Kreator Terbaik Bulan September 2022, Mengalihkan Emosi secara Produktif

Bagi orang-orang yang nggak suka menulis, mungkin kegiatan yang satu ini akan menjadi sebuah beban. Namun, siapa yang menyangka bahwa bagi beberapa orang, menulis justru merupakan sebuah hal yang menyembuhkan. Berbagai bentuk emosi yang dirasakan bisa disalurkan melalui tulisan. Tak hanya hal yang membuat bahagia saja, tapi juga hal-hal yang menyesakkan dada.

Beberapa penulis di Hipwee Creator Community sudah mempraktikkannya, lo. Simak yuk cerita dan pesan dari tiga kreator terbaik bulan September 2022 berikut ini!

Menulis bukan sekadar hobi bagi Dewi Aryanti, tapi juga sebuah cara menyalurkan perasaan

Dewi Aryanti/ Illustration by Hipwee

Menulis itu menyembuhkan. Bagi saya menulis tidak hanya sekedar hobi, tapi juga cara saya menyalurkan emosi, bahagia, gelisah dan ketidaknyamanan.

Tulisan yang dibuat dengan pengalaman pribadi tentunya juga lebih ngena ke hati pembaca. Selain itu, kita bisa menjadi narasumber juga untuk tulisan sendiri sehingga tulisan menyajikan pengalaman yang benar-benar dirasakan tanpa perlu dikurangi atau dilebih-lebihkan. Hal ini sesuai dengan kutipan favorit Dewi,

Allahumma yassir wala tu’assir artinya “Permudahlah, jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk bisa melakukan hal yang serupa dengannya, Dewi berpesan, “Menulislah dari hati agar apa yang ingin disampaikan melalui tulisan dapat dipahami dan diterima banyak orang.”

Penasaran dengan tulisan-tulisan Dewi Aryanti? Simak di sini ya!

Siti Nurjanah juga menggunakan tulisan sebagai media untuk terapi

Siti Nurjanah/ Illustration by Hipwee

Menulis adalah terapi untuk diriku sendiri. Ketika banyak hal tidak bisa aku utarakan dengan ucapan, aku bisa menyampaikan melalui tulisan dengan jangkauan yang lebih luas. Apalagi kalau artikel yang aku tulis bisa mewakili isi hati para pembaca setia Hipwee, rasanya bahagia banget.

Ketika merasa tak ada yang mendengarkan, membaginya melalui tulisan bisa menjangkau lebih banyak orang. Bukan hanya perasaan yang tersalurkan, jika kualitas tulisan kita baik bukan nggak mungkin kita juga bisa membagikan manfaat melaluinya. Manurutnya yang terpenting “Percaya dan yakin sama kemampuan diri sendiri dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru.”

Ada pesan juga nih dari Siti Nurjanah untukmu,

Untuk teman-teman Hipwee Creator Community tetap semangat dalam berkarya melalui tulisan. Jangan menyerah walaupun mungkin tulisanya belum bagus dan kadang ditolak editor. 🙂

Ingin membaca tulisan-tulisan Siti Nurjanah? Cek di sini ya!

Biar nggak numpuk di kepala, Ragil Ara Winda menggunakan tulisan untuk menampung isi pikirannya

Ragil Ara Winda/ Illustration by Hipwee

Motivasinya menulis biar gak penuh numpuk di kepala aja hehe. Soalnya sering kali ada aja kendala di kehidupan sehari-hari. Kadang udah cerita ke orang terdekat, tapi berasa masih penuh aja. Lalu coba menuangkannya dalam tulisan, ada kelegaan tersendiri.

Tak hanya itu, menurutnya melalui tulisan, saat kangen dengan suatu momen dan ingin merasakan atau sekadar mengingat momen itu lagi, kita bisa kembali membaca tulisan terdahulu saja. Ada masanya Ragil ragu untuk menulis karena takut tak ada yang membaca. Namun, kemudian ia tersadar bahwa nggak perlu orang lain yang membaca karena ia bisa menulis untuk diri sendiri. Hal ini juga membuatnya mampu menjaga ekspektasi, layaknya kutipan yang paling sukai.

Jalani sebaik mungkin apa pun itu, tapi juga sekaligus bersiap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi. Karena sering kali kita lupa bahwa tidak semua hal bisa kita dapatkan, tidak semua hal akan berjalan sesuai keinginan kita. Jadi, jaga harapan dan ekspetasi.

Terakhir, ada pesan dari Ragil untuk kamu para penulis.

Tetaplah menulis, karena mungkin dengan menulis kamu akan tetap hidup. Dan mungkin dengan tulisanmu, kamu bisa membuat orang lain tetap hidup.

Kamu bisa membaca tulisan-tulisan Ragil di sini!

Yuk mulai menulis!

Ingin seperti mereka? Ayo tulis dan buat artikelmu dengan klik “Tulis Artikel” di pojok kanan atas halaman Hipwee, jangan lupa untuk menyebarkannya di media sosial kalian ya! Supaya kamu dapat menginspirasi anak muda Indonesia lebih dan lebih lagi. Karena setiap bulannya Hipwee akan memilih kontributor-kontributor terbaik untuk Hipwee ulas dan akan kita kirimkan kejutan ke rumahmu.

Karena semua bisa jadi penulis dan ceritamu selalu layak dibagi.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis