format Listicle atau Narasi. Panduan menulisnya sebagai berikut:

Panduan menulis Listicle
Panduan menulis Narasi
Panduan menuliskan sumber gambar
Panduan menulis di Hipwee

4. Tulis artikelmu dengan format judul: #BelajarDiNegeriOrang–Judul Tulisan

5. Jangan lupa sertakan dan mention “Qatar Airways Student Club” di dalam tulisanmu.

Contoh:

#BelajarDiNegeriOrang-Ini 6 Tips untuk Kamu yang Berencana Melanjutkan Studi ke Eropa
#BelajarDiNegeriOrang-Ceritaku yang Pernah Menyicip Studi ke Luar Negeri, Kalau Ada Usaha Pasti ada Jalan!

6. Tambahan tag #BelajarDiNegeriOrang di dalam artikel

7. Satu peserta BOLEH mengirimkan lebih dari satu tulisan.

8. Kompetisi ini berlangsung mulai 22 Februari hingga 22 Maret 2021.

9. Jangan lupa share tulisan kamu di sosial media dan tambahkan #BelajarDiNegeriOrang serta tag @hipwee @QatarAirways dan @hipweecommunity biar makin banyak orang yang membaca tulisanmu 😊

Bagaimana, syarat dan ketentuannya mudah, kan? Tapi jika kamu masih butuh informasi lebih lanjut terkait kompetisinya, bisa langsung hubungi Hipwee via email community@hipwee.com. Jangan lupa untuk mencantumkan subjek email “Tanya #BelajarDiNegeriOrang” supaya e-mail-mu tidak tenggelam, ya.

Atau supaya lebih gampang, kamu bisa gabung di grup WhatsApp khusus untuk kompetisi menulis #BelajarDiNegeriOrang  dengan cara klik di sini.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up