Ingat nggak kamu pernah pakai Nokia 3315 yang bunyinya monophonic? Nada deringnya bahkan lebih mirip bunyi alarm yang bakal seketika mengagetkanmu untuk segera bangun. Tapi zaman berlalu begitu cepat, sayang. Kini gawai legendaris itu bahkan sudah masuk kategori benda klasik yang kegunaannya tak lebih dari benda koleksi.

Teknologi yang mengalami perubahan begitu cepat membuat masa depan seolah sudah terjadi hari ini. Kemungkinan kemajuan di bidang ini masih akan terus berkembang dan semakin mempermudah kegiatan manusia. Nggak kebayang deh lima puluh tahun lagi bakal kayak apa. Sembari menerka-nerka, yuk kilas balik potret perubahan teknologi yang sudah terekam zaman. Sudah disusun rapi oleh tim Hipwee News & Feature, simak sob!

Hampir semua yang pernah punya Nokia 3315 pasti susah move on dari gawai bandel satu ini. Mau kebanting puluhan kali juga tetap bertahan

Dengan segala keterbatasannya, kita pernah begitu jatuh cinta dengan N3315 via tirto.id

Mac pro yang saat ini jadi barang mewah dan kebanggaan pemiliknya merupakan transformasi panjang dari model awalnya yang sangat sederhana

Sejak pendirinya masih hidup, mac besutan apple memang sudah jadi sorotan via www.thisisinsider.com

Teknologi VR atau virtual reality juga hasil riset panjang dari bentuk sebelumnya yang lebih mirip alat buat cuci otak. Untungnya VR sekarang bentuknya keren

Gambarnya yang dihasilkan juga jauh lebih nyata nih via www.thisisinsider.com

Media massa konvensional yang dipunyai hampir semua orang yaitu televisi juga terus mengalami perkembangan dari bentuk awalnya yang sangat klasik. Sekarang super simpel

Layar televisi dulu pernah sekecil itu dengan mesin sebesar itu, sekarang? hmmm

Dari TV datar, melengkung, sampai yang bisa dilipat, kini ada~ via www.slashgear.com

Nggak terkecuali console game yang makin berkelas aja kelihatannya. Makin mahal juga nggak sih?!

Sekarang console game bisa lebih interaktif dengan teknologi sensor gerak via adlads.wordpress.com

Gamer tahun 90-an nggak mengenal istilah MOBA. Mereka main tetris dan snake di gamebot saja sudah sangat bahagia

Kalau dibawa ke sekolah selalu disita guru BP, duh! via hai.grid.id

Anak yang lahir di tahun 80 dan 90-an pasti paham banget betapa berharganya satu jepretan foto pakai tustel. Nah sekarang pakai mirrorless mau berapa kali aja bisa…

Dulu harus cuci cetak dan nunggu berhari-hari, sekarang cukup cekrek upload aja via seputaranduniateknologi.blogspot.co.id

Zaman dulu kalau ndengerin musik biar keren pakai Walkman. Sekarang udah ada iPod dong, lebih praktis dan desainnya kece

Sama gaulnya kok! via www.impactlab.net

Ingatkah kalian dengan kaset pita? Kalau mau rewind atau dicepetein kadang diputar pakai pensil

Sekarang tinggal colok flashdisk saja beres via commons.wikimedia.org

Menyimpan data dulu hal yang sangat sulit, disket hanya muat maksimal 3mb lho. Saat ini pun ada flashdisk yang mampu menyimpan sampai 2 terabyte

Dari yang ribet ke yang praktis dan canggih via www.sefsed.com

Advertisement

Bagaimana pun juga perubahan dan perkembangan teknologi memanglah halnyang seharusnya terus ada. Kalau teknologi nggak berkembang, justru perlu dipertanyakan. Teknologi juga menyangkut bagaimana ilmu pengetahuan mampu memberika andil dalam hidup manusia secara praktikal. Nah, kamu yang pengamat gawai lebih suka koleksi yang klasik atau memburu yang terbaru nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya