Dari tahun ke tahun, manusia terus melakukan inovasi di segala bidang, termasuk teknologi. Teknlogi juga bidang yang sangat mudah dikembangkan dan divariasikan ke arah yang lebih simpel dan praktis. Tujuannya lagi-lagi untuk menunjang gaya hidup dan mempermudah manusia. Baru-baru ini perusahaan teknologi ternama asal Korea Selatan, LG, baru aja memamerkan inovasi televisi terbarunya yang canggih banget.

Setelah ada teknologi TV datar, HD, smart, serta melengkung, kini dunia tampaknya sudah sampai di zaman di mana televisi bisa dilipat dan digulung. Sebagaimana dilaporkan CNN, dalam pameran internasional Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang berlangsung di Las Vegas tidak lama ini, LG memperkenalkan prototipe televisi sebesar 65 inchi yang bisa digulung. Yup, beneran bisa digulung kayak sehelai kertas guys! Yuk intip canggihnya televisi ini ini bareng Hipwee News & Feature!

LG memamerkan televisi yang bisa digulung. Ketika tidak sedang digunakan, tinggal digulung dan dimasukkan kembali ke dalam kotak

Advertisement

International CES (Consumer Electronics Show) merupakan gelaran tahunan tempat berkumpulnya banyak pengembang teknologi yang memamerkan temuan canggih dan terbarunya. Pada gelaran ini, perusahaan asal Korea Selatan LG berhasil mengembangkan televisi jenis baru, yaitu televisi yang layarnya bisa digulung. Layar televisi yang diciptakan memiliki lebar 65 inchi dengan teknologi gambar 4k loh! Kalau sebelumnya layar televisi berbentuk datar, hingga melengkung, kali ini layarnya bahkan tipis seperti kertas. Dengan satu tombol, televisi yang tergulung terbuka dan langsung menampilkan gambar yang diinginkan. Canggih banget!

Pada tahun lalu, layar gulung a la LG sebenarnya sudah diperkenalkan. Namun hanya sebesar 18 inchi dan belum menjangkau layar 4k

Pada 2016 lalu, LG pernah memperkenalkan teknologi layar gulung. Layaknya kertas, televisi itu pun mudah dibawa kemana-mana. Coba deh saksikan video di atas. Sayangnya televisi gulung dengan lebar 18 inchi ini belum memiliki teknologi layar HD (High Definition). Teknologinya pun masih berupa prototipe mentah yang sangat belum siap dilepas ke pasaran. Nah untuk yang baru saja diperkenalkan dalam CES 2018, teknologi layarnnya sudah punya teknologi 4k yang bahkan sudah lebih bagus dari HD. Di tambah, ukurannya yang lebih besar dan memiliki tombol otomatis untuk menggulung dan menaikkannya.

Kalau memiliki telivisi ini, penggunaan ruangan bisa lebih efisien lagi. TVnya bisa ‘disembunyikan’ kok!

TVnya dimana hayo? via www.youtube.com

Mengapa harus digulung? Salah satu kemudahan yang didapat ketika menggunakan televisi ini adalah efisiensi ruangan. Televisi bisa kapan saja digulung ke dalam sebuat kotak dan ‘disembunyikan’. Selagi tak digunakan, kotak berisi televisi bahkan bisa dipakai untuk meja kopi dan meletakkan barang-barang. Selain diletakkan di bawah seperti contoh yang terlihat pada video, televisi ini bisa diletakkan di atas. Sehingga ketika gulungan dibuka, televisi terbuka dari atas ke bawah, ini juga bisa membuat dekorasi ruangan lebih simpel dan minimalis.

Selain efisien, kamu bisa pilih seberapa lebar layar akan dibuka

Kalau cuma mau dengar musik dan prakiraan cuaca, bisa disetting dengan mode ini via money.cnn.com

Advertisement

Selain efisiensi, pengguna televisi ini bia menyesuaikan aspek rasio tayangan loh. Misalnya, jika kamu hanya ingin mendengarkan musik, maka bagian layar yang terbuka hanya sebagian saja. Untuk menonton film dengan theatre mode kamu juga nggak perlu menaikkan dan memaksimalkan layar. Tapi kalau ingin menonton dengan layar maksimal, kamu juga bisa mengaturnya. Gambar yang ada di televisi pun bisa menyesuaikan.Rencananya LG juga akan mengembangkan televisi ini menjadi 88 inchi dengan teknologi layar 8k.

Namun saat ini pihak LG mengakui kalau biaya produksi teknologi ini masih terlalu besar, sehingga kesempatan ini hanya digunakan untuk memperlihatkan inovasinya terlebih dahulu. Kalau biaya produksinya sudah ‘masuk akal’, tentunya produk ini bakal segera dilepas ke pasaran. Sambil sabar menunggu teknologinya dikembangkan, nabung-nabung dulu deh. Siapa tau suatu saat kalau sudah resmi dijual, kamu bisa langsung membawanya pulang! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya