AQUA Ajak Konsumen Lihat Sumber Air dan Proses Pengemasan Produk AQUA Lewat Kunjungan Virtual

Kunjungan virtual pabrik AQUA

Sejak pandemi covid-19 merebak, kebersihan jadi isu penting yang kembali diperhatikan banyak orang. Seperti contoh, jika sebelumnya masih banyak yang cenderung abai untuk sekadar mencuci tangan, kini hal tersebut jadi yang paling sering kita lakukan.

Advertisement

Nggak hanya soal kebersihan badan, sikap kritis dan waspada belakangan juga muncul untuk urusan makanan serta minuman. Banyak dari kita yang kemudian lebih mengutamakan masak sendiri, atau jika harus membeli bahan makanan dan minuman jadi lebih selektif. Nah, AQUA dengan komitmen menjaga kemurnian air dari sumber hingga sampai ke tangan pembeli, di tengah pandemi ini memberikan jaminan tersebut lewat kunjungan virtual ke salah satu pabrik AQUA di Ciherang, Jawa Barat via YouTube live, Selasa (18/8/2020).

Dalam kunjungan virtual ini AQUA mengajak para konsumen untuk bisa melihat bagaimana mereka menjaga sumber air serta ekosistem di sekitarnya

Pengujian air AQUA (Dok. AQUA) via aqua.co.id

Di mulai dari hulu, untuk menjaga sumber mata air di Ciherang misalnya, AQUA telah menanam 2,5 juta pohon di sekitaran wilayah sumber mata air yang sekaligus turut melestarikan 1.500 spesies flora dan fauna. Sumber air yang mengalir dari kealamian ekosistem tersebut dijelaskan akan mengalir ke Rumah Sumber Air yang steril karena hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu.

Setelah diajak menyimak keadaan hulu sumber air AQUA di Ciherang, perjalanan virtual berlanjut dengan menyaksikan proses seleksi dan pembersihan galon AQUA yang kembali ke pabrik setelah digunakan konsumen. AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director Azwar Satrya Muhammad, mengatakan galon-galon tersebut akan dibersihkan dengan standar quality control yang ketat, dengan fasilitas produksi yang sudah dapat sertifikat jaminan keamanan pangan internasional sebelum bisa diisi kembali.

Advertisement

Proses seleksi dan pembersihan galon Danone-AQUA (Dok. AQUA) via aqua.co.id

“Seluruh produk AQUA secara rutin diuji melalui 400 parameter kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM. Rangkaian proses yang disaksikan selama perjalanan virtual ini telah mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi kami telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000,” jelas Azwar dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima, Selasa (18/8/2020).

Lebih lanjut Azwar menerangkan, setelah proses pembersihan galon akan diisi dengan air dengan kandungan mineral yang masih terlindungi. Selanjutnya akan ditutup rapat menggunakan tutup berteknologi double injection yang telah dipatenkan AQUA agar kualitas air dari pabrik terlindungi hingga sampai ke tangan konsumen. Untuk menghindari pemalsuan, selain menggunakan teknologi double injection AQUA juga menggunakan teknologi double coding pada bagian tutup dan badan galon.

Kunjungan virtual ke pabrik AQUA bisa menepis kekhawatiran konsumen soal keamanan produk konsumsi

Advertisement

Proses seleksi dan pembersihan galon Danone-AQUA (Dok. AQUA) via aqua.co.id

Turut hadir dalam perjalanan virtual Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo, mengatakan berbagai teknologi yang digunakan produsen seperti AQUA ini merupakan hasil inovasi para pakar selama bertahun-tahun, dengan tujuan memastikan produk yang sampai ke tangan konsumen aman dan bermutu. Dari sekian banyak inovasi dari produsen air minum, Eko mengapresiasi kehadiran galon guna ulang berikut proses pembersihan yang ketat karena bisa digunakan berkali-kali tanpa menambah jumlah sampah.

“Inovasi pun telah membuat kemasan seperti galon guna ulang ini aman digunakan berkali-kali dan ramah lingkungan karena tidak menambah jumlah sampah,” kata Eko.

Sementara ibu dari satu anak sekaligus presenter Shahnaz Soehartono, yang mengaku cukup khawatir dengan keamanan produk konsumsi selama pandemi ini, merasa inisiatif kunjungan virtual AQUA ini bisa jadi alasan untuk menepis kekhawatiran tersebut karena masyarakat bisa memastikan sendiri apakah produk yang akan mereka konsumsi aman.

“Melalui informasi ini para konsumen khususnya para ibu seperti saya, dapat menjadi lebih bijaksana dalam memilih produk air mineral untuk dikonsumsi keluarga. Tidak hanya jaminan kualitas dan keamanan produk, tapi kita juga harus tetap memperhatikan bagaimana produk yang kita beli dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kelestarian lingkungan hidup, demi masa depan anak-cucu kita,” ucapnya.

Nah, seluruh proses di pabrik AQUA yang bisa disaksikan dalam kunjungan virtual tersebut dilakukan tanpa tersentuh tangan manusia, sehingga kualitas produk bisa terjamin. Selain itu, di masa pandemi ini AQUA juga telah menerapkan protokol keamanan dan kesehatan baru yang wajib ditaati oleh seluruh pekerja di pabrik untuk menjamin keamanan dan kesehatan mereka saat bekerja.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE