• 4 November 2017, Pkl 06:30 PM
  • Grand Auditorium UBM - Ancol

Seri konser tahunan Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) yang menampilkan soundtrack film legendaris, “The Legends”,  akhirnya memasuki seri ke-lima tahun ini. The Legends yang selalu dihadiri lebih dari 1000 penonton pada setiap edisinya terasa begitu spesial pada tahun ini karena menandakan 5 tahun berdirinya TRUST Orchestra sebagai salah satu orkestra komunitas remaja terbesar di tanah air dan satu-satunya orkestra yang bernaung di bawah label musik profesional – Trinity Optima Production.

Di bawah arahan conductor Dr. Nathania Karina dan diperkuat lebih dari 100 musisi di atas panggung, The Legends 5 akan menampilkan soundtrack legendaris dari layar lebar Indonesia seperti Ada Apa dengan Cinta, Petualangan Sherina, Badai Pasti Berlalu, Ayat-ayat Cinta, Habibie Ainun, Perahu Kertas, Laskar Pelangi, dan masih banyak lagi. Armand Maulana dan Naga Lyla akan turut memeriahkan The Legends 5 bersama sederet nama besar yang pernah berkolaborasi dengan TRUST sejak TRUST pertama kali berdiri, seperti Artidewi, Trisouls, Nesia Ardi, GIANA, Chicha AFI, Indah Anastasya, Aluna Rafflesia Choir serta Regina dan Celine Handoko.

Tema Layar Emas Indonesia dirasa sangat pas sekali untuk diangkat mengingat saat ini industri film Indonesia sedang kembali bergiat dan bangkit di antara serbuan begitu banyak film produksi asing. Sebuah film yang bermutu tentunya tidak terlepas dari lagu yang menghiasi film tersebut. Lagu yang tepat dapat membawa penonton ke dalam dunia film yang tanpa batas dan menjadikan gambar-gambar tersebut menjadi lebih nyata dan hidup.

TRUST yang pernah menjadi home orchestra dari Festival Film Indonesia “Piala Citra” di tahun 2015 akan menghadirkan 15 lagu dengan total durasi kurang lebih 2 jam. Konser ini akan dipandu oleh penyiar radio papan atas Indonesia Tommy Prabowo. Menariknya, lagu-lagu yang dibawakan secara khusus diaransemen untuk konser ini oleh sederet arranger muda berbakat Indonesia.

Konser The Legends 5: Layar Emas Indonesia tentunya akan memanjakan pecinta musik orkestra dan film di tanah air karena jarang sekali ada orkestra di Indonesia yang menghadirkan lagu-lagu non-classic. Konser TRUST terdahulu, The Legends 4: Superheroes dihadiri lebih dari 1000 penonton, dimana tiket konser sudah terjual habis seminggu sebelum acara. The Legends 4 turut dimeriahkan oleh berbagai komunitas superhero dan cosplay Indonesia. Lewat konser ini TRUST hendak menunjukan eksistensi mereka sebagai salah satu orkestra komunitas terbaik di Jakarta, menghapus anggapan bahwa musik orkestra identik dengan sesuatu yang membosankan, mendorong generasi muda untuk semakin mencintai musik original Indonesia, serta mendukung industri musik dan perfilman Nasional.

Advertisement

PROFIL Trinity Youth Symphony Orchestra

Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) adalah orkestra remaja terbesar di Jakarta dan satu-satunya yang bernaung di bawah label musik profesional yaitu Trinity Optima Production sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. TRUST diadopsi dari sebuah orkes komunitas di Jakarta Utara – Andante Youth Community Orchestra yang sudah berdiri sejak Oktober 2008 dan meluncurkan program perdana pada Februari 2013. TRUST bersifat non-profit, seluruh dana yang terhimpun dari aktivitas TRUST digunakan untuk pengembangan orkestra maupun penyelenggaraan konser mandiri dan ditujukan untuk orang muda berusia 10 sampai 30 tahun. Keanggotaan TRUST terbuka untuk umum dan setiap orang berkesempatan untuk bergabung selama mereka berkomitmen dan mencintai musik.

Sejak awal TRUST memiliki komitmen untuk memberikan wadah bagi orang muda untuk belajar, mengapresiasi musik serta memberikan pathway to music industry. Program ini diwujudkan dengan nyata dengan memberikan berbagai kesempatan langka untuk tampil bersama nama-nama besar di Industri musik baik di televisi maupun off air performance. Segi edukasi diwujudkan dengan komitmen bahwa setiap lagu yang dimainkan oleh TRUST pasti memiliki bobot dan nilai artistik musikal yang baik.

Di tengah maraknya grup orkestra pada saat ini, TRUST merupakan cerminan sebuah komunitas musik yang sehat, mengingat sedikit sekali grup orkestra di Jakarta yang mampu bertahan. Team work yang solid, disiplin dan komitmen untuk menghadirkan musik yang berbobot menjadi salah satu dari banyaknya daya tarik TRUST. Konser tahunan TRUST yang bertema movie soundtrack selalu penuh terisi lebih dari 1000 penonton merupakan selebrasi dari bakat-bakat muda Indonesia.

Di bawah asuhan Dr. Nathania Karina, latihan di TRUST bersifat intensif namum fun. Setiap anggota didukung untuk mengasah kemampuan individu mereka semaksimal mungkin. Berbeda dengan anggapan orkestra selalu membosankana, repertoar lagu yang dimainkan sangat bervariasi mulai dari klasik, pop, rock, jazz sampai tradisional.

TRUST sukses tampil mewakili Indonesia pada event Australia International Music Festival 2015 di Sydney Opera House, menjadi home orchestra dari Indonesia Orchestra Ensemble Festival 2016 & 2017, home orchestra Indonesia Film Festival 2015, Special project Java Jazz International Festival 2015 dan pada Juni 2017 kemarin sukses tampil bersama Malaysian Youth Philharmonic Orchestra di Kuala Lumpur, menjadi satu-satunya orchestra yang pernah tampil di Balai Kota atas undangan Bapak Djarot selaku Gubenur dalam acara Senandung Sore Jakarta dan konser kolaborasi dengan Siero Chamber Orchestra asal Spanyol sebagai bagian dari Vinculos Project Tour Indonesia.

In Music We TRUST!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya