Belakangan ini, pemberitaan di media massa banyak didominasi oleh rentetan kasus demam berdarah (DB) yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Di musim-musim penghujan seperti ini, perkembangbiakkan nyamuk memang jadi meningkat drastis. Virus-virus penyakit juga jadi lebih ‘liar’ dari biasanya. Jangan kaget kalau di sekelilingmu jadi banyak orang terserang flu, demam, atau gejala lain yang merujuk ke penyakit lebih serius seperti DB atau tipes.

Untuk kasus DB sendiri, sepanjang Januari 2019 aja sudah ada ribuan kasus yang dilaporkan terjadi di Indonesia lo. Saking banyaknya yang terjangkit, bahkan di sejumlah daerah kejadian ini sampai masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB)! Belum lama ini, Kementerian Kesehatan melansir data provinsi atau wilayah dengan kasus DB tertinggi. Data yang masih bersifat sementara ini dihimpun dari awal tahun hingga 29 Januari 2019. Jadi mana saja daerah yang tergolong rawan DB? Cek dulu yuk daftarnya bareng Hipwee News & Feature. Siapa tahu daerahmu termasuk.

Peringkat kasus DB tertinggi di Indonesia diduduki oleh Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah kasus mencapai 2.657, atau 20% dari total kasus yang terlapor dari seluruh Indonesia

Jawa Timur jadi provinsi dengan kasus DB terbanyak via surabaya.tribunnews.com

Advertisement

Seperti dikutip dari Kompas, Provinsi Jawa Timur jadi wilayah yang paling banyak terjangkit penyakit demam berdarah. Jumlahnya mencapai 2.657 atau sekitar 20% dari seluruh kasus yang terlapor –yakni 13.683. Untuk tahun 2018 lalu, Kota Malang jadi daerah paling parah terjangkit DB. Tapi untuk kali ini giliran Kabupaten Kediri.

Meski berada di peringkat tertinggi untuk kasus DB, tapi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kohar Hari Santoso, mengatakan kalau sejauh ini kasus DB di wilayahnya belum masuk kriteria daerah dengan KLB sesuai aturan yang berlaku.

Ada beberapa persyaratan untuk suatu daerah bisa digolongkan wilayah dengan Kejadian Luar Biasa (KLB)

Ada syaratnya via news.okezone.com

Beberapa syarat itu antara lain:

Advertisement
  1. Jumlah kasus DB dalam periode tertentu menunjukkan kenaikan sebanyak 2 kali lipat atau lebih jika dibandingkan dengan jumlah rata-rata di periode sebelumnya
  2. Timbul kasus DB yang sebelumnya belum pernah terjadi
  3. Angka kematian akibat DB dalam kurun waktu tertentu naik sebanyak 50 persen atau lebih dibandingkan periode sebelumnya (dalam jangka waktu yang sama)

Selain Jawa Timur, ada juga 9 provinsi lain yang masuk peringkat 10 besar dengan kasus DB terbanyak di Indonesia

Ada 9 provinsi lain via news.okezone.com

Seperti dikutip National Geographic, berikut 10 besar provinsi di Indonesia dengan kasus demam berdarah terbanyak:

  1. Jawa Timur 2.657 kasus
  2. Jawa Barat 2.008 kasus
  3. Nusa Tenggara Timur 1.169 kasus
  4. Jawa Tengah 1.027 kasus
  5. Sulawesi Utara 980 kasus
  6. Lampung 827 kasus
  7. DKI Jakarta 613 kasus
  8. Sulawesi Selatan 503 kasus
  9. Kalimantan Timur 465 kasus
  10. Sumatra Selatan 353 kasus

Menurut laporan yang sama, penyakit DB ini juga sudah menelan korban meninggal di sejumlah wilayah lo, yang kalau ditotal jumlahnya sudah ada 133 kasus kematian; 47 orang di Jawa Timur, 14 orang di NTT, 13 orang di Sulawesi Utara, 11 orang di Jawa Barat, 9 orang di Jawa Tengah, dan 9 orang lagi di Kalimantan Tengah.

Nah, di antara sederet provinsi di atas, adakah daerahmu termasuk salah satunya? Kalau wilayahmu termasuk di daftar, saatnya kamu lebih waspada menjaga kesehatan dan makan makanan bergizi supaya tidak terjangkit penyakit yang sama ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya