Demam Korea hingga kini masih awet di Indonesia. Bukan cuma K-Pop dan K-Drama, tapi berbagai hal yang berhubungan dengan Korea seperti kebiasaan orang Korea mengekspresikan cinta lewat sebuah gestur juga diikuti banyak orang. Hal ini pun ternyata menular ke negara lain, lho. Kamu tentu masih ingat Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah saat penutupan Asian Games 2018 kemarin menjadi viral lantaran mengucapkan terima kasih dan cintanya kepada Indonesia sambil lakukan gestur menggemaskan itu.

Ini nih mobot ala Korea via www.liputan6.com

Tanpa kita sadari, tubuh seakan “otomatis” bergerak untuk menunjukkan perasaan cinta. Nggak cuma gestur tubuh, tapi lambang cinta yang sering disebut heart (♥) pun dipakai pada sebuah tulisan. Nah, apakah harus ditambah dengan sebuah gestur cinta semisal ala Korea atau lambang heart dalam menunjukkan perasaan cinta? Lalu, gestur dan lambang cinta apa saja yang banyak orang sering gunakan? Hipwee News & Feature punya ulasannya berikut ini.

Faktanya, tiap orang memakai “tambahan” berupa gestur saat berbicara. Supaya lebih dipercaya, terlihat meyakinkan, dan komunikasinya berjalan efektif

Biar lebih terlihat meyakinkan via www.qoo10.com

Advertisement

Sebelum bahas soal gestur cinta, tiap orang memang pasti melakukan sebuah gestur saat berbicara. Terutama ketika ngomong di depan banyak orang, dalam forum, atau acara resmi seperti yang dilakukan Presiden OCA Sheikh Ahmad pada penutupan Asian Games 2018 lalu. Selain bertujuan mendapat kepercayaan, hal itu pun sebagai bentuk reaksi diri agar terlihat meyakinkan. Sehingga, kata-kata yang diucapkan nggak bakal dianggap omong kosong belaka lantaran disertai sebuah “tindakan” kecil untuk menyakinkan orang lain kalau yang diucapkan memang sungguh-sungguh.

Yang begini juga gestur kecil nih supaya bikin percaya :)) via freespeechforever.wordpress.com

Menurut para psikolog seperti yang dilansir dari Huffington Post, gerakan itu bisa membantu seseorang dalam menyampaikan apa yang dimaksud menjadi lebih efektif. Bisa meminimalisir salah pengertian adalah salah satunya. Dengan lakukan sebuah gestur semisal melalui gerakan tangan, orang tersebut akan dipandang sebagai pribadi positif. Beberapa di antaranya pribadi yang hangat, menyenangkan, dan energik akan melekat. Di sisi lain, gestur juga membuat pembicara lebih memahami apa yang ada dalam pikiran dan yang ingin disampaikan. Makanya, berbicara yang disertai gestur bisa membuatmu jadi tambah percaya diri (pede).

Terlebih untuk urusan cinta. Sejak kapan kamu langsung percaya kalau ada yang menyatakan perasaan tanpa disertai sebuah tindakan?

Kalau sudah begini siapa yang nolak? :)) via kccsupportersblog.wordpress.com

Nggah jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya, gestur penting dalam urusan cinta. Tanpa sebuah gestur, banyak orang bakal meragukan sebuah perasaan. Kasarnya sih, cinta nggak melulu lewat kata-kata, tapi juga melalui tindakan. Seperti dikutip dari Daily Mail, sebuah hubungan menjadi lebih harmonis kalau disertai gestur-gestur kecil. Katanya, pasangan akan merasa lebih dicintai dan disayangi, walau kamu cuma lakukan gerakan kecil kepadanya. Yakin masih malu tunjukkan finger heart ala di depan si dia? 😀

Selain finger heart dan mobot ala Korea, biasanya lambang heart (♥) bakal dipakai dalam tulisan saat chating ke pasangan. Kenapa bentuknya begitu, ya?

lambang cinta berbentuk heart via ios.gadgethacks.com

Advertisement

Percaya atau tidak, banyak yang berasumsi kalau hingga kini tak ada seorang pun mengetahui dari masa asal bentuk heart (♥) sebagai lambang cinta. Namun, terdapat beberapa teori terkait hal ini yang beredar di dunia. Semisal bentuk heart (♥) sebagai deskripsi sederhananya bagian tubuh wanita berupa payudara, bokong, vulva, selangkangan, dan bagian tubuh lainnya yang dianggap menarik secara seksual. Sebagaimana yang dilansir dari blog The Glyptodon, simbol ini bisa berasal dari rumah bordil tua Pompeii.

asalnya dari mana ya? via unsplash.com

Di samping itu, ada lagi teori yang menceritakan simbol heart (♥) bermula dari kota kuno Cyrene (sekarang disebut Libya) yang dulu dihuni orang-orang Yunani, kemudian diambil alih bangsa Romawi. Cyrene pun terkenal karena menjadi tempat mengekspor ramuan tinggi yang disebut silphium. Nah, silphium ini sangat penting bagi ekonomi lokal Cyrene, sehingga para penduduknya sampai memasukkannya ke uang koin mereka.

Lalu apa hubungannya biji silphium dengan cinta dan seks?

koin silphium dari Cyrene via mosesjewelers.com

Dalam sebuah teks yang ditulis Pliny the Elder (seorang penulis dan filsuf), dia mengulas tentang rekomendasi penggunaan silphium sebagai kontrasepsi herbal. Hal ini karena pada zaman dulu ramuan silphum banyak dipakai di seluruh Mediterania dan dianggap memiliki sifat medis dalam hubungan seksual. FYI, bentuk heart (♥) memang mirip seperti wadah biji silphium.

Jadi, sekarang sudah terjawab kenapa tiap orang gemar ungkapkan cinta lewat sebuah gestur. Selain mengikuti gestur lucu dan menggemaskan ala Korea, ada juga yang melalui tindakan dalam menyatakan cinta. Mulai dari sebuah genggaman, rangkulan, atau pelukan yang setama-mata bertujuan untuk meyakinkan pasangan. Begitupun sebagai bentuk kesunguhan atas apa yang disampaikan.

Artis Hollywood juga ikutan via www.huffingtonpost.com

Ngomong-ngomong, kamu sendiri paling sering pakai gestur apa di depan dia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya